iPhone 12 Dijual tanpa Charger dan Earphone, Apple Nggak Mau Rugi?

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 14 Oktober 2020 16:38
iPhone 12 Dijual tanpa Charger dan Earphone, Apple Nggak Mau Rugi?
Yah, apa-apaan ini?

Apple baru saja mengumumkan produk gadget terbarunya yaitu series produk dari iPhone 12. Series ini memiliki beberapa model yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12 "reguler", iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Dan, penjualan series iPhone 12 ini sudah melakukan penjualan tanpa charger dan juga earphone. Jadi, paket pembelian iPhone12 ini hanya mendapat satu buah unit ponsel, satu buah kabel konverter Lightning to USB-C, stiker dan juga buku panduan.

1 dari 4 halaman

Wacana penjualan tanpa charger dan earphone ini sudah bergulir sejak tahun 2019. Lantas, emnagap demikian? Apakah Apple nggak mau keluar biaya lebih?

Menurut Lisa Jackson, VP Environment, Policy and Social Initiatives Apple, ketiadaan charger dan earphone bawaan ini untuk mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan dari limbah produk mereka.

Ilustrasi Paket Pembelian iPhone tanpa Charger dan Earphone © Diadona

2 dari 4 halaman

" Jadi, kami menghapus barang-barang ini dari kotak iPhone," kata Lisa dalam Apple Event, Selasa (13/10).

Lalu, dengan adanya penghilangan charger dan earphone itu Apple mengklaim dapat mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya yang setara dengan menghilangkan 450.000 unit mobil di jalan raya selama satu tahun.

3 dari 4 halaman

Hmmm, ramah lingkungan sekali Apple ini ya.

Namun, semua itu ada tapinya. Pertimbangan lain kenapa Apple menghilangkan charger dan earphone itu adalah untuk menutupi ongkos teknologi jaringan 5G di iPhone 12.

Benar-benar Apple ini ya, selain peduli lingkungan mereka juga peduli keuangan perusahaan, hehehe.

Beri Komentar