Cara Membuat Sate Kambing Biar Empuk dengan Bumbu Kecap Sederhana dan Bumbu Kacang Khas Madura

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 8 Mei 2020 23:47
Cara Membuat Sate Kambing Biar Empuk dengan Bumbu Kecap Sederhana dan Bumbu Kacang Khas Madura
Cara membuat sate kambing biar empuk ada cara tersendirinya Moms. Sate kambing ini akan semakin enak dengan bumbu kecap dan kacang khas Madura. Simak resep selengkanya berikut ini!

Cara membuat sate kambing tidak seribet yang ada dibayangna kita selama ini Moms. Ada beberapa tips agar daging kambing yang kita olah menjadi empuk dan nggak berbau amis. Selain itu, penggunaan bumbu yang pas akan juga mempengaruhi aroma serta rasa dari sate kambing ini.

Sate kambing sendiri merupakan salah satu olahan makanan khas nusantara yang memanfaatkan daging kambing dengan bumbu rempah. Seperti membuat sate pada umumnya yaitu dengan cara dipanggang di bawa api atau di atas teflon khusus memangang di rumah. Olahan sate kambing ini tentunya tak lupa desiram dengan bumbu kecap atau kacang dalam penyajiannya.

Mom tentunya harus mencoba untuk membuat olahan sate kambing ini di rumah. Cocok sekali nih Moms dijakdikan menu saat makan setekah buka puasa dan sahur. Langsung saja simak resep cara membuat sate kambing biar empuk dengan bumbu kecap sederhana dan bumbu kacang khas Madura yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 3 halaman

1. Cara Membuat Sate Kambing Biar Empuk

Cara Membuat Sate Kambing © Diadona

Cara membuat sate kambing pertama yang bisa Moms praktikkan adalah dengan memperhatikan pengolahan daging biar empuk serta bumbu meresap. Dijamin rasa gurih dan empuk daging kambingnya bikin ketagihan. Simak langsung resep cara membuat sate kambing biar empuk berikut ini.

Bahan cara membuat sate kambing biar empuk:
- 500 gram daging kambing
- 10 buah bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1/2 buah gula jawa
- 2 batang asam jawa
- 3 lembar daun jeruk
- 1 sdm ketumbar
- 2 butir kemiri
- 1 ruas jari jahe yang telah digeprek
- 1/2 sdt garam
- 50 ml kecap manis
- 2 sdm minyak goreng

Cara membuat sate kambing biar empuk:

a. Pertama, Moms harus menghaluskan bahan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, dan gula jawa.

b. Potong-potong daging kambing ukuran kecil bentuk dadu. Nah, selanjutnya masukkan 3/4 bagian bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalam daging kambing.

c. Beri juga daun jeruk yang telah diiris, jahe, dan asam jawa. Remas-remas bahan ini supaya bumbu meresap ke dalam daging kambing. Diamkan dulu di dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit.

d. Tusuk daging kambing yang telah dibumbui. Bakar di atas bara api hingga setengah matang. Selanjutnya, olesi dengan sisa bumbu halus, kecap manis dan juga minyak. Bakar lagi bahan sate hingga benar-benar matang sempurna.

e. Cara membuat sate kambing biar empuk sudah selesai, Moms. Sajikan sate kambing dengan bumbu sambal kecap, irisan sayur kol dan tomat agar lebih nikmat.

2 dari 3 halaman

2. Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap Sederhana

Cara Membuat Sate Kambing © Diadona

Sate kambing sederhana juga bisa Moms buat dengan siraman bumbu kecap yang menggugah selera. Cukup mudah kok Mom membuatnya. Nggak ribet, enak, dan tentunya akan dapat porsi yang lebih banyak. Yuk simak langsung resep cara membuat sate kambing bumbu kacang sederhana berikut ini.

Bahan cara membuat sate kambing bumbu kecap sederhana:
- 500 gram daging kambing yang telah dibersihkan dan dipotong kotak
- 3 buah tomat, iris tipis
- 5 buah cabe rawit hijau yang diiris
- 3 siung bawang merah yang telah diiris tipis
- 1 potong nanas
- Kecap manis secukupnya
- Lada bubuk secukupnya
- 1 bungkus kecil margarin
- Tusuk sate secukupnya

Cara membuat sate kambing bumbu kecap sederhana:

a. Cara membuat sate kambing bumbu kecap sederhana yang pertama adalah dengan meremas-remas bahan daging menggunakan parutan nanas selama 10 detik saja. Tusuk daging menggunakan tusukan sate dan rendam dalam kecap.

b. Siapkan pemanggang, panaskan dan olesi dengan margarin. Panggang bahan daging yang direndam dalam kecap tadi. Pangggang dengan membolak-balikkan daging hingga matang.

c. Moms juga bisa memberikan olesan kecap selama proses memanggang. Jika sudah matang, maka angkat tusukan sate dari pemanggangnya.

d. Cara membuat sate kambing kecap sederhana sudah selesai Moms. Siap untuk disajikan dengan irisan bahan tomat, bawang merah, dan cabe susuai selera. Setelah itu, Moms bisa menambahkan kecap manis dan sedikit lada bubuk. Selamat menikmati.

3 dari 3 halaman

3. Cara Membuat Sate Bumbu Kambing Kacang Madura

Cara Membuat Sate Kambing © Diadona

Moms tentunya akan menyukai sate kambing bumbu kacang khas Madura ini. Yap, perpaduan aroma dan rasa yang gurih, manis dan sedap ini bisa banget dinikmati di rumah. Yuk, berkreasi di rumah dengan resep cara membuat sate kambing bumbu kacang khas Madura berikut ini.

Bahan cara membuat sate kambing bumbu kacang khas Madura:
- 1 kg daging kambing
- 1 buah nanas muda

Bahan rendaman:
- 3 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 1 sdt ketumbar
- 3 sdm minyak goreng
- Secukupnya penyedap
- 1 sdt garam

Bahan saos:
- 250 gram kacang tanah
- 3 buah cabe merah besar
- 3 siung bawang putih
- 4 butir bawang merah
- 1 sdm gula merah
- Secukupnya air

Bahan pelengkap:
- Jeruk nipis
- Kecap manis
- Irisan bawang merah
- Irisan cabe rawit

Cara membuat sate kambing bumbu kacang khas Madura:

a. Bersihkan daging lalu potong sesuai selera. Kemudian parut nanas muda dan lumuri pada potongan daging, diamkan selama 15 menit.

b. Haluskan bahan rendaman yaitu ketumbar, bawang putih dan bawang merah. Campur dengan potongan daging kambing, tambahkan minyak goreng, garam dan penyedap. Aduk-aduk hingga tercampur dan diamkan selama 30 menit dalam kulkas.

c. Sembari menunggu daging di marinasi kita buat saos kacangnya. Goreng semua bahan saos kecuali gula merah dan air. Goreng hingga matang, lalu haluskan.

d. Masak kembali bersama air, gula merah, garam dan penyedap. Masak hingga kental dan jangan lupa cek rasa. Jika dirasa sudah pas lalu matikan api dan sisihkan.

e. Daging kambing yang sudah dimarinasi kita tusuk dengan tusuk sate. Bakar dengan sesekali diolesi sisa bumbu marinasi. Panggang hingga matang, sajikan bersama saos kacang.

Moms, itulah beberapa resep mudah cara membuat sate kambing biar empuk dengan bumbu kecap sederhana dan bumbu kacang khas Madura di rumah. Dijamin enak, ekonomis, dan bikin nagih. Selamat mencoba!

Beri Komentar