Cara Merekam Panggilan Whatsapp di HP Android & iPhone, Simpel dan Nggak Ribet

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 20 Desember 2023 10:00
Cara Merekam Panggilan Whatsapp di HP Android & iPhone, Simpel dan Nggak Ribet
Pengen rekam panggilan? Ini cara merekam panggilan Whatsapp dengan gampang.

Cara merekam panggilan Whatsapp sebenarnya cukup mudah dilakukan. Sebagian orang mungkin membutuhkan cara ini jika ingin merekam informasi penting ataupun sekedar untuk menyimpan kenangan. Namun, ternyata masih banyak yang belum tau gimana caranya.

Whatsapp sendiri adalah salah satu aplikasi yang sangat populer digunakan. Bankmycell mencatat bahwa Whatsapp punya sekitar 2,7 miliar pengguna aktif bulanan. Aplikasi ini memang menawarkan fitur-fitur canggih yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain secara online.

Salah satu fitur yang cukup familiar yaitu Whatsapp Audio Calls. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan dengan orang lain ataupun grup. 

Nah, cara merekam panggilan Whatsapp sebenarnya bisa kamu lakukan menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi tambahan. Penasaran gimana caranya? Berikut Diadona telah mengulas lengkap buat kamu.

1 dari 5 halaman

Cara Merekam Panggilan Whatsapp Pakai Fitur Recorder Android

Ilustrasi Merekam Panggilan Whatsapp © Diadona

Kalau kamu pengguna Android, kamu bisa mencoba cara merekam panggilan Whatsapp menggunakan fitur bawaan sistem Android. Saat ini, sebagian besar HP Android sudah dilengkapi dengan fitur recorder. 

Sebelum mulai, pastikan dulu apakah HP Android kamu sudah mendukung fitur ini atau belum. Jika sudah, aktifkan fitur terlebih dahulu melalui pengaturan. Berikut langkah-langkah lengkapnya!

  • Pertama, aktifkan fitur recorder HP kamu di menu pengaturan. Masing-masing merk bisa punya sebutan berbeda, misalnya Screen Recorder, Recorder, atau yang lain.
  • Kedua, atur preferensi suara agar fitur tersebut dapat merekam suara dari sistem HP kamu. Kamu bisa pilih opsi rekam suara sistem atau rekam suara mic.
  • Ketiga, buka aplikasi Whatsapp dan lakukanlah panggilan dengan orang atau grup yang percakapannya ingin kamu rekam.
  • Keempat, nyalakan fitur recorder melalui panel menu atau pop-up menu di layar HP kamu. Beberapa merk HP punya menu pop-up di tepi layar yang bisa digeser untuk membuka berbagai tools yang bisa digunakan.
  • Kelima, jika sudah ingin merekam, klik tombol shutter (biasanya berbentuk lingkaran) agar fitur mulai merekam.
  • Keenam, kalau kamu pengen jeda rekaman, kamu bisa klik tombol garis dua. Lalu, kalau kamu pengen stop rekaman, kamu bisa klik tombol ikon kotak berwarna hitam atau merah tergantung HP masing-masing.

Nah, biasanya file rekaman dari fitur ini akan otomatis disimpan dalam folder file di HP kamu. Beberapa juga akan meminta konfirmasi kamu untuk menentukan lokasi penyimpanan rekaman sesuai yang kamu inginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Merekam Panggilan Whatsapp Pakai Fitur Recorder iPhone

Ilustrasi Merekam Panggilan Whatsapp © Diadona

Nggak cuma Android, iPhone juga punya fitur recorder bawaan. Biasanya, kamu bisa menemukan fitur ini di panel kontrol yang mengapung di layar. Namun, kalau kamu nggak menemukan, kamu bisa menambahkan fitur ke panel kontrol melalui pengaturan.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka menu pengaturan di iPhone kamu.
  • Kedua, cari menu Pusat Kontrol atau Control Center. 
  • Ketiga, klik opsi Other Control dan pilih Screen Recording. Klik ikon plus berwarna hijau untuk menambahkannya ke panel kontrol iPhone.
  • Keempat, buka aplikasi Whatsapp dan mulailah lakukan panggilan.
  • Kelima, untuk merekam, buka panel kontrol dan klik ikon screen recording (lingkaran dengan titik di dalamnya).
  • Terakhir, untuk berhenti merekam, ketuk bilah status merah di bagian atas layar dan konfirmasi untuk menghentikan.

3 dari 5 halaman

Cara Merekam Panggilan Whatsapp Menggunakan Aplikasi

Ilustrasi Merekam Panggilan Whatsapp © Diadona

Selain menggunakan fitur bawaan, ada cara merekam panggilan Whatsapp menggunakan aplikasi pendukung lainnya. Bagi Android dan iPhone, aplikasi pendukung yang bisa kamu gunakan berbeda. Berikut penjelasannya.

Untuk pengguna Android, kamu bisa merekam panggilan Whatsapp menggunakan aplikasi Call Recorder Cube ACR. Caranya gampang, kamu hanya perlu mendownload aplikasinya melalui Google Playstore. Kemudian, aplikasi ini akan memunculkan widget di layar HP kamu.

Untuk merekam, kamu tinggal klik tombol mikrofon pada widget tersebut. Setelah itu, untuk berhenti merekam, kamu bisa klik kembali tombol mikrofon tersebut.

Berbeda dengan iPhone, cara merekam panggilan Whatsapp bisa dilakukan menggunakan aplikasi bernama Quicktime. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini kamu perlu menyambungkan iPhone kamu ke Macbook terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengkoneksikan iPhone ke Macbook. Lalu, konfirmasi notifikasi yang muncul yaitu ‘Trust this Computer on the iPhone’. Kemudian, jalankan aplikasi Quicktime dan klik New Audio Recording. Setelah itu, pilih opsi iPhone pada tanda panah samping ikon record.

Nah, untuk merekam, kamu perlu mengklik record dan melakukan panggilan Whatsapp lewat iPhone kamu. Jika sudah selesai, klik tombol stop dan hasil rekaman panggilan akan disimpan di penyimpanan Macbook.

4 dari 5 halaman

Tips Cara Merekam Panggilan Whatsapp

Ilustrasi Merekam Panggilan Whatsapp © Diadona

Kalau kamu ingin merekam panggilan Whatsapp, ada beberapa tips agar proses dan hasil rekaman kamu maksimal. Simak berikut!

  1. Pastikan koneksi internet lancar untuk meminimalisir gangguan atau terputusnya panggilan.
  2. Kalau kamu menggunakan fitur bawaan, pastikan akses mikrofon kamu sudah dinyalakan. Hal ini untuk menghindari rekaman gagal yang tidak ada suaranya.
  3. Pastikan ruang penyimpanan perangkat kamu cukup apalagi kalau kamu ingin merekam obrolan dengan durasi panjang.
  4. Usahakan untuk selalu meminta persetujuan jika ingin mereka panggilan Whatsapp. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

Apakah Merekam Panggilan Whatsapp Legal?

Sebenarnya ini tergantung konteks ya Diazens. Merekam panggilan Whatsapp sebenarnya sah-sah saja apabila ada persetujuan dari kedua belah pihak yang melakukan panggilan. Atau, merekam panggilan Whatsapp karena keperluan tertentu, misalnya informasi penting, urusan bisnis, atau bahkan barang bukti jika kamu diancam.

Demikian ulasan tentang cara merekam panggilan Whatsapp buat HP Android maupun iPhone. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar