8 Tips Merebus Daun Kenikir, Empuk dan Dijamin Anti Pahit

Reporter : Arifina
Jumat, 29 September 2023 16:17
8 Tips Merebus Daun Kenikir, Empuk dan Dijamin Anti Pahit
Mau memasak daun kenikir tapi takut pahit? Begini cara mengolahnya dengan benar!

Tips merebus daun kenikir bisa kalian coba untuk mendapatkan rasa dari sayur hijau ini yang lebih nikmat dan anti pahit. Daun kenikir merupakan salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan dalam berbagai hidangan masakan.

Biasanya, daun kenikir dimasak menjadi oseng daun kenikir, bothok kenikir, sayur urap kenikir, hingga lalapan. Olahan sayuran ini juga dapat digunakan sebagai hiasan pada hidangan makanan tertentu karena bentuk dan warnanya yang menarik.

1 dari 12 halaman

Ilustrasi Daun Kenikir © Diadona

Selain dapat digunakan sebagai bahan makanan, daun kenikir juga bisa digunakan sebagai pengobatan herbal tradisional. Hal ini karena kenikir memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, terdapat berbagai manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Seperti, mencegah penyakit kronis, mencegah gangguan pencernaan, mencegah penyakit hipertensi, menurunkan resiko diabetes, dan mencegah osteoporosis.

2 dari 12 halaman

Dalam daun kenikir juga terdapat kandungan vitamin, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh.

Meski kaya akan nutrisi dan mengandung banyak manfaat untuk tubuh, tak jarang seseorang cenderung tidak mau mengolahnya. Hal ini karena rasanya pahit, padahal hal itu terjadi karena salah dalam pengolahan.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan tips merebus daun kenikir agar tidak pahit dan warnanya tetap hijau. Yuk simak!

3 dari 12 halaman

Pilih daun Kenikir Segar dan Berkualitas

Sebelum memasak daun kenikir, pastikan kamu memilih daun yang masih segar dan berkualitas. Hindari memilih daun kenikir yang sudah tua dan layu.

Daun kenikir yang segar memiliki rasa yang lebih baik serta dapat mempertahankan warna dan teksturnya saat proses perebusan. Ada kalanya saat membeli sayuran, terdapat bagian-bagian tertentu yang masih segar dan ada pula yang sudah layu.

Oleh karena itu, buang dan potong bagian yang layu tersebut karena dapat menyebabkan rasa sayur menjadi lebih pahit.

4 dari 12 halaman

Cuci Bersih Daun Kenikir

Tips Merebus Daun Kenikir © Diadona

Sebelum proses merebus daun kenikir, cuci bersih daun terlebih dahulu menggunakan air mengalir. Mencuci daun kenikir sebelum dimasak merupakan hal yang sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel.

Selain itu, mencuci daun kenikir sebelum direbus juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan mikroba yang mungkin ada pada sayuran. Kkarena kita tidak tahu ada apa di kebun tempat daun kenikir ditanam.

5 dari 12 halaman

Gunakan Panci yang Lebar

Penggunaan alat memasak ternyata juga mempengaruhi hasil masakan lho. Gunakanlah panci yang lebar saat merebus daun kenikir agar hasilnya lebih empuk dan tetap hijau.

Panci yang lebar dapat mendistribusikan panas lebih merata karena memiliki lebih banyak permukaan yang bersentuhan dengan sumber panas atau kompor. Hal ini menjadikan daun kenikir menjadi matang secara merata dan lebih konsisten.

Selain itu, penggunaan panci yang lebar juga dapat mempercepat waktu memasak karena sayur juga menjadi lebih cepat matang.

6 dari 12 halaman

Rebus Saat Air Sudah Mendidih

Pastikan merebus daun kenikir pada air yang telah benar-benar mendidih. Hal ini dapat membantu proses merebus menjadi lebih cepat matang dan dapat menghancurkan enzim yang dapat mempengaruhi rasa, warna, dan tekstur pada daun kenikir.

Penghancuran enzim ini dapat membantu warna alami daun kenikir tetap terjaga. Air yang mendidih juga dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin masih menempel pada daun kenikir.

7 dari 12 halaman

Gunakan Air Secukupnya

Saat merebus daun kenikir, gunakanlah air secukupnya yang pas, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Penggunaan air yang cukup memiliki beberapa manfaat dan alasan penting, yaitu dapat membantu meminimalkan hilangnya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Hal-hal tersebut penting dalam sayuran selama proses merebus serta dapat membantu menjaga warna alami daun dan mencegahnya berubah menjadi terlalu lembek atau lunak karena jumlah air yang berlebihan. Pastikan air yang digunakan dapat merendam seluruh daun kenikir yang direbus.

8 dari 12 halaman

Tambahkan Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Sebelum memasukkan daun kenikir, tambahkan dahulu garam pada air rebusan yang telah mendidih. Tambahkan setidaknya sebanyak satu sendok teh garam.

Penambahan garam ini bertujuan agar rasa pahit pada daun kenikir bisa hilang sehingga lebih enak untuk dinikmati. Garam juga dapat membantu mempertahankan warna hijau pada daun kenikir karena terdapat efek osmosis dan denaturasi protein yang terjadi saat garam ditambahkan pada air rebusan.

9 dari 12 halaman

Beri Soda Kue

Selain garam, kamu juga bisa menambahkan setengah sendok teh soda kue saat merebus daun kenikir. Hal ini dikarenakan soda kue dapat mempertahankan warna alami pada sayuran karena memiliki sifat basa yang dapat membantu menjaga warna sayuran yang mudah mengalami perubahan warna.

Selain itu, rasa pahit dari daun kenikir juga dapat berkurang jika soda kue ditambahkan. Namun, perlu diperhatikan, tidak semua sayuran memerlukan penambahan soda kue saat dimasak.

Penting juga untuk memperhatikan jumlah soda kue yang ditambahkan saat memasak sayuran, jangan sampai berlebihan karena dapat mempengaruhi kualitas dan rasa sayuran tersebut.

10 dari 12 halaman

Jangan Rebus Terlalu Lama

Banyak orang yang beranggapan bahwa merebus sayur dalam waktu yang lama bisa membuat tekstur sayur menjadi lebih lembut. Namun sebenarnya justru malah membuat rasa sayuran menjadi semakin pahit.

Begitu pula dengan daun kenikir yang sudah memiliki rasa pahit, tidak perlu direbus terlalu lama. Rebuslah daun kenikir selama kurang lebih 3 menit saja.

Merebus daun kenikir terlalu lama dapat membuat kandungan nutrisi di dalamnya menghilang. Perebusan yang lama juga menyebabkan perubahan pada tekstur, warna, dan rasa. Setelah dirasa tekstur daun kenikir sudah empuk, langsung angkat dan tiriskan.

11 dari 12 halaman

Tips Merebus Daun Kenikir © Diadona

Daun kenikir memang bukan merupakan sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang pahit. Namun, dengan adanya tips merebus daun kenikir ini kalian tidak perlu khawatir lagi.

Tips di atas bisa kalian coba saat akan memasak daun kenikir di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, Diazens!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar