7 Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus di Gmail, Yahoo, dan Outlook

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 20 Desember 2023 09:37
7 Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus di Gmail, Yahoo, dan Outlook
Kepencet hapus email? Berikut cara-cara mengembalikan email yang terhapus

Kamu nggak sengaja hapus email penting? Tenang aja, ada cara mengembalikan email yang terhapus dengan cepat dan mudah kok Diazens. Jadi nggak perlu bingung ataupun panik. Semuanya bisa teratasi dengan mudah dan cepat.  

Dilansir dari ScienceDirect, email adalah sebuah aplikasi berbasis komputer yang memfasilitasi pertukaran pesan. Email memungkinkan kita untuk mengirim pesan (surat) dengan waktu yang sangat cepat dan fleksibel. Email jadi salah satu alat komunikasi yang paling populer saat ini.

Beberapa orang sudah terbiasa menerima puluhan hingga ratusan email dalam sehari. Seringkali kita juga menerima email promosi dan penawaran yang kadang spam dan mengganggu. Nah, kadang ketika ingin menghapus email spam, kita nggak sengaja menghapus email yang penting sekaligus.

Kalau kamu pernah ngalamin ini, nggak perlu panik. Berikut Diadona telah mengulas beberapa cara mengembalikan email yang terhapus.

1 dari 7 halaman

Menggunakan Tombol Undo 

Ilustrasi Undo di Email © Diadona

Jika kamu tidak sengaja menghapus email penting di Gmail, cara mengembalikan email yang terhapus tersebut bisa dengan tombol undo. Cara ini hanya bisa kamu lakukan beberapa detik setelah kamu nggak sengaja menghapus email kamu.

Ketika kamu menghapus email, maka akan muncul notifikasi di bagian bawah layar Gmail yang bertuliskan ‘Conversation moved to trash’ atau ‘Percakapan dipindah ke sampah’. Untuk mengembalikannya, klik tombol ‘Undo’ atau ‘Urungkan’ yang tertera pada notifikasi tersebut.

Dengan ini, email yang kamu barusan hapus akan langsung muncul kembali ke beranda Gmail kamu. Sekali lagi, cara ini hanya bisa kamu lakukan beberapa detik setelah menghapus email.

2 dari 7 halaman

Mengakses Folder Trash atau Sampah

Ilustrasi Trash di Email © Diadona

Jika email penting yang nggak sengaja terhapus sudah lama dan kamu baru menyadari, kamu bisa coba cara mengembalikan email yang terhapus dari folder sampah email.

Namun, email yang bisa kamu kembalikan dari folder sampah hanyalah email yang terhapus dalam kurun waktu 30 hari kebelakang. Jadi, kalau email kamu udah berbulan-bulan, cara ini nggak akan bisa ya.

Untuk mengakses folder trash atau sampah di Gmail, kamu bisa klik tombol titik tiga di sisi kiri atas. Lalu, cari dan pilih menu ‘Trash’ atau ‘Sampah’. Kemudian email-email yang dihapus di 30 hari belakang akan muncul. Untuk mengembalikannya, klik opsi ‘Move to inbox’ atau ‘Pindahkan ke kotak masuk’.

3 dari 7 halaman

Mengecek Folder Archive atau Arsip

Folder di Email © Diadona

Kalau kamu nggak menemukan email yang kamu nggak sengaja hapus di folder spam, bisa saja kamu malah mengarsipkannya. Email yang diarsipkan tidak akan terlihat di kotak masuk, sehingga membingungkan untuk beberapa orang.

Untuk mengetahui apakah email kamu berada di folder arsip atau tidak, kamu dapat mengakses menu ‘All Mail’ atau ‘Semua Surat’. Caranya adalah klik tombol titik tiga di sisi kiri, lalu klik menu ‘All Mail’ atau ‘Semua Surat’. Maka, seluruh email kamu akan muncul, termasuk yang diarsip.

Jika kamu sudah menemukan email yang kamu maksud, klik opsi ‘Moved to inbox’ atau ‘Pindahkan ke kotak masuk’ untuk memunculkan kembali email tersebut.

4 dari 7 halaman

Menggunakan Fitur Pencarian Email

 

Bantuan Email © Diadona

 

Kalau kamu kurang paham gimana mengakses folder spam ataupun arsip di email kamu, kamu bisa memanfaatkan menu pencarian sebagai cara mengembalikan email yang terhapus. Google sendiri misalnya, telah memiliki fitur pencarian yang canggih dan sangat memudahkan.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengetikkan informasi email yang ingin kamu cari, misalnya pengirim, subjek, atau lainnya di kolom pencarian. Kemudian klik cari, dan akan muncul email-email yang relevan dengan kata kunci yang kamu cari (termasuk yang tidak sengaja terhapus)

Meminta Bantuan Google Support Team

Jika email kamu telah terhapus secara permanen, artinya kamu tidak menemukan email tersebut dimanapun. Tenang aja, kamu bisa coba cara mengembalikan email yang terhapus dengan bantuan pihak Google.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa nggak semua email gampang untuk dipulihkan dengan cara ini. Karena, ada beberapa alasan khusus untuk kamu bisa mencoba cara ini, misalnya diretas. Tapi nggak ada salahnya mencoba kalau memang sangat penting.

Caranya adalah membuka formulir pengaduan di link berikut. Lalu, isilah formulir tersebut sesuai dengan kondisi yang kamu alami dan jelaskan detail permasalahannya. Jika sudah, klik submit dan tingga menunggu feedback dari Google.

5 dari 7 halaman

Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus Dari Outlook Mail

Ilustrasi Email Outlook © Diadona

Selain Google Mail, Outlook juga sering digunakan untuk bertukar surat elektronik. Nah, cara mengembalikan email yang terhapus di Outlook Mail sebenarnya mirip-mirip.

Kamu bisa mengembalikan email Outlook di menu Deleted Items. Carilah menu Deleted Items di sisi kiri beranda Outlook. Kemudian email-email yang terhapus akan otomatis muncul, pilihlah yang kamu maksud. Lalu, klik opsi restore maka email yang terhapus akan kembali ke kotak masuk.

6 dari 7 halaman

Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus Di Yahoo Mail

Ilustrasi Email Yahoo © Diadona

Siapa disini yang setia dengan Yahoo Mail? Ya, kalau kamu nggak sengaja menghapus email Yahoo Mail kamu, ada cara untuk mengembalikannya. Kamu hanya perlu mengakses menu Trash.

Klik menu Trash yang terdapat di sisi kiri beranda Yahoo Mail-mu. Kemudian, akan muncul email-email yang sudah terhapus. Carilah email yang kamu ingin pulihkan, lalu klik ikon folder atau move di bagian atas email tersebut. 

Nah, itu dia berbagai cara mengembalikan email yang terhapus di Google Mail, Outlook Mail, hingga Yahoo Mail. Sebenarnya caranya mirip-mirip, hanya berbeda pada penggunaan diksi aja.

Terakhir, pastikan untuk lebih berhati-hati ya dalam memilah email yang ingin kamu hapus. Takutnya kamu nggak sengaja hapus email yang benar-benar penting dan akhirnya nggak bisa dipulihkan lagi. Semoga bermanfaat Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar