13 Aplikasi & Website AI Untuk Mengerjakan Soal Matematika

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 24 Oktober 2023 21:18
13 Aplikasi & Website AI Untuk Mengerjakan Soal Matematika
No worries, ada AI untuk mengerjakan soal matematika kamu!

Salah satu subjek ilmu yang dianggap menakutkan adalah matematika. Subjek yang isinya rumus dan hitungan kompleks ini memang kadang bikin para pelajar menghela napas. Namun, kabar baiknya di era sekarang sudah ada AI untuk mengerjakan soal matematika.

Kecerdasan buatan atau AI memang cukup membuktikan kemampuannya untuk membantu berbagai kebutuhan manusia. Terkait matematika, AI dapat membantu kamu mengatasi soal-soal matematika yang rumit menjadi lebih efisien.

Kamu kesulitan dengan soal matematika di sekolah atau kampus? Tenang aja, Diadona udah merangkum beberapa aplikasi dan website AI untuk mengerjakan soal matematika yang rumit itu. 

1 dari 8 halaman

Photomath

Ilustrasi Photomath © Diadona

Aplikasi AI yang sudah terkenal bagus untuk menjawab soal matematika adalah Photomath. AI ini memungkinkan kamu buat menginput soal matematika melalui keyboard maupun scan foto. 

Selain itu, hal menarik dari Photomath adalah kamu nggak cuma dapat jawaban soal, tapi juga penjelasan step-by-step dari soal tersebut. Jadi kalau ditanya guru, pasti bisa jawab.

Symbolab

Ilustrasi Symbolab © Diadona

Selanjutnya ada aplikasi AI bernama Symbolab. Symbolab merupakan AI untuk mengerjakan soal matematika yang menawarkan fitur dan alat komprehensif untuk menjawab soal matematika.

Berdasarkan website Symbolab, fitur-fitur yang ditawarkan mencakup grafik, kalkulator, geometri, soal cerita, dan lain sebagainya. Kalau kamu siswa SMP & SMA, Symbolab bakal sangat membantu untuk kamu karena cukup lengkap.

2 dari 8 halaman

Mathway

Ilustrasi Mathway © Diadona

AI untuk mengerjakan soal matematika selanjutnya adalah Mathway. Kalau kamu baru pertama kali pake AI, Mathway bisa jadi opsi terbaik karena UI yang sederhana dan mudah dimengerti.

Tersedia dalam aplikasi dan website, Mathway menawarkan banyak fitur yaitu matematika dasar, aljabar, trigonometri, kalkulus, statistik, bahkan soal fisika. Fiturnya juga gratis, namun ada beberapa yang kamu perlu bayar untuk aksesnya.

Wolfram Alpha

Ilustrasi WolframAplha © Diadona

Kalau kamu cari alat AI yang super lengkap, Wolfram Alpha jawabannya. Wolfram bukan cuma sebagai AI untuk mengerjakan soal matematika, tapi juga menjawab pertanyaan terkait sains, keuangan, teknologi, budaya, dan lainnya. 

Wolfram Alpha juga menyediakan fitur penjelasan step-by-step biar kamu nggak bingung. AI ini sangat cocok digunakan oleh pelajar maupun profesional. 

3 dari 8 halaman

Socratic

Ilustrasi Socratic © Diadona

Berdasarkan website Socratic, aplikasi AI ini dibangun untuk mendukung sains, matematika, literatur, studi sosial, dan masih banyak lagi. Untuk mengerjakan soal matematika, kamu tinggal scan atau memotret soal maka Socratic akan memproses jawabannya.

Punya tampilan yang kekinian, Socratic akan sangat cocok bagi kaum milenial dan gen-Z. Selain itu, aplikasi ini juga menampilkan step-by-step dengan lengkap untuk penggunanya.

Microsoft Math Solver

Microsoft Math Solver © Diadona

Aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika selanjutnya adalah Microsoft Math Solver. Dilansir dari website resminya, aplikasi AI ini menawarkan fitur menjawab soal matematika lewat scan foto maupun mengetikkan soal. 

Aplikasi ini juga menawarkan penjelasan step-by-step dari jawaban soal. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan materi pembelajaran tambahan, misalnya video tutorial.

4 dari 8 halaman

Desmos

Aplikasi Desmos © Diadona

Kalau kamu butuh menjawab soal-soal dalam bentuk grafik dan visualisasi, Desmos adalah pilihan paling pas. Desmos merupakan aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika khusus grafik. 

Dengan tampilan yang sederhana, Desmos akan membantu kamu membuat plot persamaan, transformasi, hingga grafik interaktif. Dilansir dari Desmos, tools yang bisa digunakan misalnya adalah kalkulator 3D, kalkulator grafik, matrix, dan sebagainya.

MyScript Calculator

MyScript Calculator © Diadona

Aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika yang cukup canggih adalah Myscript. Aplikasi ini cerdas karena menggunakan teknologi menafsirkan tulisan tangan. 

Jadi, untuk menjawab soal, kamu bisa langsung menuliskan persamaan soal ke dalam kertas di aplikasi ini. Maka, aplikasi otomatis akan melakukan scan tulisan tangan kamu dan memberikan jawaban dari soal tersebut.

5 dari 8 halaman

Brilliant

 

Brilliant © Diadona

 

Kalau kamu butuh aplikasi AI yang lebih personalized, Brilliant mungkin opsi terbaik kamu. Spesial dari aplikasi ini adalah update yang diberikan sesuai dengan progress kemajuan belajar penggunanya.

Penyajian konten aplikasi ini juga didesain menarik layaknya bermain game biar kamu nggak bosan. Brilliant juga punya fitur friendly reminder buat bikin kamu terus termotivasi buat belajar.

Perplexity AI

Perplexity AI © Diadona

Kalau kamu pengen ngerjain soal matematika dari laptop, Perplexity AI bisa jadi opsi website yang bisa kamu gunakan. Perplexity adalah website berbasis AI yang bisa menjawab soal-soal matematika kamu.

Kamu bisa langsung mengetikkan soal di tempat yang sudah disediakan, atau bisa juga mengunggah file yang berisi soal matematika kamu. AI ini akan otomatis memberikan jawaban beserta sumber referensi yang digunakan.

6 dari 8 halaman

Chat GPT Open AI

Ilustrasi ChatGPT © Diadona

Website AI untuk mengerjakan soal matematika lainnya adalah Chat GPT. Mungkin kamu udah nggak asing lagi sama website AI viral satu ini. Chat GPT bisa menjawab segala perintah yang kamu inginkan, termasuk soal matematika.

Namun, beberapa sumber membuktikan bahwa Chat GPT belum bisa menjawab soal matematika tingkat tinggi. Jadi, kamu bisa gunakan untuk menanyakan rumus, persamaan, atau soal bentuk cerita. 

GeoGebra

Geo Gebra © Diadona

GeoGebra merupakan aplikasi dan website AI untuk mengerjakan soal matematika, khususnya persamaan grafik. Disini kamu bisa dengan gampang membuat grafik persamaan soal matematika kamu.

Selain itu, GeoGebra juga menawarkan materi pembelajaran dan buku tutorial matematika yang bisa kamu akses secara gratis. Jadi, kalaupun kamu pengen mempelajari materi, GeoGebra cocok banget buat kamu.

7 dari 8 halaman

Google Bard

Google Bard © Diadona

Google juga memiliki website AI yang multifungsi. Kamu bisa menggunakan Google Bard AI untuk mengerjakan soal matematika. Caranya mudah kamu cukup mengakses website Google Bard dan mengetikkan soal matematika untuk mendapatkan jawaban.

Namun, mungkin Google Bard akan lebih jago menjawab soal cerita dibanding soal rumus dan fungsi yang lebih rumit. 

Itulah daftar 13 website dan aplikasi AI untuk mengerjakan soal matematika. Perlu diingat, AI yang canggih memang memudahkan kamu untuk menjawab soal, namun jangan lupa juga untuk tetap mempelajarinya. 

Semoga bermanfaat, Diazens!

Penulis: Starky

 

Beri Komentar