Awas! Ternyata Bahaya lho Cas HP Pakai USB di Tempat Pengisian Ulang Umum

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 22 Mei 2020 10:20
Awas! Ternyata Bahaya lho Cas HP Pakai USB di Tempat Pengisian Ulang Umum
Emang apa sih bahayanya?

Kamu pasti banyak menemukan fasilitas mengisi daya umum saat sedang melakukan perjalanan di bandara, stasiun, ataupun tempat umum lainnya. Bisa dibilang, tempat pengisian daya ini menjadi penolong saat batraimu mau habis.

Namun, ternyata kamu perlu tetap berhati-hati ketika menggunakan stasiun pengisi baterai di tempat umum saat baterai HP habis. Dilansir dari us.norton.com, ternyata hal ini cukup berbahaya karena berisiko terjadi pencurian data.

1 dari 2 halaman

Juice Jacking

Pencurian data dengan memanfaatkan stasiun pengisian daya baterai di tempat umum ini disebut dengan juice jacking.

Pelaku bisa mencuri data pribadi berbentuk elektronik, mulai dari nomor KTP, kartu kredit, PIN kartu debet dan hal-hal yang bersifat privasi lainnya.

Dilansir dari Dailystar, Luke Sisak, wakil jaksa distrik di Los Angeles mengatakan bahwa pelaku akan memuat malware ke stasiun pengisian daya atau kabel data yang mereka tinggalkan. Setelah terhubung, perangkat elektronik akan terinfeksi dan dalam beberapa menit setelah dicolokkan, malware akan mengunci perangkat.

Setelah mengunci perangkat, malware akan mengirim informasi seperti kata sandi, alamat, atau back-up ponsel langsung ke pelaku.

2 dari 2 halaman

Membawa Powerbank Lebih Aman

Ilustrasi Powerbank © Diadona

Karena mengisi daya di stasiun pengisi daya umum dirasa lebih berbahaya, akan lebih baik jika membawa sendiri Powerbank dari rumah. Hal ini karena Powerbank tidak terhubung dengan perangkat apapun selain ponsel anda sendiri.

Cara ini akan bisa mengurangi ketergantungan kamu pada stasiun pengisi daya gratis di tempat umum. Selain itu, dengan membawa powerbank, akan lebih praktis tanpa harus mengantre.

Beri Komentar