17 Cara Jitu Mengatasi HP Panas, Biar Terus Awet dan Nyaman Dipakai

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 20 Desember 2023 11:15
17 Cara Jitu Mengatasi HP Panas, Biar Terus Awet dan Nyaman Dipakai
Cara mengatasi HP panas, auto nyaman digunakan

Saat menggunakan HP, kamu pasti pernah merasa HP menjadi panas atau overheat. Sebenarnya ini adalah hal yang umum saja, apalagi kalau HP kamu terlalu lama dan berat digunakan. Kadang menjengkelkan, tapi tenang karena ada cara mengatasi HP panas.

Adapun berbagai faktor yang menyebabkan HP menjadi panas. Kalau dilansir dari Avast, penyebabnya bisa karena kena sinar matahari langsung, CPU kelebihan bebas, terlalu banyak aplikasi yang dibuka, hingga terdapat virus. 

Untuk itu, cara mengatasi HP panas juga bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Kamu nggak boleh membiarkan HP kamu menjadi begitu panas karena beresiko merusak HP kamu. Selain itu, HP yang terlalu panas juga kurang nyaman digunakan.

Berikut Diadona telah mengulas cara-cara mengatasi HP panas yang bisa kamu coba lakukan sendiri. Simak ya, Diazens!

1 dari 10 halaman

Jangan Membuka Aplikasi Terlalu Banyak

 

Ilustrasi Aplikasi Smartphone © Diadona

Cara mengatasi HP panas yaitu membuka aplikasi secukupnya sesuai kebutuhan. Sebagian orang mungkin sering melakukan multitasking melalui HP dengan membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini bisa menyebabkan HP bekerja terlalu berat, sehingga mesin atau sistem menjadi overheat.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Nah, masih terkait penggunaan aplikasi, cara mengatasi HP panas lainnya yaitu selalu menutup aplikasi yang tidak dipakai atau setelah dipakai. Jangan membiarkan tab aplikasi tidak ditutup karena akan terus berjalan dan mengisi RAM, sehingga HP akan menghasilkan panas berlebih.

2 dari 10 halaman

Sesuaikan Penggunaan Aplikasi Yang Tidak Berat

Ilustrasi Bermain Game di HP © Diadona

Usahakan untuk menggunakan aplikasi yang tidak memberatkan HP kamu, seperti game atau aplikasi berat lainnya. Beberapa HP memang dirancang untuk bermain game, tapi sebagian juga tidak mampu untuk menjalankan aplikasi berat hingga akan overheat saat dipakai. Jadi, pilihlah aplikasi sesuai kemampuan spek HP masing-masing.

Gunakan Charger Asli

Dilansir dari Wired, menggunakan charger murah dan tidak bermerk cenderung tidak memiliki standar keamanan yang sama dengan charger asli. Menggunakan charger tidak standar mungkin saja akan memberikan muatan listrik berlebihan pada perangkat kamu, sehingga membuat HP menjadi cepat panas. Cara mengatasi HP panas ini adalah menggunakan charger bawaan pabrik atau merk lain yang sesuai standar.

3 dari 10 halaman

Hindari Pengisian Daya Berlebihan

Ilustrasi Charger © Diadona

Saat mengisi daya, beberapa orang meninggalkan charger terpasang semalaman atau berjam-jam. Untuk beberapa merk HP, apalagi yang sudah usang, hal ini cenderung membuat HP menjadi overheat. Untuk itu, cara mengatasi HP panas ini adalah dengan menjaga pengisian daya baterai.

Jauhkan HP Dari Sinar Matahari Langsung

Menggunakan HP di area outdoor yang terpapar sinar matahari langsung cenderung membuat HP lebih cepat panas. Menghindari pemakaian HP di bawah sinar matahari adalah cara mengatasi HP panas lainnya. Selain itu, hindari juga menaruh HP di tempat yang terkena sinar matahari, misalnya dashboard mobil.

4 dari 10 halaman

Turunkan Kecerahan Layar

 

Ilustrasi Brightness di HP © Diadona

Beberapa orang menggunakan HP pada level kecerahan maksimal. Hal ini membuat HP cenderung lebih cepat panas apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, menurunkan kecerahan layar bisa jadi cara mengatasi HP panas saat digunakan.

Rutin Membersihkan Cache dan File Sampah

Kalau HP kamu cepat panas, bahkan saat penggunaan tidak terlalu besar, bisa jadi karena banyak cache yang menumpuk di memori. Memori RAM yang dipenuhi cache akan bekerja lebih berat sehingga membuat HP menjadi overheat. Cara mengatasi HP panas ini yaitu dengan rutin membersihkan file sampah dan cache.

5 dari 10 halaman

Kurangi Penggunaan Animasi Widget dan Live Wallpaper

Apple Widget © Diadona

Walaupun terlihat estetik, live wallpaper dan animasi widget dapat menguras daya baterai dan membuat HP kamu menjadi panas. Cara mengatasi HP panas ini adalah dengan menggunakan wallpaper statis serta widget yang tidak terlalu membebani prosesor perangkat kamu.

Lakukan Pembaruan Aplikasi

Aplikasi versi lama sangat mungkin mengandung bug dan permasalahan tertentu yang bisa memakan daya dan memberatkan sistem perangkat. Developer aplikasi biasanya mengupgrade sistem aplikasi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan aplikasi. Untuk itu, penting buat kamu untuk memperbarui aplikasi yang ada di HP kamu agar mencegah HP menjadi cepat panas.

6 dari 10 halaman

Gunakan Mode Pesawat

 

Ilustrasi Mode Pesawat di HP © Diadona

Saat tidak menggunakan HP, kamu bisa menyalakan mode pesawat kalau tidak ingin mematikannya. Mode pesawat akan membuat sistem operasi HP kamu beristirahat sejenak dan tidak bekerja terlalu berat. Ini adalah cara mengatasi HP panas yang cukup efektif untuk kamu coba.

Matikan Bluetooth dan GPS Saat Tidak Digunakan

Banyak orang suka lupa mematikan fitur bluetooth, GPS, ataupun yang lain saat tidak menggunakannya. Hal ini membuat HP panas karena fitur ini terus bekerja di latar belakang padahal sedang tidak digunakan. Maka, mematikannya jadi salah satu cara mengatasi HP panas kamu.

7 dari 10 halaman

Pilih Casing Yang Sesuai

Ilustrasi Casing Smartphone © Diadona

Banyak orang nggak sadar kalau casing bisa berpengaruh ke suhu HP. Casing yang terbuat dari bahan yang buruk atau terlalu tebal bisa mengganggu sirkulasi udara di sekitar HP kamu. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan suhu yang signifikasi, maka pilihlah casing yang membuat udara bebas mengalir dan menjaga HP tetap dingin.

Pisahkan HP Dari Perangkat Elektronik Lainnya

Menumpuk HP, tablet, dan laptop yang sedang aktif atau berjalan dalam satu tas membuat mereka lebih rentan terhadap panas berlebih. Hal ini karena masing-masing perangkat elektronik mengeluarkan panasnya masing-masing. Jadi, cara mengatasi HP panas dan menghindarinya adalah dengan tidak menumpuk berbagai perangkat elektronik dalam satu tempat.

8 dari 10 halaman

Gunakan Antivirus

Ilustrasi Antivirus © Diadona

Salah satu penyebab HP menjadi sangat panas adalah terinfeksi oleh virus. Apalagi, kalau kamu suka membuka situs-situs ilegal tertentu yang sangat mungkin mengandung virus di dalamnya. Untuk itu, cobalah gunakan antivirus untuk mendeteksi apakah HP kamu terdapat virus atau tidak.

Cek Kondisi Baterai

Baterai yang sudah tua dan usang bisa sangat berpengaruh terhadap suhu HP yang panas. Kalau kamu merasa sangat tidak nyaman dengan suhu HP kamu, kamu bisa mengecek baterai apakah rusak atau perlu diganti. 

9 dari 10 halaman

Perhatikan Penggunaan HP

Ilustrasi perempuan memegang hp © Diadona

Saat menggunakan HP, ada baiknya menggunakan HP sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Hindari melakukan streaming berjam-jam tanpa mengistirahatkan perangkat kamu. Karena, hal ini hanya akan membuat suhu HP kamu menjadi overheat.

Sekian dulu Diazens ulasan terkait 17 cara mengatasi HP panas yang bisa kamu coba lakukan. Tentu, Diadona sangat menyarankan untuk mengkombinasikan berbagai cara agar bisa mengatasi HP panas kamu dengan lebih efektif.

Penulis: Starky

Beri Komentar