Tips Masak Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus, Cobain deh Mom!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Rabu, 21 Juli 2021 12:15
Tips Masak Daging Kambing agar Tidak Bau Prengus, Cobain deh Mom!
Ini dia sejumlah tips agar daging kambing tak meninggalkan bau.

Daging kambing merupakan salah satu daging yang cara pengolahannya sebenarnya gampang-gampang susah. Terasa gampang jika diolah dengan tepat, tapi akan terasa susah jika masih meninggalkan bau.

Daging kambing memang dikenal memiliki aroma khas yang disebut bau prengus. Bau ini muncul dari lemak dan kelembapan yang ada di dalam daging tersebut.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ada tips masak daging kambing agar tidak menyisakan bau prengus. Simak selengkapnya ya..

1 dari 6 halaman

1. Hilangkan bagian lemak

Ilustrasi Daging KambingIlustrasi Daging Kambing © applestonemeat.com

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mengolah daging kambing yakni dengan menghilangkan bagian lemaknya. Untuk menghilangkan bau prengus yang masih menempel, bisa dengan menghilangkan sedikit bagian lemaknya atau mengurangi kadar kelembapan pada daging kambing tersebut.

2 dari 6 halaman

2. Jangan cuci daging

Banyak yang beranggapan bahwa bau prengus ini bisa hilang jika dicuci dengan air. Eits, jangan salah Mom.. Untuk membersihkan daging kambing, cukup menggunakan lap bersih atau tisu. Cara ini justru lebih tepat dalam membersihkan sekaligus mengurangi bau prengus yang menempel pada daging.

3 dari 6 halaman

3. Potong berlawanan arah serat

Ilustrasi Potongan Daging KambingIlustrasi Potongan Daging Kambing © shutterstock.com/id/g/lisovskaya

Penyebab utama timbulnya bau prengus pada daging kambing yakni kadar kelembapan pada daging tersebut. Untuk mengakalinya, maka Mom perlu memotong daging secara tepat yakni berlawanan dengan arah serat. Arah pemotongan yang salah bisa membuat kelembapan jadi tersimpan lebih lama dan menimbulkan bau.

4 dari 6 halaman

4. Beri garam atau rempah-rempah saat marinasi

Menambahkan garam saat proses marinasi juga bisa membantu mengurangi kadar kelembapan pada daging. Proses marinasi biasanya dilakukan selama 2-3 jam pada daging yang masih segar. Selain garam, Mom bisa menambahkan bumbu atau rempah yang aromanya kuat seperti bawang putih atau ketumbar bubuk untuk mengurangi bau prengus yang keluar.

5 dari 6 halaman

5. Rendam dengan susu atau cuka

Ilustrasi Daging KambingIlustrasi Daging Kambing © shutterstock.com/id/g/margouillatphot

Jika daging kambing tersebut belum mau dimasak saat itu juga sehingga nggak perlu dimarinasi, ada alternatif lain untuk bisa menghilangkan bau prengusnya. Mom bisa merendam daging kambing menggunakan susu atau cuka.

Jika menggunakan susu, Mom cukup merendamnya dalam mangkuk dan menyimpan dalam lemari es selama beberapa jam. Jika menggunakan cuka/jus jeruk, Mom perlu merendalm daging kambing kira-kira semalaman.

6 dari 6 halaman

6. Simpan di lemari es/freezer

Jika Mom ingin menyimpan daging kambing lebih lama, sebaiknya taruh di lemari es pada suhu lima derajat celcius atau lebih rendah. Biasanya daging kambing akan bertahan hingga 3-5 hari. Namun jika Mom ingin daging kambing tahan lebih lama lagi, simpan di freezer dalam suhu minus 15 derajat celcius atau lebih rendah lagi.


Itu dia sejumlah tips untuk mengolah daging kambing agar tidak meninggalkan bau prengus. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Beri Komentar