Cara Naik KCIC Jakarta-Bandung 2024 Beserta Tarifnya Setelah Uji Coba Selesai

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 29 Januari 2024 21:45
Cara Naik KCIC Jakarta-Bandung 2024 Beserta Tarifnya Setelah Uji Coba Selesai
Pengen ngerasain sensasi naik kereta Jakarta-Bandung cuma 30 menitan aja? Yuk intip cara naik KCIC murah 2024!

Kereta Cepat Jakarta–Bandung bentar lagi beroperasi nih, Diazens! Kereta cepat merupakan moda transportasi baru yang sedang dilakukan ujicoba oleh pemerintah. Kamu tertarik buat ikut uji cobanya? Artikel ini bakal bahas cara daftar uji coba Kereta Kepat Jakarta–Bandung.

KCJB atau Kereta Cepat Jakarta–Bandung adalah layanan transportasi kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Dilansir dari wesbite KCIC, Kereta Cepat Jakarta–Bandung merupakan hasil patungan antara BUMN Indonesia dengan perusahaan kereta api Tiongkok. Kereta Cepat ini diklaim dapat menempuh rute Jakarta–Bandung hanya dalam waktu 36 sampai 44 menit saja.

Tahun lalu, Kereta Cepat Jakarta–Bandung menjalani proses uji coba gratis bagi masyarakat umum. Uji coba KCJB ini dilakukan selama dua tahap, tahap pertama telah dibuka pada 17 September untuk keberangkatan 18–24 September. Sedangkan, tahap kedua kana dibuka pada 24 September nanti untuk keberangkatan 25–30 September.

Sebagai masyarakat, kamu dapat ikut serta dengan uji coba KCJB ini dengan cara daftar uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung melalui website https://ayonaik.kcic.co.id/. Berikut adalah ulasan terkait informasi dan cara daftar uji coba KCJB serta tarif terbaru setelah uji coba selesai!

 

1 dari 5 halaman

Informasi Uji Coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung 2023 Lalu

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat © Diadona

Saat uji coba 2023 lalu, KCIC mengeluarkan beberapa syarat serta informasi penting lainnya ketika kamu mendaftarkan diri. Adapun ketentuan-ketentuan yang harus kamu perhatikan jika ingin mendaftar, sebagai berikut.

  • Registrasi uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung hanya melalui website resmi KCIC, yaitu pakai link https://ayonaik.kcic.co.id/

  • Sayangnya, pendaftaran tahap 1 ini hanya untuk tanggal pemberangkatan 18–24 September 2023 dibuka tanggal 17 September 2023 yang lalu.

  • Pendaftaran tahap 2 untuk tanggal pemberangkatan 25–30 September 2023 dibuka tanggal 24 September 2023 lalu.

  • Pemesan wajib mengisikan data diri serta menentukan jadwal keberangkatan sesuai yang telah disediakan.

  • Satu nomor KTP atau NIK hanya dapat memesana tiket uji coba sebanyak satu kali selama masa uji coba berlangsung.

  • Satu orang pendaftaran dapat memesan tiket maksimal sebanyak 2 tiket.

  • Setelah berhasil mendaftar, pemesan akan menerima email bukti pendaftaran.

  • Penumpang wajib menyetujuin syarat ketentuan yang berlaku.

  • Perjalanan uji coba berlaku pulang–pergi (PP) dan penumpang wajib mengikut jadwal yang sudah ditentukan.

  • Pada hari-H keberangkatan, penumpang wajib menunjukkan bukti pendaftaran yang dikirimkan melalui email kepada petugas KCIC untuk melakukan verifikasi.

 

2 dari 5 halaman

Jadwal Keberangkatan Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat © Diadona

Selain persyaratan, kamu juga perlu mengetahui jam-jam berapa saja tersedia jadwal berangkat KCJB ini. Selama masa uji coba, pihak KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang-pergi (PP) setiap harinya, sehingga ada total 8 perjalan uji coba KCJB di setiap hari hingga 30 September 2023 lalu.

Kemudian, terdapat dua stasiun keberangkatan, yaitu Stasiun Halim dan Stasiun Tegalluar. Adapun jam keberangkatan di dua stasiun tersebut yaitu:

  1. Rute keberangkatan Stasiun Halim–Tegalluar (PP): Pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

  2. Rute keberangkatan Stasiun Tegalluar–Halim (PP): Pukul 09.00 WIB dan pukul 14.00 WIB

Maka dari itu, pengguna dapat memilih jam perjalanan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu. Setelah mengetahui syarat dan jadwal Kereta Cepat Jakarta–Bandung, berikut ini merupakan cara daftar uji Coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung melalui website resmi KCIC.

