Waspadai 14 Jenis Virus Komputer Berbahaya Ini Biar Komputer Kamu Aman

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 27 Desember 2023 11:46
Waspadai 14 Jenis Virus Komputer Berbahaya Ini Biar Komputer Kamu Aman
Ini dia list jenis virus komputer berbahaya yang harus kamu waspadai

Salah satu masalah utama yang sering dialami pengguna komputer atau laptop adalah terserang virus. Jenis virus komputer juga berbeda-beda, sehingga ini menjadi ketakutan besar. Komputer yang terserang virus secara performa akan menurun, dan lebih parahnya lagi yaitu rusak total.

Apa itu virus komputer? Dilansir dari Avast, ini adalah jenis malware yang menempel pada program lain, menggandakan diri, dan menyebar dari satu komputer ke komputer lain. Saat virus masuk ke komputer, ia bakal membuat salinan dirinya dan menempel pada file lain lalu memodifikasinya.

Beberapa jenis virus komputer hanya mengganggu sementara, tetapi beberapa jenis lainnya bisa menyebabkan kerusakan besar bagi komputer kamu. Beberapa virus juga sengaja dibuat oleh orang untuk membobol atau meretas komputer seseorang demi mencuri informasi pribadi di dalamnya.

Berikut Diadona telah mengulas lengkap berbagai jenis virus komputer yang sering menyerang perangkat. Simak ya, Diazens!

1 dari 8 halaman

Virus Worm

Jenis Virus Komputer © Diadona

Dilansir dari Fortinet, virus worm mengacu pada program berbahaya yang mereplikasi dirinya sendiri dan otomatis menyebar melalui jaringan. Jenis virus komputer ini menyerang kelemahan software yang rentan dengan menginstal backdoors untuk merusak sistem.

Kamu bisa memperkuat sistem antivirus dan perlindungan di komputer kamu untuk menangkal virus ini. Selain itu, lakukanlah software update untuk memperbarui sistem keamanan di perangkat kamu.

Virus Macro

Virus macro adalah jenis virus komputer yang biasanya menyerang program Microsoft Office, ini adalah favorit mereka. Techtarget menjelaskan bahwa virus ini lebih menargetkan perangkat lunak dibanding sistem. Ia bekerja dengan cara menambahkan kodenya ke software seperti Microsoft Office.

2 dari 8 halaman

Virus Ransomware

Jenis Virus Komputer © Diadona

Jenis virus komputer yang sangat berbahaya juga yaitu Ransomware. Virus ini bekerja dengan cara menggunakan enkripsi asimetris untuk mengunci file atau komputer kamu. Kemudian, kamu akan diminta untuk menebus jika ingin file kamu dikembalikan.

Virus ini sering digunakan untuk melakukan kejahatan terhadap perusahaan atau organisasi. Pembuatnya akan mengunci semua data dan informasi korban lalu meminta uang tebusan untuk membukanya. Kamu harus hati-hati dengan link random yang kamu terima, bisa saja mengandung virus ini.

Virus Trojan

Berdasarkan website McAfee, virus trojan merupakan jenis malware yang menyerang komputer kamu dengan menyamar sebagai program operasional yang nyata. Jenis virus komputer ini bisa merusak sistem bahkan tanpa kamu sadari. 

Beberapa trojan cenderung diam saat pertama kali masuk dan menunggu host virusnya, tapi beberapa juga langsung merusak sejak awal. Sebagian trojan juga mengunduh malware tambahan untuk menonaktifkan antivirus di komputer kamu.

3 dari 8 halaman

Virus Overwrite

Jenis Virus Komputer © Diadona

Jenis virus komputer selanjutnya yaitu Overwrite, yang juga merupakan salah satu yang paling berbahaya. Virus ini bisa menghapus data dan program kamu begitu berhasil masuk. Virus overwrite bekerja dengan cara mereplikasi diri melalui menimpa program dan menghapus program tersebut. 

Jenis virus komputer ini sangat berbahaya, apalagi kalau berhasil masuk ke komputer bisnis dan pekerjaan kamu. Jika ia berhasil menimpa file-file penting, maka file tersebut akan hilang dari komputer kamu diganti dengan kode virusnya.

Virus Spyware

Fortinet menjelaskan bahwa spyware adalah software berbahaya yang memasuki komputer, mengumpulkan data dari perangkat, dan mengirimkannya ke pihak ketiga tanpa persetujuan. Spyware biasanya digunakan perusahaan nakal untuk mendapatkan keuntungan dari data konsumennya. Jenis virus komputer ini cukup umum digunakan dan bisa menimbulkan kerusakan serius. 

4 dari 8 halaman

Rootkit

Jenis Virus Komputer © Diadona

Rootkit adalah jenis virus komputer yang dirancang untuk memberikan akses kendali bagi hacker terhadap perangkat yang ditargetkan. Tak hanya itu, sebagian besar virus rootkit bisa sangat andal dalam menyembunyikan keberadaannya. Jadi, target tidak ada menyadari kapan rootkit ini masuk dan bekerja aktif di perangkat mereka.

Virus FAT

Virus FAT adalah virus yang khusus menyerang File Allocation Table. Virus ini menyembunyikan dirinya pada lokasi penyimpanan file-file di komputer ini. Bekerja dengan merusak file tertentu, virus ini akan membuat seakan-akan data file tersebut hilang tanpa diketahui penyebabnya.

5 dari 8 halaman

Virus Botnet

Jenis Virus Komputer © Diadona

Dilansir dari Kaspersky, botnet adalah jaringan perangkat komputer yang dibajak dan digunakan untuk melakukan berbagai penipuan dan serangan siber. Virus botnet bekerja dengan cara membajak komputer target, disebut dengan istilah komputer zombie. Artinya bahwa hacker akan bisa mengambil alih komputer kamu jika virus botnet berhasil masuk. 

Virus Adware

Sesuai namanya, jenis virus komputer satu ini menampilkan iklan dan popup tidak penting di komputer kamu. Komputer yang terserang Adware sangat mudah diidentifikasi, karena iklan biasanya muncul pada layar utama laptop saat digunakan.

Adware adalah jenis virus yang biasa ada pada aplikasi yang kamu download melalui situs tertentu, khususnya yang ilegal. Kamu nggak bakal menyadari kapan Adware ini diaktifkan.

6 dari 8 halaman

Virus Keylogger

Jenis Virus Komputer © Diadona

Jenis virus komputer selanjutnya adalah keylogger. Dilansir dari Avast, keylogger adalah jenis virus yang bisa mencatat setiap penekanan tombol yang kamu lakukan di komputer. Virus ini dirancang untuk memata-matai korban dan mengambil informasi penting, misalnya PIN kartu kredit, password perusahaan, dan lain sebagainya.

Virus Resident

Virus resident merupakan jenis virus komputer yang menyerang bagian RAM atau memori perangkat kamu. Virus ini masuk ke komputer dan melakukan pekerjaannya selama memori RAM kamu bekerja. Komputer yang terserang virus ini biasanya mengalami kinerja yang sangat lemot karena virus memberatkan pekerjaan RAM.

7 dari 8 halaman

Virus Rabbit (Wabbit)

Jenis Virus Komputer © Diadona

Jenis virus komputer selanjutnya bernama rabbit atau wabbit. Virus ini ini bekerja dengan cara melakukan suatu proses perusakan berulang secara terus-menerus sampai komputer kehabisan sumber daya. Rabbit akan terus mereplikasi diri di dalam komputer kamu dan membuat sistem kinerja menjadi mogok.

Rabbit adalah jenis virus komputer yang sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan laptop yang parah. Apalagi, rabbit bisa menyerang siklus CPU dan sistem operasi yang adalah hal vital dalam komputer.

Virus Rogue

Rogue adalah jenis virus komputer yang sangat menipu korban. Virus ini bekerja dengan cara meniru antivirus komputer kamu dan menampilkan informasi palsu bahwa laptop terserang virus. Hal ini akan mengarahkan kamu pada penawaran pembelian antivirus palsu.

Tujuan dari virus ini adalah membuat korban percaya bahwa tampilan tersebut asli, sehingga beberapa orang akan membeli atau mengaktivasi program antivirus. Transaksi inilah yang menghasilkan uang bagi pembuat virusnya.

Demikian 14 jenis virus komputer yang sering menyerang perangkat tertentu. Untuk menghindari hal seperti ini, kamu bisa memperkuat program antivirus yang ada di komputer kamu. Selain itu, hindari melakukan klik atau mendownload pada situs-situs tidak resmi atau bahkan ilegal karena bisa saja mengandung virus.

Penulis: Starky

Beri Komentar