6 Tips Memilih Earbuds Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Beli

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 9 November 2022 10:00
6 Tips Memilih Earbuds Sesuai Kebutuhan, Jangan Sampai Salah Beli
Tips memilih earbuds yang bagus ada di sini nih!

Earbuds atau TWS kini sudah menjadi aksesoris smartphone yang pantang untuk ditinggalkan. Selain lebih sederhana karena sudah tidak menggunakan kabel, earbuds juga memiliki kesan lebih modern daripada headset biasa.

Pertanyaannya, bagaimana tips memiliki earbuds yang cocok dengan kebutuhan kamu?

Tentu saja banyak sekali perbedaan pada tips memiliki earbuds dengan memilih headset biasa. Yang terutama pasti harga. Pasalnya, earbuds seperti yang kita tahu memiliki harga yang lebih mahal dari pada headset kabel biasa. Maka dari itu sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada.

Diadona telah merangkum cara atau tip memilih earbuds yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tentut saja ini tips mendasar biar kamu nggak sampai salah beli atau. Yuk simak tips-tips di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Pilih Sesuai Budget

Tips Memilih Earbuds © Diadona

Tips memilih earbuds yang pertama adalah dengan menyesuaiakan budget yang kamu punya. Pilih earbuds yang harganya masuk dalam kekuatan budget kamu. Jangan pilih yang harganya tidak sesuai dengan budget karena cuma bikin ngiler.

Banyak loh di marketplace earbuds yang harganya terjangkaua tapi kualitasnya sudah memadai dan keren. Yang biasa-biasa aja yang penting sesuai dengan kekuatan dan kebutuhan.

2. Tentukan Model

Kemudian jika sudah sesuai dengan harga atau budget, model juga penting loh dalam tips memilih earbuds. Secara umum ada dua model earbuds yang bisa kamu pilih yaitu IEM dan earbud. IEM atau in-ear monitors adalah earphone yang langsung menutupi saluran telinga pengguna, sedangkan earbud hanya menutupi bagian luar dari telinga.

Ya sesuaikan dengan selera aja. Yang penting nyaman dipakainya saja. Plus, ini juga biar kamu nggak kebingungan milih karena banyak sekali opsi nantinya.

2 dari 4 halaman

3. Cek Spesifikasi dan Fitur

Tips Memilih Earbuds © Diadona

Tips memilih earbuds yang pastinya nggak bisa kamu lewatkan adalah spesifikasi dan fitur yang disematkan. Misal nih, pilih earbuds dengan konektivitas bluetooth yang paling baru. Kemudian pilih yang sudah tersedia fitur seperti noise cancellaton atau misal water resistance.

Semakin banyak dan terbaru spesifikasi yang ada sepertinya makin bagus. Tapi tetap jangan lupakan kualitas suara yang dihasilkan dari earbuds tersebut.

4. Cek Review Pembeli Lain

Tips memilih earbuds selanjutnya adalah dengan melihat review dari pembeli-pembeli terdahulu. Ini sangat bisa kamu lakukan jika kamu belanja di marketplace. Dengan kata lain, ini adalah bentuk testimoni atas produk yang hendak kamu pinang.

Jika beli di offline stire kamu bisa melihat review produk yang kamu inginkan tersebut di internet. Jadi, pastikan dulu kamu benar-benar tahu produk tersebut biar nggak sampai sudah dibeli tapi ujung-ujungnya nggak cocok. Kan sayang uangnya.

3 dari 4 halaman

5. Pilih Produk Original

ilustrasi wanita dengan earbud © Diadona

Yang nggak akalah penting juga nih untuk tips memilih earbuds, pastikan bahwa produk tersebut original. Ini sudah nggak bisa ditawar ya. Pasalnya, jika barang tersebu tidak original maka kualitasnya pasti nggak bagus.

Selain itu, jika barang tersebut original kamu pasti banyak medapatkan keuntungan. Mulai dari jaminan mutu, hingga jaminan masa granasi yang nantinya akan sangat berguna buat kamu sendiri.

6. Cek Garansi

Terakhir nih ya, pastikan produk pilihan kamu tersebut menyediakan masa garansi.Baik itu garansi pembelian atau pun garansi servis. Ya karena barang eletronik adalah barang yang sangat rentan resiko kerusakan.

Ya jadi itulah beberapa tips memilih airbuds yang bisa kamu lakukan. Ya meskipun pada akhirnya akan kembali ke selera masing-masing ya. Tapi setidaknya jika sudah ada tipsnya kamu nggak kebingungan lagi.

So, selamat mencoba ya Diazens. Jangan sampai salah beli earbuds!

4 dari 4 halaman

Beri Komentar