9 Tips Membuat Sushi di Rumah, Anti Gagal dan Dijamin Nikmat Abis!

Reporter : Arifina
Kamis, 26 Oktober 2023 20:07
9 Tips Membuat Sushi di Rumah, Anti Gagal dan Dijamin Nikmat Abis!
Jangan takut gagal, begini tips membuat sushi sendiri di rumah yang nikmat banget!

Tips membuat sushi bisa kamu ikuti untuk membuat oalahan makanan khas Jepang yang satu ini. Sushi menjadi kegemaran seluruh masyarakat di seluruh dunia, karena rasanya yang nikmat dan tampilan yang menarik.

Sushi adalah salah satu menu makanan dengan bahan utama nasi, kemudian dicampur dengan berbagai sayur, aneka seafood, dan digulung dengan nori atau rumput laut. Olahan ini banyak dikonsumsi seluruh masyarakat di dunia.

1 dari 10 halaman

sushi © Diadona

Tidak harus membelinya di restoran, kamu juga bisa coba membuat dan mengolah sushi sendiri dirumah. Dengan membuat oalhan sushi sendiri, kamu dengan mudah dapat memodifikasi isian, topping, dan menentukan rasa yang menarik sesuai selera.

Walaupun cara membuatnya terlihat mudah, tidak sedikit orang saat membuatnya masih saja gagal. Simak beberapa cara dan tips membuat sushi di bawah ini agar berhasil membuat sushi sendiri di rumah. Cara bikin nya yang cukup mudah dan bahan mudah didapatkan lho!

2 dari 10 halaman

Pilih Bahan Segar dan Berkualitas

Tips yang utama dan sangat penting untuk membuat sushi adalah memperhatikan bahan-bahan untuk membuatnya. Dimulai dengan membeli aneka bahan-bahan yang segar dan berkualitas.

Mulai dari nasi, nori atau rumput lautnya, sayur untuk isian, saus cocolan hingga isian daging atau ikan. Gunakan berbagai isian sayuran seperti mentimun, wortel, alpukat, dan lain sebagainya untuk mendapat rasa dan tekstur yang beragam.

Kamu juga bisa menggunakna ikan salmon untuk membuat sushi. Pastikan saat membelinya kondisi ikan masih segar agar rasanya nikmat.

3 dari 10 halaman

Gunakan Beras Pulen

Nasi sushi memiliki karakteristik yang pulen, maka sebaiknya gunakan tipe beras yang pulen. Tidak harus menggunakan beras jepang, cukup pastikan saja menggunakan beras pulen produk lokal yang berkualitas baik.

Alternatif lain untuk mengganti beras jepang, kamu bisa mencampur berasmu dengan beras ketan. Dengan perbandingan 1 kg beras berbanding 100 gr ketan. Penambahan beras ketan pada campuran tersebut membantu tekstur nasi menjadi lebih kenyal seperti sushi nasi khas restoran.

4 dari 10 halaman

Perhatikan Cara Memasak Nasi

Tips Membuat Sushi © Diadona

Selain menggunakan beras yang pulen, untuk memperoleh hasil nasi yang padat dan mudah dibentuk masak nasi dengan rasio 1:1 air dengan nasi. Kemudian, bumbui nasi dengan sedikit larutan cuka. Tambahkan cuka dengan sedikit demi sedikit agar larut dan tercampur merata.

Pastikan untuk mengaduk nasi dengan dayung atau entong nasi berbahan kayu agar tidak mudah lengket. Jika menggunakan yang berbahan stainless steel akan menimbulkan reaksi pada cuka dan dapat mengubah rasa pada nasi.

5 dari 10 halaman

Jangan Gunakan Nasi Panas

Untuk membuat sushi kamu harus memperhatikan kondisi nasinya. Pastikan saat akan membentuk nasi sebagai sushi sudah dalam kondisi tidak panas.

Jika sudah dibumbui, letakkan kain hangat di atas nasi agar menyerap uap nasi yang masih panas. Jangan gunakan nasi yang terlalu panas atau terlalu dingin, jadi pastikan nasi tersebut hangat.

Jika nasi terlalu dingin akan lebih sulit untuk dioleskan, tetapi jika terlalu panas akan membuat rumput laut atau nori menjadi lembek dan mudah pecah.

6 dari 10 halaman

Iris Isian Sushi dengan Tepat

Proses pengolahan sushi dilakukan dengan mengisi isian sushi dengan berbagai variasi bahan-bahan yang telah diiris. Namun, perhatikan saat memotong bahan isian untuk tidak terlalu tebal.

Seperti sayuran, alpukat, atau ikan, cukup iris dengan ideal saja. Karena jika terlalu tebal akan menyulitkan saat proses menggulung sushi. Selain itu, kamu juga dapat mengira-ngira apakah ukuran tersebut memudahkan saat menggulungnya.

7 dari 10 halaman

Susun Sushi

Ilustrasi Sushi © Diadona

Jika semua bahan sudah siap untuk di gulung, susun mulai dari nori dan semua isian sushi. Susun mulai rumput laut, lalu letakan nasi yang sudah hangat dan ratakan ke semua sisi rumput laut.

Lanjutkan dengan isian mentimun, wortel, daging, telur, dan isian lainnya. Tambahkan semua isian sushi jangan terlalu banyak dan padat agar mudah saat digulung.

Dengan begitu isian tidak mudah lepas dan berantakan saat digulung atau dipotong. Jika semua isian sudah disusun rapi, artinya sushi siap digulung.

8 dari 10 halaman

Gunakan Makisu

Untuk memudahkan saat menggulung sushi, Anda bisa menggunakan makisu. Makisu adalah alat khusus seperti tikar kecil untuk menggulung sushi.

Taruh nori di atasnya, lalu gulung perlahan dengan sedikit menekannya agar nasi padat dan isian sushi tidak terburai keluar. Tahan posisi makisu selama beberapa saart agar gulungan tidak lepas. Beri sedikit air di bagian ujung nori untuk merekatkan nori agar tetap rapat dan tidak membuka atau lepas.

9 dari 10 halaman

Potong dengan Pisau yang Tajam

Gunakan pisau yang sangat tajam untuk memotong sushi agar tidak rusak dan tetap rapi. Jangan lupa juga untuk membasahi pisau dengan air garam terlebih dulu ya.

Air garam akan membantu mencegah nasi menempel pas nasi saat dipotong. Hal ini membuat proses memotong sushi lebih mudah dan hasil tetap rapi dan lebih baik.

Setelah sushi di potong rapi, jika kamu menggunakan ikan salmon misalnya untuk menjadi topping tambahkan di atas potongan sushi untuk mempercantik tampilan sushi untuk dinikmati.

10 dari 10 halaman

Hidangkan dengan Saus Cocolan

Tips Membuat Sushi © Diadona

Sushi sering disajikan dengan berbagai saus cocolan untuk memberi rasa tambahan pada sushi. Saus cocolan juga dapat digunakan untuk menciptakan rasa kontras baru yang menarik.

Saus cocolan yang biasa digunakan untuk menikmati sushi ini antara lain, saus kedelai, wasabi, dan jahe. Selain itu, saus cocolan ini juga menjadi tradisi budaya di Jepang yang menjadi bagian penting saat menikmati makanan ini.

Itulah beberapa tips membuat sushi yang akan membantumu mendapatkan tekstur dan rasa makanan Jepang yang tepat. Wajib coba sendiri sushi dirumah dengan memperhatikan tips-tips di atas, dijamin rasnya tidak kalah enak saat kamu membelinya di restoran. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar