Abis Update Ada Titik Hijau di Bagian Atas layar iPhone, Apa sih Itu?

Reporter : Yoyok
Selasa, 20 Oktober 2020 16:50
Abis Update Ada Titik Hijau di Bagian Atas layar iPhone, Apa sih Itu?
Gak apa-apa, itu bentuk perlindungan dri Apple lho

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memiliki banyak pengguna dan tersebar di seluruh dunia. Salah satu produk Apple yang laris manis tanjung kimpul di pasaran adalah iPhone.

Apple pun baru-baru ini meluncurkan update terbaru untuk gadget iPhone mereka. kini, iOS 14 sudah bisa dinikmati oleh para pengguna iPhone seri 6 keatas.

Namun, setelah kamu update iPhone, kok ada titik hijau di bagian atas layar ya? Apa sih fungsinya titik hijau itu?

1 dari 4 halaman

Titik Oranye

Diktuip dari Petapixel, titik hijau tersebut ternyata adalah bentuk keamanan terbaru dari iPhone lho. Fitur tersebut diciptakan agar para pengguna jadi merasa lebih tenang dengan privasi kamera iPhone mereka.

Jika titik hijau ini muncul, menunjukkan bahwa ada aplikasi yang secara aktif menggunakan kamera iPhone. Tidak hanya berwarna hijau, jika di bagian atas berwarna titik oranye, maka sedang ada aplikasi yang menggunakan fitur mikrofon di iPhone.

2 dari 4 halaman

Control Center

" Sebuah indikator akan muncul di bagian atas layar iPhone setiap kali aplikasi menggunakan mikrofon atau kamera ponsel. pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang menggunakan mikrofon dan kamera iPhone melalui Control Center," jelas pihak Apple tentang fitur terbaru tersebut pada iOS 14 mereka.

Jika kamu melihat titik hijau ini muncul namun sedang tidak membuka aplikasi apapun, maka bisa menjadi tanda bahwa ada yang secara diam-diam mengakses kamera lalu memata-matai kamu.

Kamu dapat mengetahui dan mengatur kendali aplikasi tersebut di bagian Control Center dengan men-swipe layar dari atas ke bawah, lalu kamu akan mengetahui aplikasi apa yang sedang mengakses kamera. Jika ada, maka kamu dapat mengubah akses kamera tersebut pada menu Settings agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

3 dari 4 halaman

Transparansi

Fitur lampu hijau dan oranye ini merupakan bentuk Apple kepada para penggunanya agar memiliki kepercayaan tentang privasi mereka melalui transparansi.

Produk Apple lainya, MacBook, sebenarnya telah lama memiliki fitur yang serupa yaitu terdapat lampu hijau di sebelah webcam yang menyala dengan kamera. Untuk iPhone baru dirilis lewat update iOS 14 ini, dengan versi digital dari indikator yang sama.

Ilustrasi iPhone © Diadona

Beri Komentar