7 Tips Menggoreng Telur Rebus agar Tidak Meletus, Dijamin Cantik dan Matang Sempurna

Reporter : Arifina
Selasa, 10 Oktober 2023 18:07
7 Tips Menggoreng Telur Rebus agar Tidak Meletus, Dijamin Cantik dan Matang Sempurna
Pernah menggoreng telur rebus tapi meletus-letus dan hasilnya jelek? Ternyata ada triknya lho!

Tips menggoreng telur rebus bisa membantu kamu yang pernah menggorengnya tapi takut minyaknya meletus. Telur merupakan bahan makanan yang sangat serbaguna dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

Telur bisa digoreng, direbus, didadar, ataupun dijadikan tambahan dalam masakan. Salah satu olahan telur yang sering dikonsumsi masyarakat dan digunakan dalam berbagai masakan ialah telur rebus. Contoh berbagai hidangan yang menggunakan telur rebus sebagai bahannya, antara lain telur balado, opor ayam, gado-gado, telur bacem, dan masih banyak lainnya.

Selain rasanya yang lembut dan gurih, telur rebus juga memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Dilansir dari halodoc.com, telur rebus memiliki kandungan protein, kalori, karbohidrat, dan fosfor.

1 dari 8 halaman

Tips Merebus Telur Agar Mudah Dikupas © Diadona

Protein yang ada dalam telur rebus cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Telur rebus bisa langsung dikonsumsi setelah direbus ataupun digoreng terlebih dahulu.

Saat menggoreng telur rebus, biasanya minyak yang digunakan sering meletus-letus. Hal tersebut dikarenakan cara menggorengnya yang kurang tepat. Karena itu, simak tips menggoreng telur rebus agar tidak meletus yang diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber berikut!

2 dari 8 halaman

Kupas Kulitnya Hingga Bersih

Rendam telur yang sudah direbus dengan air dingin hingga suhunya turun. Perendaman ini bertujuan untuk memudahkan proses pengupasan kulit telur.

Setelah telur dingin, kupas kulitnya hingga bersih sampai tidak ada sisa kulit sedikit pun pada telur. Sebab jika menggoreng telur yang masih ada sisa kulitnya, maka akan mengakibatkan telur tidak matang secara merata dan dapat menyebabkan minyak meledak.

Pastikan telur telah benar-benar kering hingga tidak ada sisa air dan sudah terkelupas semua kulitnya agar saat digoreng minyak tidak meletus.

3 dari 8 halaman

Gunakan Minyak yang Banyak

Saat menggoreng telur rebus, gunakanlah minyak yang banyak hingga bisa merendam keseluruhan. Penggunaan minyak banyak bertujuan agar seluruh permukaan telur rebus bisa matang secara merata dan dapat mempercepat proses menggoreng.

Selain itu, bagian luar telur juga akan berkulit kecoklatan dan memiliki tekstur yang renyah dan garing serta lembut di dalam jika digoreng dengan minyak yang banyak.

4 dari 8 halaman

Pastikan Minyak Benar-benar Panas

Tips Menggoreng Telur Rebus © Diadona

Sebelum menggoreng telur rebus, panaskan terlebih dahulu minyak pada penggorengan. Pastikan minyak yang digunakan sudah benar-benar panas ketika telur rebus akan dimasukkan.

Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan permukaan telur yang kriuk dan renyah, serta dapat membantu telur menjadi cepat matang. Maka dari itu, jangan terburu-buru untuk memasukkan telur ke dalam penggorengan.

Tunggulah hingga minyak sudah benar-benar panas baru masukkan dalam penggorengan, kemudian goreng hingga matang sempurna. Saat memasukkan telur ke dalam minyak, coba gunakanlah saringan agar minyak tidak memercik kemana-mana.

5 dari 8 halaman

Buat Keratan di Sekeliling Telur

Supaya minyak dan telur tidak meletus saat proses penggorengan, buatlah keratan pada sekeliling permukaan telur rebus. Tidak perlu terlalu dalam hingga menembus ke bagian kuning telur, cukup bagian permukaannya saja secara hati-hati.

Memberi keratan pada permukaan telur rebus bertujuan untuk meningkatkan tekstur garing dan renyah pada bagian luar telur, sementara bagian dalamnya tetap lembut. Selain itu, keratan pada telur juga dapat memberikan tampilan yang lebih menarik pada hidangan yang dimasak sehingga bisa semakin menggugah selera makan.

6 dari 8 halaman

Gunakan Api Sedang

Besarnya api ketika proses menggoreng juga mempengaruhi hasil akhir makanan. Saat menggoreng telur rebus, gunakanlah api yang sedang saja, jangan terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Penggunaan api sedang dapat membantu menghindari terjadinya overcooking atau gosong yang kemudian rasanya dapat berubah menjadi terlalu pahit, keras, dan kering. Pastikan untuk tetap menjaga suhu api tetap stabil dan tidak terlalu panas saat telur digoreng.

7 dari 8 halaman

Jangan Goreng Telur Terlalu Lama

Ilustrasi Telur Rebus © Diadona

Telur rebus sebaiknya jangan digoreng terlalu lama. Cukup 1-2 menit saja hingga warnanya kecoklatan dan mengering. Sebenarnya, telur rebus sudah matang dan dapat langsung dimakan.

Namun, untuk memberikan hasil tekstur yang garing dan renyah, maka telur rebus perlu digoreng sebentar saja. Jangan menggoreng telur rebus terlalu lama karena dapat menyebabkan bagian putih telurnya menjadi keras dan kering serta kehilangan tekstur yang lembut .

Perhatikan lamanya waktu ketika menggoreng telur rebus. Jika dirasa sudah cukup matang dan kecoklatan, angkat dan tiriskan telur.

8 dari 8 halaman

Aduk-aduk Telur saat Digoreng

Saat menggoreng telur rebus, sebaiknya sambil di aduk-aduk agar warna permukaan telur bisa merata dan tidak gosong. Mengaduk telur rebus saat digoreng dapat membantu mencegah telur menempel dan lengket pada penggorengan.

Yang perlu diingat, sebaiknya aduklah telur rebus secara perlahan dan hati-hati. Jangan mengaduknya terlalu kuat ataupun terlalu sering karena bisa menyebabkan telur rebus kehilangan tekstur dan bentuk yang diinginkan berubah.

Bagaimana, mudah bukan tips menggoreng telur rebus? Setelah ini, kamu tidak perlu takut lagi minyaknya akan meletus saat menggoreng telur rebus. Coba terapkan tips di atas dan lihat hasilnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar