7 Cara Merawat Headset Agar Lebih Awet dan Gak Gampang Rusak

Reporter : Yoyok
Selasa, 9 Juni 2020 16:50
7 Cara Merawat Headset Agar Lebih Awet dan Gak Gampang Rusak
Mulai dari pemakaiannya hingga cara menyimpannya

Smartphone merupakan salah satu barang yang telah menjadi benda pokok tiap orang. Tidak hanya smartphone saja, aksesoris-aksesoris dari gadget tersebuyt juga menjadi printilan prioritas banyak orang.

Salah satu aksesoris smartphone yang juga sering kali dibawa setiap orang adalah headset. Headset bisa menjadi alat pembunuh kebosanan dengan cara mendengarkan musik.

Karena sering kali dibawa kemana-mana, sering kali headset menjadi rusak. Entah itu terkena air, sering dipakai, atau tertindih buku saat dibawa ke sekolah.

Nyatanya, cara merawat headset gampang-gampang susah lho. Walaupun begitu, merawat headset sangat diperlukan karena aksesoris tersebut bisa dibilang sangat vital.

Berikut ini adalah tujuh cara merawat heradset biar gak gampang rusak dan selalu awet.

1 dari 8 halaman

Menggulung Kabel dengan Benar

Cara merawat headset pertama yaitu dengan menggulung kabelnya dengan benar. Banyak orang orang setelah selesai menggunakan headset, sangat sembarangan dalam merapikannya. Banyak juga langsung saja memasukkannya ke saku celana padahal kabelnya masih kusust.

Menggulung kabelnya merupakan salah satu cara merawat kabel yang mudah untuk diaplikasikan. Berikut ini adalah cara menggulung kabel headset yang benar.

1. Pakailah tiga jari tangan (telunjuk, jari tengah, jari manis) dekatkan ke kabel kemudian gulungkan kabel memutari tiga jari tangan.

2. Jangan semua kabel digulung, sisakan sepanjang kurang dari 10 cm.

3. Lepaskan tiga jari tangan dari gulungan kabel headset.

4. Pegang gulungan kabel dengan kedua tangan yang akan menyisakan ruang kosong di tengah.

5. Gulungkan sisa kabel yang tidak tergulung tadi sebagai pengikat.

6. Masukkan colokan headset pada bagian tengah gulungan tadi.

Cara merawat headset dengan menggulung kabelnya dengan benar bisa kamu lihat dalam video berikut.

2 dari 8 halaman

Hindari Volume Maksimal

Ilustrasi EarphoneIlustrasi Earphone © mstronics.com/Baseus

Jika kamu adalah seseorang yang kerap kali menggunakan headset dengan volume maksimal, maka hilangkanlah kebiasaan tersebut. Terlalu sering mengatur suara maksimal dalam headset dapat membuat komponen di dalamnya rentan rusak. Selain itu, volume yang keras juga dapat merusak telinga.

Cara merawat headset yang mudah yaitu gunakan volume seperlunya saja. Tidak perlu keras-keras karen dapat merusak headset serta gendang telingamu.

3 dari 8 halaman

Mengeringkan Telinga Serta Menghindari Air

Ilustrasi EarphoneIlustrasi Earphone © androidpit.com

Yang namanya barang elektronik tentu saja rentan dengan sentuhan air. Air memang membuat barang-barang elektronik menjadi konslet, termasuk headset. Maka dari itu, cara merawat headset yang benar yaitu dengan menghindarinya dari terkena air.

Cara merawat headset selanjutnya yaitu pastikan telinga anda kering saat menggunakannya. Jika sehabis menadi dan telinga kamu masih basah, keringkan terlebih dahulu dengan han duk atau tisu. Seperti sebelumnya disebutkan di awal, headset juga rentan rusak jika terkena air.

4 dari 8 halaman

Membersihkan Secara Rutin

Cara merawat headset berikutnya yaitu dengan cara sering-sering dibersihkan. Layaknya motor dan mobil, bersihkan bagian kabel yang reing kali terkena noda. Pakai alkohol dalam membersihkan kabel headset.

Selain itu, bersihkan juga debu-debu yang menempel pada earbud dengan alkohol. Gunakan cotton bud yang telah dicelupkan alkohol atau dengan sikat gigi. Cara merawat headset satu ini dapat membuat suara pada headset kembali nyaring dan tidak sumbang.

5 dari 8 halaman

Bersihkan Bantalan Headset

Ilustrasi HeadsetIlustrasi Headset © unsplash.com/Jeremy Semanhyia

Ada beberapa tipe headset yang menggunakan bantalan empuk. Salah satu cara merawat headset yaitu dengan membersihkan bantalan tersebut.

Biar bantalannya awet, hindari terkena sinar matahari langsung. Selain itu, kamu juga bisa membersihkannya dengan katun atau microfiber setelah menggunakannya. Atau, kamu juga bisa menggunakan lap basah atau sedikit air sabun.

Cara merawat headset pada bagian bantalannya tersebut agar terhindar dari keringat dan juga debu.

6 dari 8 halaman

Menyimpan Headset di Tempat Khusus

Ilustrasi EarphoneIlustrasi Earphone © unsplash.com/rupixen.com

Cara merawat headsat selanjutnya adalah di bagian penempatan. Sebaiknya, simpan headsetmu di tempat yang khusus. Contohnya kamu dapat menyimpan headsetmu di kotak atau kantong tertentu.

Menyimpan headset di tempat khusus dapat menghindarkan kabelnya menjadi kusut dan berantakan.

7 dari 8 halaman

Hindari Meminjamkan Headset kepada Orang Lain

Cara merawat headset agar lebih awet yaitu dengan tidak menggunakannya secara berjamaah. Maksudnya di sini yaitu tidak sering kali digunakan oleh orang lain.

Jika sering kali dipinjamkan kepada orang lain, bisa saja menempel kuman pada earbud headset tersebut. Dan, jika kamu pakai, kuman tersebut akan berpindah ke telingamu. Tentu saja kamu tidak ingin hal itu terjadi kan?.

Beri Komentar