Tips Memilih Salak yang Manis, Dijamin Krenyes, Segar dan Anti Sepat

Reporter : Arifina
Kamis, 5 Oktober 2023 16:07
Tips Memilih Salak yang Manis, Dijamin Krenyes, Segar dan Anti Sepat
Perhatikan saat memilih buah salak jika tidak ingin mendapatkan buah rasa sepat!

Tips memilih buah salak yang manis bisa kamu terapkan saat akan membeli buah berkulit kecokelatan ini. Buah ini cocok dinikmati sebagai camilan yang sehat.

Buah salak memiliki rasa yang cenderung manis, asam, segar dengan tekstur sedikit renyah Akan tetapi, rasa buah salak akan terasa sepat jika kamu salah memilihnya. Rasa sepat pada buah salak yang kamu nikmati, itu artinya buah tersebut belum matang sempurna.

Buah berwarna kecokelatan ini kebanyakan tumbuh di kepulauan bagian selatan Indonesia, yakni Pulau Jawa dan Sumatra. Tapi saat ini buah salak juga tumbuh di Malaysia dan beberapa daerah di Australia.

1 dari 8 halaman

Tips Memilih Salak yang Manis © Diadona

Tidak hanya rasanya yang yang nikmat, buah salak punya segudang manfaat untuk tubuh. Dilansir dari halodoc.com, manfaat buah salak terdapat pada kandungan nutrisi vitamin A, B, C, karbohidrat, dan zat besi.

Kandungan gizi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, serta dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Walaupun saat membuka buahnya cukup ribet dan susah, tapi banyak orang yang menggemari buah salak ini.

Tekstur buah yang renyah, rasa asam manis dan segar, sehingga saat dikonsumsi renyah dan pas saat digigit di mulut. Sayangnya, untuk mendapati buah salak yang tepat kamu harus pandai-pandai dlam memilihnya. Berikut tipsnya!

2 dari 8 halaman

Perhatikan Warna Kulit Buah Salak

Hal pertama yang paling mudah untuk menentukan apakah buah salak sudah matang dan memiliki rasa manis, yaitu dengan melihat warna kulitnya. Pastikan buah salak yang kamu pilih memiliki warna coklat kehitaman.

Warna ini artinya buah salak sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Sementara itu, jika buah salak memiliki warna kulit yang coklat muda atau kekuningan, artinya buah salak masih belum matang dan terasa sepat.

3 dari 8 halaman

Pilih Bentuk Buah Salak yang Tepat

Ilustrasi Salak © Diadona

Ciri lain dari buah salak yang manis dan matang sempurna dapat dilihat dari bentuk buahnya yang oval. Hindari buah salak yang memiliki bentuk aneh, bengkok, atau yang tidak beraturan.

Hal tersebut dapat terjadi karena buah salak tidak mengalami pertumbuhan yang membuatnya tidak matang secara merata. Jadi, jangan salah mengenali bentuknya untuk mendapati rasa buah salak yang segar dan manis ya!

4 dari 8 halaman

Jangan Pilih Buah yang Masih Kusam

Hindari memilih buah salak yang memiliki kulit kusam. Karena hal tersebut menandakan buah salak belum matang sempurna.

Jadi pastikan kamu membeli buah salak yang memiliki bagian kulit yang putih dan mengkilap. Jika kamu memilih yang salah, kamu justru akan mendapati rasa yang kurang enak atau sepat dan tidak segar.

5 dari 8 halaman

Hindari Kulit Salak yang Berkeriput

Tips Memilih Salak yang Manis © Diadona

Kondisi kulit yang dimiliki buah salak yang manis dan matang merata juga memiliki ciri di kulitnya. Buah salak yang matang sempurna sisi pada kulitnya besar dan memiliki jarak di setiap sisik kulitnya.

Perhatikan kulit salak apakah memiliki luka atau bekas bercak di bagian kulitnya. Hindari buah salak yang terlihat rusak atau memiliki kulit dengan tanda-tanda kerusakan agar kamu bisa menikmati buah ini dengan nikmat ya!

6 dari 8 halaman

Tekan Ujung Buah Salak

Memilih buah salak yang matang merata dan manis yaitu dengan menekan ujung kulitnya. Jika ujung kulit salak mengeluarkan sedikit cairan saat ditekan, artinya buah  tersebut sudah terlalu matang dan akan cepat membusuk.

Tetapi bila ujuk kulit salak lembut dan tidak mengeluarkan sedikit cairan, maka buah salak sudah matang merata dan memiliki rasa manis.

7 dari 8 halaman

Cium Aroma Buah Salak

Ilustrasi Buah Salak © Diadona

Selain menekan ujung buah, cium aroma buah salak yang dipilih. Buah salak yang matang cenderung memiliki aroma atau bau yang manis dan wangi.

Namun, jika tercium bau yang lain atau tidk sedap besar kemungkinan buah salah dalam kondisi tidak baik bahkan busuk.

Itulah beberapa tips memilih salak yang manis agar mendapatkan rasa yang tepat/ Dengan mengkonsumsi buah salak yang memiliki kualitas baik, akan memberikan efek dan manfaat yang baik dan kesehatan tubuh akan lebih baik.

Semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar