3 Cara Mengaktifkan Android TV Box, Ternyata Sangat Gampang!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 6 Februari 2024 16:10
3 Cara Mengaktifkan Android TV Box, Ternyata Sangat Gampang!
Cara mengaktifkan Android TV Box bisa kamu lakukan dengan tiga cara yaitu dengan menggunakan ponsel Android, remote, dan juga perangkat komputer.

Android TV Box adalah sebuah media streaming yang dijalankan oleh sistem operasi Android yang memerlukan konektivitas internet dalam penggunaannya, Android TV memiliki sistem operasi yang mirip dengan smart TV. Android TV Box sendiri merupakan perangkat yang digunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi smart TV. Jika kamu ingin membeli Android TV Box maka kamu perlu mengetahui cara mengaktifkan Android TV Box, ternyata sangat mudah.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan Android TV Box? Berikut adalah  langkah-langkah paling lengkap untuk mengaktifkan Android TV Box dengan menggunakan ponsel Android, remote, dan perangkat komputer.

1 dari 7 halaman

Pengaturan Awal Cara Mengaktifkan Android TV Box

Cara Mengaktifkan Android TV Box © Diadona

Sebelum mulai mengaktifkan Android TV Box, kamu perlu mempersiapkan beberapa pengaturan awal cara mengaktifkan Android TV Box. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semua yang dibutuhkan agar proses mengaktifkan Android TV Box lancar dan tidak terhambat.

Berikut adalah pengaturan awal cara mengaktifkan Android TV Box yang perlu kamu siapkan:

  • Koneksi Wi-Fi yang cepat.
  • Akun Google.
  • Aplikasi The Google Home di ponsel kamu.

2 dari 7 halaman

Namun jika TV yang akan kamu sambungkan dengan Android TV Box bukanlah TV Android bawaan maka kamu memerlukan beberapa hal lain untuk kamu persiapkan. Beberapa perangkat yang perlu kamu persiapkan yaitu perangkat android TV eksternal, 1 TV atau monitor yang memiliki port HDMI dan mendukung High-bandwidth Digital Content Protection (HDCP), dan juga 1 kabel HDMI. Biasanya kamu juga akan diberikan kabel HDMI yang disertakan pada box, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu.

Jika semua pengaturan awal sudah kamu persiapkan, maka kamu bisa langsung mulai mengaktifkan Android TV Box. Kamu bisa mengatur Android TV Box  dengan menggunakan ponsel kamu, remote Android TV, atau dengan menggunakan perangkat komputer kamu.

3 dari 7 halaman

Cara Mengaktifkan Android TV Box dan Menghubungkannya dengan Remote

Cara Mengaktifkan Android TV Box © Diadona

Cara mengaktifkan Android TV Box dan menghubungkannya dengan remote cukup mudah. Android TV akan memiliki cara yang berbeda untuk menghubungkan remote tergantung dengan tipe dan mereknya. Beberapa Android TV ada yang sudah dikonfigurasi sebelumnya sehingga kamu tidak perlu menghubungkannya kembali, jika begitu kamu bisa skip langkah ini dan lanjut ke langkah berikutnya.

Sebagian besar remote Android TV hanya bisa menghidupkan atau mematikan dengan menggunakan koneksi IR. Terkadang kamu akan memerlukan koneksi bluetooth untuk mengoperasikan fitur-fitur lainnya.

4 dari 7 halaman

Berikut adalah cara mengaktifkan Android TV Box dan menghubungkannya dengan remote:

  • Nyalakan Android TV atau TV/monitor yang terhubung dengan perangkat Android TV kamu.
  • Kemudian ikuti petunjuk yang tertera di  layar untuk memasangkan dengan remote kamu.
  • Saat remote sudah terhubung dengan TV, kamu akan melihat tanda centang di layar.
  • Jika kamu memiliki Chromecast dengan Google TV maka remote kamu akan dihubungkan secara otomatis. Namun jika layar Android TV menampilkan ‘Start pairing’, kamu bisa langsung tekan dan tahan tombol ‘Back’ dan ‘Home’ pada remote hingga lampu remote mulai berkedip.

5 dari 7 halaman

Cara Mengaktifkan Android TV Box

Cara Mengaktifkan Android TV Box © Diadona

Jika kamu sudah menghubungkan Android TV dengan remote, kamu akan diberikan opsi untuk menyiapkan Android TV dengan menggunakan ponsel atau tablet. Kamu bisa memilih opsi ini untuk mentransfer akun dan detail jaringan dari perangkat Android kamu ke TV dengan hanya menggunakan beberapa langkah simple. Cara mengaktifkan Android TV Box bisa kamu lakukan dengan 3 cara yaitu dengan ponsel Android, remote, dan juga perangkat komputer.

Cara pertama untuk mengaktifkan Android TV Box adalah dengan menggunakan ponsel Android. Berikut adalah cara mengaktifkan Android TV Box dengan menggunakan ponsel Android:

  • Apabila di layar Android TV menampilkan tulisan ‘Quickly set up your TV with your Android phone?’ kamu bisa langsung klik ‘Yes’.
  • Di ponsel Android kamu, buka aplikasi Google yang sudah kamu instal sebelumnya, 
  • Kemudian ketik atau ucapkan ‘Set up my device’.
  • Setelah itu ikuti instruksi yang ada di ponsel Android kamu hingga kamu mendapatkan kode.
  • Pastikan kode yang tertera di layar ponsel Android kamu sama dengan yang tertera di TV Android.
  • Pada ponsel Android kamu, ketuk nama TV Android jika sudah muncul di layar.
  • Untuk menyelesaikan proses set up, ikuti instruksi yang ada di TV Android.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya kamu juga bisa mengaktifkan Android TV Box dengan menggunakan remote yang sudah kamu hubungkan sebelumnya. Berikut adalah cara mengaktifkan Android TV Box dengan menggunakan remote: 

  • Apabila di layar Android TV menampilkan tulisan ‘Quickly set up your TV with your Android phone?’ kamu bisa langsung klik ‘Skip’ dengan menggunakan remote.
  • Setelah itu hubungkan Android TV dengan Wi-Fi, kamu mungkin perlu menunggu beberapa saat hingga sistem selesai diperbarui.
  • Kemudian pilih ‘Sign in’ dengan menggunakan remote.
  • Masuk ke akun Google kamu, namun kamu juga bisa melewati langkah ini terlebih dahulu dan melakukannya nanti.
  • Ikuti petunjuk yang ada di layar Android TV untuk menyelesaikan proses set up.

Kemudian cara terakhir yang bisa kamu coba untuk mengaktifkan Android TV Box adalah dengan menggunakan perangkat komputer. Berikut adalah cara mengaktifkan Android TV dengan menggunakan perangkat komputer:

  • Apabila di layar Android TV menampilkan tulisan ‘Quickly set up your TV with your Android phone?’ kamu bisa langsung klik ‘Skip’ dengan menggunakan remote.
  • Kemudian hubungkan Android TV ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan ponsel Android atau perangkat kompute kamu.
  • Di Android TV, pilih ‘Sign in’ kemudian gunakan perangkat komputer untuk masuk menggunakan akun Google kamu.
  • Ikuti instruksi yang ada di layar Android TV untuk menyelesaikan proses set up.

Jadi, itu tadi ya langkah-langkah paling lengkap cara mengaktifkan Android TV Box. Selamat mencoba dan semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar