Cara Reboot HP Xiaomi Untuk Mengatasi Error, Simak juga Tipsnya Biar Nggak Sampai Keliru

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 18 Desember 2023 10:51
Cara Reboot HP Xiaomi Untuk Mengatasi Error, Simak juga Tipsnya Biar Nggak Sampai Keliru
Cara reboot HP Xiaomi, gini ternyata

Cara reboot HP Xiaomi kadang dibutuhkan jika kamu merasa bahwa HP Xiaomi kamu mengalami error, bug, dan masalah lainnya. Reboot adalah proses sederhana yang sangat mungkin menyelesaikan masalah, meningkatkan kinerja, serta mengosongkan ruang penyimpanan. Hal ini boleh kamu lakukan apabila merasa butuh me-refresh smartphone kamu.

Dilansir dari situs resminya, Xiaomi merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar saat ini yang berasal dari Hong Kong. Xiaomi menawarkan berbagai produk elektronik, mulai dari smartphone, jam, smart TV, laptop, bahkan sepeda listrik. Xiaomi memang dikenal sebagai brand yang berkualitas dengan harga yang relatif terjangkau.

Sebagai pengguna smartphone Xiaomi, kamu mungkin kadang merasa kinerja perangkat kamu menjadi lebih lemot dari biasanya. Nah, kamu bisa melakukan cara reboot HP Xiaomi untuk mengatasinya.

Berikut Diadona telah mengulas berbagai cara reboot HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Simak sampai habis ya, Diazens!

1 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Reboot

Cara Reboot HP Xiaomi © Diadona

Sebelum kita langsung ke cara reboot HP Xiaomi, penting untuk memahami dua jenis reboot utama yang tersedia pada ponsel pintar Xiaomi. Sebagai berikut:

  1. Soft Reboot (Restart): Ini adalah reboot stkamur yang hanya mematikan ponsel kamu dan kemudian menghidupkannya kembali. Ini menutup semua aplikasi yang berjalan dan menghapus cache sistem, yang dapat membantu menyelesaikan masalah kecil dan meningkatkan kinerja.

  2. Hard Reboot (Factory Reset): Ini adalah tindakan yang lebih drastis yang menghapus semua data, pengaturan, dan aplikasi kamu serta mengembalikan ponsel kamu ke kondisi pabriknya. Ini berguna untuk menyelesaikan masalah perangkat lunak utama atau saat kamu ingin menjual ponsel kamu.

 

2 dari 5 halaman

Cara Reboot HP Xiaomi: Soft Reboot

Cara Membuka Akun MI yang Terkunci © Diadona

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada dua jenis reboot, berikut adalah cara reboot HP Xiaomi metode soft reboot. Adapun soft reboot bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Simak di bawah ini.

1. Menggunakan Tombol Daya

  • Langkah pertama, tekan dan tahan tombol Daya selama beberapa detik hingga menu daya muncul.
  • Kemudian, akan muncul menu pop up berisi pilihan yang bisa kamu pilih. Lalu, klik opsi ‘Mulai Ulang’ atau ‘Restart’.
  • Dengan ini, HP kamu akan mati dan hidup kembali secara otomatis.

2. Menggunakan Quick Ball

  • Pertama-tama, kamu perlu mengaktifkan fitur Quick Ball di Pengaturan > Pengaturan tambahan > Quick ball.
  • Jika sudah, klik Quick Ball di sisi layar kamu.
  • Kemudian, pilih opsi tombol ikon Daya .
  • Terakhir, klik opsi Mulai Ulang atau Restart. Maka, HP kamu akan mati dan hidup kembali secara otomatis.

3. Menggunakan Notification Shade

  • Langkah pertama, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka panel menu notifikasi
  • Kemudian, klik tombol ikon Pengaturan atau settings.
  • Setelah itu, pilih opsi Tentang ponsel atau About
  • Lalu, klik tombol Nyalakan Ulang atau Reboot
  • Terakhir, klik Restart dan HP kamu akan mati lalu nyala kembali secara otomatis.

3 dari 5 halaman

Cara Reboot HP Xiaomi: Advanced

Cara Reboot HP Xiaomi © Diadona

Dalam kondisi tertentu, kamu akan memerlukan cara reboot tingkat lanjut untuk mengatasi masalah tertentu yang terjadi di smartphone Xiaomi kamu. Berikut adalah beberapa caranya, simak ya!

Perlu diingat bahwa, cara-cara di bawah ini lebih perlu untuk dilakukan apabila HP Xiaomi kamu benar-benar membutuhkannya. Misalnya, terjadi error yang begitu parah.

1. Reboot Paksa:

Jika ponsel kamu tidak responsif dan tidak mati secara normal, kamu dapat melakukan reboot paksa. Tekan dan tahan tombol Daya dan tombol Volume Turun secara bersamaan selama sekitar 10 detik hingga ponsel kamu bergetar dan melakukan boot ulang.

2. Mulai ulang ke Mode Aman:

Safe Mode memungkinkan kamu mem-boot ponsel kamu hanya dengan menjalankan aplikasi dan layanan sistem penting. Ini dapat membantu dalam mendiagnosis masalah perangkat lunak yang disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga. Berikut cara masuk ke Mode Aman:

  • Langkah pertama, matikan telepon kamu.
  • Kedua, tekan dan tahan tombol Power hingga muncul logo Mi.
  • Ketiga, lepaskan tombol Power dan segera tekan dan tahan tombol Volume Turun hingga kamu melihat " Safe Mode" muncul di pojok kiri bawah layar.
  • Terakhir, keluar dari Safe Mode, cukup restart ponsel kamu seperti biasa.

3. Boot ke Mode Pemulihan:

Mode Pemulihan memungkinkan kamu melakukan tugas-tugas lanjutan seperti menghapus partisi cache, mengatur ulang ponsel ke setelan pabrik, dan menginstal pembaruan. Berikut caranya:

  • Pertama, matikan telepon kamu.
  • Kedua, tekan dan tahan tombol Daya dan tombol Volume Naik secara bersamaan selama beberapa detik hingga kamu melihat logo Mi.
  • Ketiga, lepaskan tombol saat logo Mi muncul.
  • Terakhir, kamu akan dibawa ke menu Mode Pemulihan. Gunakan tombol Volume untuk mengarahkan dan tombol Daya untuk memilih opsi.

4 dari 5 halaman

Tips Cara Reboot HP Xiaomi

Setelah mengetahui berbagai cara reboot HP Xiaomi, berikut adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu terapkan terkait dengan reboot HP Xiaomi. Simak berikut!

  • Biasanya disarankan untuk me-reboot ponsel Xiaomi kamu setidaknya seminggu sekali.
  • Jika kamu mengalami masalah terus-menerus setelah melakukan boot ulang, pertimbangkan untuk menghapus cache sistem atau melakukan reset pabrik.
  • Selalu buat cadangan data penting kamu sebelum melakukan reset pabrik.
  • Lihat dokumentasi resmi Xiaomi untuk instruksi spesifik pada model ponsel kamu.

Mengetahui cara reboot HP Xiaomi kamu dengan benar adalah hal yang penting guna menjaga perangkat kamu berjalan dengan lancar dan efisien. Dengan mengikuti metode yang diuraikan dalam panduan ini, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan masalah umum, meningkatkan kinerja, dan menjaga kesehatan ponsel kamu.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Diazens!

Penulis: Starky

Beri Komentar