 

3 dari 5 halaman

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung Melalui Website KCIC

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat © Diadona

Lantas, bagaimana cara daftar uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung 2023? Berikut adalah penjelasan lengkap caranya melalui website resmi KCIC. Simak ya, Diazens!

  • Pertama, buka link website https://ayonaik.kcic.co.id/

  • Kemudian, pilihlah rute perjalan yang kamu inginkan, yaitu Halim–Tegalluar (PP) atau Tegalluar–Halim (PP). 

  • Lalu, pilih tanggal keberangkatan yang kamu inginkan serta masukkan berapa jumlah penumpang yang ingin dipesankan tiket.

  • Setelah itu, klik centang di CAPTCHA. Lalu, klik ‘Cari Jadwal’.

  • Akan muncul popup menu yang menjelaskan tentang syarat dan ketentuan mengikut uji coba KCJB. Klik tombol ‘Setuju’ untuk melanjutkan.

  • Jika sudah, maka akan muncul jadwal jam pemberangkatan uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Pilih jadwal kamu yang inginkan.

  • Setelah itu, ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.

  • Terakhir, jika sudah berhasil mendaftar maka kamu akan menerima email konfirmasi sebagai bukti pendaftaran.

Gimana Diazens? Kira-kira kamu tertarik nggak nih buat ikut berpartisipasi dalam uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung ini? Kalau tertarik, langsung daftar sekarang ya sebelum kehabisan.

 

4 dari 5 halaman

Berapa Kuota Daftar Uji Coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung?

Cara Daftar Uji Coba Kereta Cepat © Diadona

Karena masih berupa uji coba, tentu pihak KCIC membatasi kuota penumpang yang bisa mendaftar atau mendapatkan tiket uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung. Adapun kuota yang ditetapkan untuk 4 jadwal perjalanan adalah sebanyak 5.000 penumpang per harinya, sehingga dalam satu kali perjalanan ada 500 penumpang.

Untuk itu, apabila kamu begitu tertarik dengan uji coba ini, pastikan kamu mendaftarkan diri sebelum kehabisan tiket ya, Diazens! Selain itu, tiket gratis juga hanya bisa kamu dapatkan saat masa uji coba, apabila selesai uji coba mungkin kamu harus membayar untuk mendapatkan tiket Kereta Cepat Jakarta–Bandung ini. 

Sekian ulasan terkait cara daftar uji coba Kereta Cepat Jakarta–Bandung buat kamu yang mungkin tertarik. Pada dasarnya, KCJB adalah sebuah hal yang masih cukup fresh bagi masyarakat Indonesia yang patut kamu coba. Adanya moda transportasi ini sangat berguna bagi sebagian orang dalam hal menghemat waktu perjalanan. 

 

 

5 dari 5 halaman

Cara Naik KCIC Terbaru 2024 Beserta Tarifnya

Berikut adalah cara naik KCIC terbaru 2024:

Pesan tiket

Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCIC) bisa dipesan secara online melalui aplikasi Wush! atau website Wush!. Anda juga bisa memesan tiket melalui mitra penjualan KCIC, seperti Traveloka, Tiket.com, dan Tokopedia.

Check-in

Check-in untuk naik KCIC bisa dilakukan melalui aplikasi Wush! atau di loket check-in di Stasiun Halim Perdanakusuma atau Stasiun Padalarang. Check-in bisa dilakukan mulai 24 jam sebelum keberangkatan.

Masuk ke stasiun

Anda bisa masuk kestasiun KCIC dengan menunjukkan tiket yang sudah dipesan. Anda juga bisa menggunakan kartu Multi Trip (MTR) KCIC untuk masuk ke stasiun.


Naik ke kereta

Kamu bisa naik ke kereta KCIC sesuai dengan nomor gerbong dan kursi yang tertera di tiket. Selamat menikmati perjalanan!


Selama perjalanan, kamu bisa menikmati fasilitas yang tersedia di kereta, seperti kursi yang nyaman, layar TV, dan Wi-Fi. Kamu juga bisa membeli makanan dan minuman di kafe yang tersedia di kereta.

Tarif KCIC Terbaru 2024

Tarif KCIC terbaru 2024 menggunakan skema tarif dinamis. Artinya, harga tiket akan ditentukan oleh permintaan penumpang. Tarif KCIC terbaru 2024 untuk kelas Premium Economy adalah sebagai berikut:

Senin-Kamis: Rp 150.000 - Rp 200.000
Jumat-Minggu: Rp 200.000 - Rp 250.000
Tarif KCIC terbaru 2024 untuk kelas Eksekutif belum diumumkan.

 

Penulis: Starky

 

Beri Komentar