2 Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp, Paling Mudah dan Cepat

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 10 Oktober 2023 11:47
2 Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp, Paling Mudah dan Cepat
Merasa terganggu dengan update terbaru WhatsApp? Tenang saja, kamu bisa kok menghilangkan fitur Saluran WhatsApp

Saluran WhatsApp bisa kamu hilangkan apabila kamu merasa terganggu dan ternyata cara menghilangkan Saluran WhatsApp cukup mudah. Saluran WhatsApp sendiri merupakan fitur terbaru yang dikenalkan oleh WhatsApp beberapa waktu yang lalu. Saluran WhatsApp berada di menu Pembaruan dan berada di bawah Status. 

Saluran WhatsApp adalah sebuah fitur pesan siaran atau broadcast message satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling. Saluran WhatsApp akan mengirimkan pesan pribadi kepada pengguna yang bergabung di saluran tertentu untuk menerima update penting bagi mereka. Kamu bisa mendapatkan informasi seputar hobi, tim olahraga, informasi terbaru otoritas setempat, dan masih banyak lagi.

Namun ternyata beberapa pengguna WhatsApp merasa terganggu dengan fitur terbaru ini. Alasannya pun beragam, mulai dari tidak mau mendapatkan pembaruan di feeds yang terlalu banyak hingga chat dari kerabat yang tenggelam akibat broadcast chat Saluran WhatsApp. Apabila kamu juga merasakan hal yang sama, kamu perlu tahu cara menghilangkan Saluran WhatsApp.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan Saluran WhatsApp? Berikut adalah langkah-langkah paling mudah dan cepat untuk menghilangkan Saluran WhatsApp yang sudah Diadona rangkum di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp dengan Menghapus Channel

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp © Diadona

Cara menghilangkan saluran WhatsApp yang pertama bisa kamu lakukan dengan menghapus channel. Perlu diketahui bahwa menghapus channel sama dengan menghilangkan channel secara permanen. Kamu tidak akan mendapatkan update lagi dari channel yang telah kamu hapus.

Pengikut channel akan tetap dapat menemukan Saluran WhatsApp, tetapi pengikut channel akan melihat pesan sistem bahwa saluran telah dihapus. Pembaruan sebelumnya akan tetap tersedia dari ponsel mereka.

Non-pengikut (misalnya pemirsa channel) tidak lagi dapat melihat Saluran WhatsApp dan update. Non-pengikut tidak akan dapat lagi menemukan saluran dalam penelusuran. Orang baru tidak dapat lagi mengikuti Saluran WhatsApp tersebut, dan tautan berbagi Saluran WhatsApp tidak akan berfungsi.

2 dari 6 halaman

Berikut adalah langkah untuk menghilangkan Saluran WhatsApp dengan menghapus channel:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.

  • Apabila kamu membuka WhatsApp di ponsel kamu bisa langsung klik menu ‘Pembaruan’. Apabila kamu membuka WhatsApp menggunakan web, kamu bisa langsung klik channel untuk membukanya.

  • Klik channel yang ingin kamu hapus.

  • Ketuk tombol ‘Delete Channel’ kemudian klik ‘Delete’.

  • Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor telepon kamu, masukkan nomor telepon untuk mengkonfirmasi bahwa kamu benar-benar ingin menghapus channel tersebut.

  • Klik ‘Delete’.

Apabila kamu sudah berhasil menghapus Saluran WhatsApp, kamu akan mendapatkan pesan “ Kamu telah menghapus saluran” di menu Pembaruan atau Updates.

3 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp dengan Berhenti Mengikuti Channel

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp © Diadona

Cara menghilangkan Saluran WhatsApp yang kedua adalah dengan berhenti mengikuti channel. Kamu bisa melakukannya kapan saja. Jika kamu berhenti mengikuti Saluran WhatsApp maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi lagi atau melihat info channel di menu Pembaruan.

Terdapat dua cara untuk berhenti mengikuti channel dari halaman info Saluran WhatsApp dan berhenti mengikuti channel dari Saluran WhatsApp.

Langkah untuk menghilangkan Saluran WhatsApp dengan berhenti mengikuti channel dari halaman info Saluran WhatsApp cukup simple, kamu hanya perlu memperbarui preferensi mengikuti. Ikon ‘Mengikuti’ berarti kamu sudah mengikuti Saluran WhatsApp tersebut, ketuk untuk berhenti mengikuti. Ikon ‘Ikuti’ berarti kamu belum mengikuti Saluran WhatsApp, ketuk apabila kamu ingin mengikuti channel tersebut.

4 dari 6 halaman

Berikut adalah cara kedua untuk menghilangkan Saluran WhatsApp dari saluran:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.

  • Buka Saluran WhatsApp yang ingin kamu berhenti ikuti.

  • Ketuk tombol titik tiga di kanan atas.

  • Ketuk opsi ‘Berhenti Mengikuti’.

  • Konfirmasi dengan klik tombol ‘Batal Mengikuti’.

Alternatif cara lain untuk untuk menghilangkan Saluran WhatsApp dari saluran adalah dengan ketuk nama Saluran WhatsApp yang berada di paling atas. Kemudian pada saat sudah muncul informasi Saluran WhatsApp, kamu bisa scroll sedikit ke bawah hingga menemukan tombol ‘Berhenti Mengikuti’. Ketuk tombol tersebut dan konfirmasi ulang dengan klik tombol ‘Batal Mengikuti’ maka kamu tidak akan mendapatkan update terbaru dari Saluran WhatsApp tersebut.

5 dari 6 halaman

Cara Mengaktifkan Notifikasi Saluran WhatsApp 

Cara Menghilangkan Saluran WhatsApp © Diadona

Pesan Saluran WhatsApp berbeda dari pesan WhatsApp pada umumnya. Secara default, notifikasi dari Saluran WhatsApp dinonaktifkan sehingga kamu tidak akan mendapatkan pop up notif apabila channel mengirimkan kamu pesan. Kamu bisa tahu bahwa channel yang kamu ikuti mengirimkan kamu pesan siaran apabila kamu membuka aplikasi WhatsApp.

Apabila kamu tidak ingin tertinggal info terbaru dari Saluran WhatsApp yang kamu ikuti, kamu bisa mengaktifkan notif pesan Saluran WhatsApp tersebut. Caranya pun sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat kamu.

  • Buka Saluran WhatsApp yang ingin kamu nyalakan notifikasinya.

  • Klik ikon lonceng yang berada di kanan atas untuk menyalakan notifikasi pesan.

 

6 dari 6 halaman

Cara alternatif lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan ketuk nama Saluran WhatsApp yang berada di paling atas. Kemudian saat sudah berada di halaman informasi Saluran WhatsApp, kamu bisa klik toggle pada ‘Mute Notifications’ untuk menyalakan notif. Jika sudah dinyalakan, maka kamu akan mendapatkan setiap notifikasi update apabila channel tersebut mengirimkan broadcast message.

Namun apabila kamu merasa tidak nyaman dengan notifikasi Saluran WhatsApp setelah dinyalakan, kamu bisa menonaktifkan notifikasi kembali dengan mengikuti cara yang sama seperti di atas. Atau kamu juga bisa menghilangkan Saluran WhatsApp tersebut.

Jadi, itu tadi ya cara menghilangkan Saluran WhatsApp paling mudah dan cepat. So, selamat mencoba!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar