Cara Membuat Artikel yang Menarik Bagi Pemula, Cuma Butuh 2 Langkah Sederhana!

Reporter : Arif Mashudi
Selasa, 5 Oktober 2021 10:39
Cara Membuat Artikel yang Menarik Bagi Pemula, Cuma Butuh 2 Langkah Sederhana!
Cara membuat artikel ini mudah banget sih ini. Siapa pun pasti bisa hehe.

Berbagai cara membuat artikel mungkin sudah banyak sekali kamu ketahui. Bahkan, dari cara-cara yang paling panjang pun pernah kamu temukan. Alih-alih bisa membuat artikel yang bagus dan menarik, kamu malah dipenuhi kebingungan dan pusing karena terlalu banyak cara yang harus digunakan hehe.

Biar kamu nggak pusing dan bingung, Diadona.id telah merangkum cara membuat artikel yang singkat dan sederhana. Tentunya, uraian yang dirangkum dari berbagai sumber ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang belajar menulis artikel. Biar nggak lama-lama, yuk simak langkah dan metode sederhananya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Proses Persiapan

Cara Membuat Artikel © Diadona

Cara membuat artikel yang pertama dan yang cukup menentukan keseluruhan adalah persiapan. Jadi, sebuah artikel yang bagus dan menarik tidak lahir secara spontan. Harus ada persiapan yang maksimal seperti menyiapkan topik, membuat daftar beberapa referensi, dan juga membuat kerangka utama artikel.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas cara membuat artikel khususnya pada proses persiapan tersebut.

Pemilihan Topik

Pemilihan topik yang ingin dibahas di dalam artikel adalah langkah atau cara membuat artikel yang pantang untuk dilewatkan. Hal ini dilakukan agar artikel yang hendak kamu tulis bisa rapi dan terstruktur dan mempunyai pembahasan yang jelas.

Selain itu, dengan menentukan topik terlebih dahulu kamu bisa menentukan fokus artikel dengan mudah. Sederhananya, pembahasan yang di dalam artikel tidak akan melebar ke mana-mana dan tidak akan melenceng dari topik yang sudah ditentukan.

2 dari 5 halaman

Mini Riset dan Perbanyak Referensi

Langkah mendasar yang harus diperhatikan dalam cara membuat artikel adalah penelitian dan juga referensi yang digunakan. Apa pun bentuk artiklenya, akan sangat baik jika dibuat berdasarkan riset dan referensi yang bisa dipertanggung jawabkan.

Selain itu, banyaknya referensi yang kamu gunakan juga akan memperkaya gagasan. Melakukan mini riset dan juga memperbanyak referensi ini juga cara membuat artikel yang juga nggak bisa dilewatkan begitu saja. Bisa dibilang ini adalah bagian dari kunci utama.

Membuat Kerangka Utama

Membuat dan menentukan kerangka utama dari sebuah artikel adalah cara membuat artikel yang cukup penting. Ini adalah langkah yang nantinya akan memudahkan kamu dalam menuliskan ide yang akan kamu tuangkan dalam artikel.

Outline atau kerangka artikel bisa kamu buat muali dari bagian introduction, main content, dan bagian closing atau penutup. Dengan demikian kamu nggak akan kebingungan dalam menulis sebuah artikel yang bagus sekaligus menarik hehe.

3 dari 5 halaman

2. Proses Pembuatan

Cara Membuat Artikel © Diadona

Setelah melakukan proses persiapan, cara membuat artikel yang selanjutnya adalah proses pembuatan atau produksi dari artikel itu sendiri. nah, berikut adalah langkah atau tahap yang agaknya perlukamu perhatikan cukup seksama.

Buatlah Artikel yang Nyaman Dibaca

Pada dasarnya cara membuat artikel yang enak sekaligus nyaman bagi pembaca ini tidak ada patokan khususnya. Namun tetap ada tips-tips yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kenyamanan tersebut hehe.

- Hindari penulisan paragraf yang bertele-tele. Jadi, kamu bisa membatasi jumlah kalimat yang ada di setiap paragrafnya sekitar 2-3 kalimat lengkap atau tidak maksimal 4 kalimat lah ya.

- Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Misal, kamu bisa menggunakan menggunakan bahasa sehari-hari dalam artikel yang kamu gunakan agar tidak terlalu kaku. Namun harus tetap memperhatikan kaidah dari PUEBI ya hehe

4 dari 5 halaman

Gunakan Heading

Penggunaan heading ini adalah cara membuat artikel yang dilakukan agar mudah dalam menentukan pembagian topik. Heading ini bisa diambil dari kerangka utama artikel yang sudah kamu buat di awal tadi. Selain mudah untuk penulis, heading ini juga akan memudahkan pembaca dalam memahami isi dari artikel.

Membuat Kesimpulan Sederhana

Last but not least, cara membuat artikel yang sebenarnya cukup krusial namun kurang diperhatikan adalah membuat kesimpulan penutup. Kesimpulan ini bisa dibuat dalam satu paragraf penutup artikel biar lebih terstruktur dan rapih.

Kesimpulannya dari cara membuat artikel ini adalah selain teknik penulisan, tahap persiapan seperti mini riset serta pemilihan referensi juga cukup menentukan sebuah jalan pembuatan artikel. Jadi kapan nih kamu akan membuat artikel? hehe

Beri Komentar