Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Ada Tipsnya loh, Kayak Gini nih!

Reporter : Wicha Mashita
Jumat, 14 Agustus 2020 11:10
Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu Ada Tipsnya loh, Kayak Gini nih!
Sebelum yakin beli, pastikan kamu tahu cara cek HP Samsung asli atau palsu ya.

Buat penggemar brand asal Korea Selatan ini, kamu wajib tahu cara cek HP Samsung asli atau palsu. Apalagi kalau kamu sedang mau beli gadget baru dari merk Samsung ini. Wajar kok guys, kalau kamu khawatir barangnya asli atau tidak. Sebab, kita pasti ingin mendapatkan yang terbaik kan?

Nah, kamu perlu berhati-hati agar tidak tertipu. Untuk itu, perlu tahu cara cek HP Samsung asli atau palsu. Sebab, tentu saja kualitasnya berbeda. Biasanya yang asli dan palsu memang sekilas terlihat mirip, tapi kalau soal kualitas jelas jauh berbeda ya.

Melansir dari laman Samsungstarters, sebenarnya cara cek HP Samsung asli nggak susah loh! Kalau asli pasti built quality-nya bagus dan terasa kokoh saat HP digenggam. Kalau HP Samsung yang palsu biasanya buatan HDC gitu guys.

Selain itu, masih banyak cara yang bisa kamu coba mengutip dari berbagai sumber. Yuk, cari tahu cara cek HP Samsung asli atau enggak lebih lengkapnya!

1 dari 4 halaman

Cara Cek HP Samsung Asli

Samsung Galaxy Z Flip © Diadona


Ada tutorial yang bisa kamu lakukan sebagai cara cek HP Samsung asli atau palsu dengan sebuah kode, IMEI, tampilan fisik dan masih banyak lagi.

Lewat Kode Rahasia


Kode ini bisa melihat tipe HP Samsung yang kamu gunakan, benar atau tidak. Kalau tipe yang keluar berbeda dengan yang kamu punya, bisa dipastikan itu HP KW ya guys. Begini langkah-langkah cara cek HP Samsung asli.

1. Buka menu dial di layar handphone.

2. Ketik *#1234# yang nanti akan muncul informasi AP, CP, CSC dan tipe HP Samsung.

3. Nah di sini, saatnya kamu memastikan tipe yang keluar itu tipe HP Samsung yang asli atau tidak.

Selain itu, ada juga kode rahasi untuk cara cek HP Samsung asli lewat LCD test. Kamu hanya perlu ketik *#0*# di menu dial. Lalu akan muncul LCD tes yang isinya beberapa informasi tentang layar sentuh, suara, kamera, warna, getaran dan sebagainya.

Ada juga kode rahasia lain sebagai cara cek HP Samsung asli untuk melihat spesifikasinya. Kamu cukup ketik *#*#4636#*#*. Nanti, layar akan menampilkan spesifikasi dari ponselmu. Tapi kalau HP-nya palsu, maka spesifikasi nggak akan muncul.

2 dari 4 halaman

Cek Spesifikasi

Samsung Galaxy A31 © Diadona


Selain lewat kode, pastikan juga kamu cek spesifikasi di menu pengaturan. Tapi biasanya bisa diedit. Jadi, disarankan kamu cek lewat aplikasi CPU-Z atau AIDA 64 yang bisa kamu download di Play Store.

Lewat dua aplikasi itu, kamu akan ditunjukkan spesifikasi HP secara rinci. Mulai dari processor, chipset, ram, dan sebagainya. Bandingkan spesifikasi yang ditampilkan sama atau tidak dengan spesifikasi remsi HP Samsung.

Cek Lewat IMEI


IMEI setiap ponsel berbeda-beda loh! Bukan sembarangan, melainkan IMEI ini isinya informasi ponsel itu sendiri. Itu kenapa, kita bisa tahu cara cek HP Samsung asli lewat IMEI. Kamu tinggal ketik *#06# yang merupakan kode universal untuk cek semua jenis smartphone. Setelah tahu nomer IMEI ponselmu, tinggal pergi ke situs http://www.imei.info untuk selanjutnya.

3 dari 4 halaman

Koneksikan dengan Smasung Keis atau Smart Switch

Samsung Galaxy Note 20 © Diadona


Samsung Keis adalah software buatan Samsung yang berperan untuk mensinkronkan data di HP ke komputer. Namun, software ini hanya digunakan untuk smartphone Samsung jadul, seperti Galaxy S7 series ke bawah. Sedangkan Smart Switch digunakan untuk seri HP Samsung modern. Kamu bisa mengunduh software tersebut di sini.

Cek Layar


Kalau tadi cara dari dalam, sekarang kita bedakan yang asli dengan palsu lewat tampilan luarnya ya. Dari kualitas layar, biasanya yang palsu seri flagship maka kualitasnya jelas berbeda. Sebab, semua flagship Samsung pakai layar Super Amoled yang resolusinya tinggi dan kualitas gambar jernih serta tajam.

Kalau HP Samsung palsu biasanya pakai panel IPS LCD atau TFT yang memiliki resolusi rendah. Selain itu, bentuk layar yang palsu memiliki bezel tebal dan bentuknya berbeda.

4 dari 4 halaman

Cek Kamera

Desain Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bocor! Warna Mysthic Bronze Jadi Andalan? © Diadona


Sebelum membeli, pastikan juga memeriksa kondisi kamera ya. Lewat hasil jepretan yang buram atau kurang detail, maka bisa dipastikan HP tersebut palsu. Cara cek HP Samsung asli atau tidak bisa dengan memeriksa resolusi kamera. Jadi kamu coba untuk mengambil foto lebih dulu ya, buat memastikannya.

Jadi itu tadi beberapa cara cek HP Samsung asli atau palsu yang bisa kamu coba. Jangan sampai tertipu ya guys!

Beri Komentar