10 Penyebab HP Lemot pada Android Merk Samsung dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 31 Agustus 2020 09:55
10 Penyebab HP Lemot pada Android Merk Samsung dan Cara Mengatasinya
Mayoritas sih penyebab HP lemot karena ruang penyimpanan yang udah mulai penuh. Hayooo, foto-foto gebetannya coba dihapusin dulu.

Penyebab HP lemot nggak selalu karena HP kamu sudah jadul. Sebenarnya ada banya faktor nih mengahal hal yang yang bikin kita sering emosi ini bisa terjadi. Coba, kamu kesel nggak kalo tiba-tiba HP kamu lambat pas kamu nge-game, atau nggak segera merespon perintah pas kamu lagi buru-buru.

Eits, jangan buru-buru emosi dan beli baru lagi dong! Coba deh kenali apa penyebab HP lemot kamu, trus lakukan sedikit perbaikan untuk memberikan ruang beroperasi.

Berikut Diadona kasih tau apa aja kemungkinan peyebab HP lemot beserta cara mengatasinya. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

Penyebab HP Android Lemot

Penyebab HP LemotPenyebab HP Lemot © 2020 mobile-phones.ie/

Android adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan pada HP zaman sekarang. Sistem ini sering terasa lemot, dan penyebab HP lemot ini seringnya sih karena pengguna sendiri. Tapi bisa juga karena perangkat yang kamu gunakan sudah terlalu jadul dan nggak sanggup berjalan untuk aplikasi yang kamu gunakan.

Aplikasi di Background

Mungkin aja nih kamu menginstal banyak aplikais di hape kamu, yang beberapa diantaranya terbuka saat startup dan berjalan di latak belakang. Ini bisa jadi penyebab hp lemot karena aplikasi tersebut menghabiskan sumber daya CPU dan memakan RAM.

Live Wallpaper

Kondisi ini bisa menghabiskan CPU, grafik, dan sumber daya memori. Selain itu, live wallpaper juga bisa mengurangi sekitar dua persen baterai.

Penyimpanan Penuh

Bisa aja nih kamu menyimpan terlalu banyak file di media penyimpanan sehingga ruang untuk menjalankan proses HP jadi berkurang. Ini salah satu penyebab HP lemot yang terbesar sih.

Coba deh lihat menu Penyimpanan di Pengaturan HP kamu untuk melihat seberapa penuh ruang penyimpanna dan apa aja yang menyebabkannya penuh.

File Unduhan

Tanpa disadari kita mungkin sering mengunduh file-file tanpa terlalu menggunakannya, misalnya foto, file, video, lalu tersimpan dalam folder penyimpanan dan bikin kapasitasnya penuh. Lebih lanjut, ini akhirnya jadi penyebab HP lemot.

Coba deh buka folder unggahan di My File di aplikasi, lalu pilih mana saja file yang sudah nggak kamu gunakan.

Chace Menumpuk

Mungkin kamu pernah melihat adanya file chace di ponsel kamu? Chace adalah file untuk penyimpanan data sementara di ponsel. Pada dasarnya, fungisnya adalah untuk mempercepat loading pada halaman situs atau performa suatu aplikasi, seperti yang dilansir dari Opera.

Chace yang menumpuk akan ikut menyedot kapasitas memori, salah satu penyebab HP lemot.

Widget Berlebihan

Penggunaan widget dan animasi bakalan mempengaruhi kapasitas RAMyang jadi penyebab HP lemot. Namun tampaknya HP sekarang ini sudah dirancang dengan widget karena lebih mengusung tampilan yang minimalis.

Memory Eksternal

Memory eksternal ditambahkan pada perangkat HP untuk menambah daya penyimapanna HP. Tapi tahu nggak sih kalau memory ini malah bisa jadi penyebab HP lemot?

Ini terjadi ketika kualitas memory yang digunakan rendah, maka pembacaan di memory oleh RAM dan sistem android jadi lambat.

RAM Penuh

RAM adalah salah satu faktor spesifikasi HP yang penting karena berfungsi untuk tempat menyimpan data sementara dan isntruksi program. Dan yups, semkain tnggi RAM maka semakin juga kan tingkat pemprosesan data di suatu HP.

RAM yang penuh adalah penyebab HP lemot, yang sering terjadi karena banyaknya apikasi yang dibuka, widget, dan proses lain yang bikin RAM terpakai.

Software Belum Update

Mungkin kamu adalah tim yang males update software ponsel kamu karena ribet dan butuh data yang banyak? Eh, jangan dong.

Mengupdate software mungkin nggak terlau ngasih efek yang signifikan untuk pengalaman pengguna, tapi software yang jadul bisa jadi penyebab HP lemot lho.

Software yang baru akan memberikan daftar perbaikan untuk meningkatkan kinerja HP kamu loh.

Baterai

Umur baterai ternyata nggak cuman berpengaruh pada daya tahannya, tapi bisa jadi penyebab HP lemot. Sebab, seiring dengan bateri kehilangan tegangannya, maka Hp jadi lebih cepat panas, Ini bisa berakibat buruk pada kinerja HP.

CPU sangat peka dengan suhu, sehingga ketika suhu tinggi karena baterai sudah nggak bagus, maka pengontrol manajemen daya pada ponsel bakalan melambatkan kecepatan processor.

2 dari 3 halaman

Penyebab HP Samsung Lemot

Penyebab HP LemotPenyebab HP Lemot © 2020 shutterstock.com/charnsitr

Samsung sebenarnya punya spesifikasi yang bagus banget lho untuk menunjang performa kerja ponsel mereka. Dan kebanyakan nih kalau penyebab HP lemot untuk merek Samsung adalah karena penggunanya yang nggak bisa memanfaatkanna dengan maksimal.

Umur perangkat ternyata juga bukan jadi salah satu penyebab HP lemot untuk merk Samsung, karena seperti halnya dengan HP merk lain, ini lebih mungkin terjadi karena kurangnya ruang penyimpanan.

Kalau HP Samsung kamu penuh dengan foto-foto, video, atau aplikasi, HP jadi nggak punya cukup ruang utnuk berpikir saat menyelesaikan sesuatu.

3 dari 3 halaman

Penyebab HP Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP LemotPenyebab HP Lemot © 2020 shutterstock.com/Maridav

Jangan buru-buru beli HP baru kalau ternyata penyebab HP lemot ini bisa diatas. Kan sayang banget kalau kamu masih menyukai keseluruhan fitur. Nih Diadona kasih tau gimana cara mengatasinya.

Nonaktifkan Aplikasi yang Nggak Dipakai

Karena bisa jadi penyebab hp lemot, maka perhatikan aplikasi apa aja yang berjalan di latar belakang ponsel kamu. Untu memeriksanya, kamu bisa masuk ke menu Setting dan Running Service.

Kalau aplikasi yang berjalan tersebut ternyata nggak kamu gunakan, kamu bisa menghapus instalannya. Kalau ternyata itu adalah aplikasi bawaan HP? Kamu bisa dengan menonaktifkan aplikasi tersebut.

Bersihkan Chace

Untuk menghapusnya, buka menu Pengaturan > Aplikasi> Penyimpanan > Hapus Chache 

Update Software

Selain menawarkan keamanan, update software bakalan ngasih kamu perbaikan yang signifikan untuk peningkatan kinerja HP kamu. Coba deh kamu cek apakah software yang kamu gunakan sudah yang paling mutakhir?

Install Aplikasi Versi Ringan

Beberapa aplikasi mau tak mau memang menyedot penggunaan memory ponsel, terlebih kalau memory ponsel kamu nggak terlalu banyak. Mau dihapus pun, kamu sangat membutuhkan aplikasi tersebut. Yah, terus gimana dong.

Tenang aja, karena beberapa aplikasi ada versi 'ringan'nya loh. Contohnya aplikasi Facebook yang punya versi Facebook Lite yang bisa bekerja di RAM serendah 1 GB. Twitter, Skype dan Youtube juga punya versi ringannya kok!

Coba Launcher Lain

Ada beberapa HP yang menawarkan lauchet bertema berat yang bisa bikin HP jadi lemot. Untungnya kamu bisa menggunakan launcher lain atau mungkin dari pihak ketiga.

Launcher punya pengaturan untuk mengubah kecepatan animasi pada HP. Dan kamu bisa mengubahnya kalau HP kamu sudah muali lemot.

Setel Ulang

Kalau semua cara mengatasi HP lemot dan penyebab HP lemot tersebut sudah kamu temukan, namun nggak berhasil, coba setel ulang dan mulai lagi. Buka pengaturan telepon, dan buka Sistem -> Atur Ulang -> Hapus semua data untuk mengatur ulang telepon ke pengaturan pabrik.

Konsekuensinya sih semua data dalam HP kamu bakalan hilang. HP kamu bakalan seperti baru, termasuk kecepatannya.

Penyebab HP lemot sebenarnya kebanyakan berasal dari sisi pemakai yang tidak mengerti gimana menjaga ruang penyimpanan biar HP tetep bisa menjalankan prosesnya. Tapi kalau ternyaat HP kamu lemot gara-gara udah nggak sesuai dengan kebutuhan kamu, yok beli yang baru! Nih Diadona kasih tipsnya nih~

Beri Komentar