7 Tips Memasak Gyeran-jjim, Telur Kukus Korea yang Super Lembut, Lezat, dan Cocok Untuk Sarapan!

Reporter : Arifina
Jumat, 13 Oktober 2023 20:07
7 Tips Memasak Gyeran-jjim, Telur Kukus Korea yang Super Lembut, Lezat, dan Cocok Untuk Sarapan!
Buat gyeran-jjim khas Korea mudah kok, terapkan tips berikut biar mendapat cita rasa enak!

Tips memasak gyeran-jjim atau telur kukus khas Korea seakan terlihat tidak mudah. Menu masakan ini kerap muncul di drama-drama Korea dan menggugah selera banget!

Gyeran-jjim memiliki cita rasa yang manis, gurih, dengan tekstur yang super lembut. Menu masakan dari bahan utama telur ini biasanya disajikan untuk sarapan.

Hidangan ini dibuat dari telur, air atau kaldu, minyak wijen, daun bawang, dan bumbu tambahan seperti garam. “Gyeran” dalam bahasa Korea berarti telur dan “Jjim” berarti dikukus, itulah sebabnya hidangan ini dinamakan telur kukus Korea.

1 dari 9 halaman

 

Tips Memasak Gyeran-jjim © Diadona

Olahan telur khas Korea ini dapat menjadi hidangan utama untuk kreasi masakan dengan bahan utama telur yang berbeda. Sering kali kita menjumpai makanan ini pada drama atau film-film Korea.

Hal ini membuat rasa keingintahuan kita terhadap masakan, terutama untuk penggemar Korea. Hidangan ini termasuk masakan yang relatif mudah untuk dibuat.

Walau cukup mudah dibuat, simak tips memasak gyeran-jjim dibawah ini agar hasilnya enak dan maksimal!

2 dari 9 halaman

Gunakan Telur Berkualitas

Jangan asal-asalan menggunakan telur untuk membuat menu olahan gyeran-jjim ya. Pastikan telur yang kamu gunakan yang segar dan memiliki kualitas baik.

Disarankan untuk menggunakan telur organik agar hasil gyeran-jjim lebih lezat. Telur organik cenderung memiliki kualitas nutrisi yang lebih baik daripada telur yang biasanya kita konsumsi.

Rasa yang dimiliki telur organik juga lebih kaya dan lezat. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perbedaan bahan pakan ayam dan faktor lainnya.

3 dari 9 halaman

Tambahkan Air atau Kaldu

Dengan menggunakan air atau kaldu pada gyeran-jjim maka kamu akan menghasilkan tekstur yang lembut dan lezat pada hidangan tersebut. Penggunaan kaldu juga akan membiuat hidangan telur kukus ini lebih beraroma.

Kaldu yang disarankan untuk membuat gyeran-jjim adalah kaldu ikan teri. Kaldu ini sering digunakan masyarakat Korea karena memiliki aroma yang khas dan sangat kuat.

Selain itu dengan menambahkan air atau kaldu pada hidangan ini, kamu dapat mengendalikan kepadatan tekstur gyeran-jjim yang diinginkan.

4 dari 9 halaman

Kocok Telur dengan Lembut

Cara Mengetahui Telur Busuk atau Tidak © Diadona

Telur harus dikocok dengan lembut agar tidak ada gelembung udara yang terlalu banyak dalam gyeran-jjim. Cara ini juga akan menghasilkan tekstur kukus yang lebih lembut.

Karena gelembung udara yang banyak dan besar dapat membuat tekstur gyeran-jjim menjadi berpori dan tidak merata. Selain itu kocokan telur yang terlalu berlebihan dapat membuat tekstur telur  menjadi lebih keras saat akan dimasak.

5 dari 9 halaman

Beri Bahan Tambahan

Tambahkan beberpaa bahan lainnya untuk membuat hidangan gyeran-jjim lebih enak dan lezat. Tambahkan minyak wijen untuk memperharum adonan telur saat sudah matang dan disajikan.

Untuk meningkatkan rasa gyeran-jjim yang lebih enak, tambahkan daging potong atau cincang, potongan sayuran, jamur, atau keju sesuai selera.

Jangan lupa untuk menambahkan daun bawang pada hidangan ini. Daun bawang dan telur adalah perpaduan yang umum dalam kebanyakan hidangan Korea.

6 dari 9 halaman

Gunakan Mangkuk Ttukbaegi

Mangkuk ttukbaegi ini adalah mangkuk khusus yang umum digunakan dalam hidangan tradisi Korea. Mangkuk ini mampu menyimpan panas dan mendistribusikannya dengan merata ke seluruh sisi permukaan mangkuk.

Dengan menggunakan mangkuk ini hidangan gyeran-jjim akan tetap panas selama dinikmati. Namun kamu tetap bisa menikmati hidangan gyeran-jjim meski tak menggunakan mangkug tersebut.

Gunakan saja mangkuk atau wadah tahan panas agar serasa seperti hidangan aslinya.

7 dari 9 halaman

Perhatikan Proses Pengukusan Telur

Tips Memasak Gyeran-jjim © Diadona

Setelah adonan disaring lalu di taruh di mangkuk khusus atau wadah tahan panas, tutup wadah dengan aluminium foil atau penutup yang tahan panas juga.

Kukus telur di dalam air mendidih sekitar 10-15 menit atau sampai adonan telur matang. Gunakan tusuk gigi yang diarahkan ke tengah adonan telur untuk memastikan tingkat kematangan telur.

8 dari 9 halaman

Hindari Overcooking

Karakteristik utama dalam hidangan ini adalah yang memiliki tekstur lembut saat dimasak ataupun saat disajikan. Jadi pastikan untuk tidak memasaknya dengan api besar dan durasi waktu yang lama.

Saat memasaknya terlalu lama akan membuat gyeran-jjim menghasilkan tekstur telur yang keras dan kering, sehingga akan kurang menggugah selera saat akan disajikan.

Salah satu kunci untuk menghindari hal ini adalah perhatikan durasi waktu dan penggunaan api saat memasak.  Secara umum saat memasak gyeran-jjim hanya memerlukan waktu memasak sekitar 10-15 menit saja.

Itulah beberapa tips memasak gyeran-jjim yang bisa kamu coba dirumah. Jangan lupa untuk menggunakan telur yang berkualitas hingga tambahan isian untuk telur kukus tersebut agar cita rasa semakin enak dan lezat. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar