11 Tips Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus, Anti Gagal, Super Lembut dan Cantik Banget!

Reporter : Arifina
Jumat, 17 November 2023 16:03
11 Tips Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus, Anti Gagal, Super Lembut dan Cantik Banget!
Begini trik membuat bolu gukung pandan kukus yang super lembut dan cantik merona.

Tips membuat bolu gulung pandan kukus bisa kamu jadikan acuan saat ingin membuat olahan kue sendiri di rumah. Bolu gulung kukus pandan bisa dijadikan camilan buat keluarga atau acara tertentu.

Kue bolu gulung pandan kukus merupakan salah satu kue basah yang memiliki tekstur sangat lembut dan aroma pandan yang khas. Hidangan ini dimasak dengan metode dikukus serta perpaduan rasa manis dan tekstur yang lembut, dengan warna hijau yang cantik.

Untuk menghasilkan bolu gulung pandan kukus yang sempurna ternyata perlu trik khusus lho! Yuk, simak beberapa tips membuatnya berikut!

1 dari 12 halaman

Pilih Bahan Berkualitas

Tips Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus © Diadona

Pastikan saat membuat bolu pandan gulung ini kamu memilih dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik. Terutama untuk bahan telur, tepung terigu, gula, dan santan kelapa.

Penggunaan bahan berkualitas akan menentukan hasil bolu apakah berhasil atau tidak dan apakah hasil kue bolu buatanmu tersebut layak untuk dimakan. Perhatikan juga takaran semua bahan saat mengolahnya ya, sehingga kamu mendapati hasil bolu gulung yang pas sesuai selera.

2 dari 12 halaman

Gunakan Tepung Terigu Protein Sedang

Untuk memasak bolu gulung pandan kukus ini, usahakan menggunakan terigu protein sedang. Penggunaan tepung terigu protein sedang akan menghasilkan tekstur bolu yang empuk dan lembut.

Protein dalam tepung terigu akan menghasilkan tekstur kue bolu yang ringan sehingga membantu kue agar tidak terlalu padat dan keras saat matang. Biasanya, penggunaan tepung terigu protein sedang dalam adonan bolu gulung kukus ini sekitar 150-200 gram untuk bolu berukuran standar. Pastikan untuk tidak terlalu overmixing saat mengaduk agar bolu tetap empuk.

3 dari 12 halaman

Gunakan Sari Pandan Alami

Pastikan kamu memakai pewarna alami untuk hasil bolu gulung kukus pandan ini. Warna alami tersebut bisa kamu dapatkan dari sari pandan.

Selain menghasilkan pewarnaan yang cantik pada bolu, pandan juga akan menghasilkan aroma yang menggugah selera. Cara untuk menggunakan pandan untuk pewarna alami pada bolu gulung adalah dengan memilih pandan yang bagus, lalu dihaluskan dengan sedikit air menggunakan blender.

Setelah jus pandan halus, saring jus dari ampasnya dan pakai sari alami pandan untuk pewarna nya. Jika ingin cara yang lebih simpel kamu bisa  juga menggunakan pasta pandan yang berkualitas.

4 dari 12 halaman

Pastikan Kondisi Telur dalam Suhu Ruang

Ilustrasi Telur © Diadona

Penggunaan telur dalam proses pembuatan bolu gulung ini juga harus diperhatikan. Pastikan telur saat dicampurkan dalam kondisi suhu ruang. Hal ini dapat membantu adonan bolu gulung mengembang dengan baik dan menghasilkan tekstur yang lembut.

Telur dalam suhu ruang cenderung akan lebih tercampur lebih cepat. Cara ini juga membantu adonan mempertahankan suhu yang konsisten selama proses pencampuran sehingga menghasilkan kue bolu yang lebih empuk.

Sebelum telur dimasukkan dalam adonan, sebaiknya telur dikocok terlebih dahulu hingga mengembang dan berwarna cerah. Penggunaan telur yang baik juga akan memberikan struktur dan tekstur yang baik pada bolu gulung.

5 dari 12 halaman

Gunakan Mentega atau Margarin

Bolu gulung pandan kukus ini juga memerlukan kandungan lemak. Bukan kandungan lemak hewani, melainkan kandungan lemak nabati yang terdapat dari mentega atau margarin.

Campurkan margarin atau mentega dengan bahan lainnya dalam kondisi sudah dicairkan terlebih dahulu. Cara ini mempermudah adonan saat diaduk dan hasilnya akan lebih lembut dan tercampur rata.

Umumnya, takaran yang sering digunakan sekitar 50-100 gram untuk kue bolu gulung berukuran standar. Namun, penggunaan mentega atau margarin juga dapat dipengaruhi oleh bahan lainnya, seperti jumlah takaran tepung, gula, dan jumlah telur.

6 dari 12 halaman

Pakai Santan Kelapa

Jika tidak ingin menggunakan margarin atau mentega, kamu bisa menggunakan santan kental sebagai penggantinya. Bukan untuk pengganti lemak, melainkan agar bolu gulung semakin memiliki sensasi rasa yang manis dan gurih.

Rebus santan terlebih dahulu menggunakan pandan untuk lebih meningkatkan rasa dan aroma yang lebih kuat. Dinginkan santan terlebih dahulu baru tambahkan ke dalam adonan. Tambahkan santan kelapa secara bertahap sambil adonan terus diaduk secara perlahan.

7 dari 12 halaman

Perhatikan Cara Mengaduk

Ilustrasi Bolu Gulung © Diadona

Cara mengaduk adonan bolu gulung juga harus diperhatikan agar hasilnya lembut dan memiliki tekstur yang tidak keras. Untuk menghasilkan bolu gulung yang baik, sebaiknya aduk adonan lembut saja hingga semua bahan tercampur merata.

Adonan yang diaduk terlalu keras dan lama, dapat menyebabkan kue bolu gulung menjadi lebih mengembang sehingga kue menjadi bengkok dan permukaan bolu berlubang. Jika semua bahan sudah tercampur merata dan konsistensi adonan sudah pas, hentikan pengadukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan adonan sudah tercampur merata dan kue bolu bisa menghasilkan tekstur empuk dan ringan.

8 dari 12 halaman

Lakukan Teknik Pengukusan dengan Tepat

Proses pengukusan juga akan mempengaruhi hasil kue bolu gulung pandan buatanmu lho! Karena itu, panaskan alat kukusan terlebih dahulu sebelum adonan dimasukkan.

Sambil menunggu alat kukusan panas, tuang adonan bolu ke dalam loyang persegi sekitar ¾ dari volume loyang. Hal ini agar saat bolu mengembang tidak meluber ke luar loyang. Setelah alat kukusan panas, letakkan adonan di atas kain bersih yang telah dialasi di dalam loyang.

Kemudian, kukus adonan bolu selama kurang lebih 20-30 menit atau hingga adonan bolu matang. Sesuaikan durasi waktu mengukus dan banyaknya adonan yang dikukus.

9 dari 12 halaman

Beri Isian Sesuai Selera

Setelah bolu gulung di kukus, diamkan sebentar hingga dingin. Tambahkan isian sesuai selera seperti krim atau selai. Jika kamu menambahkan krim untuk isian bolu gulung, sebaiknya gunakan buttercream.

Buttercream memiliki tekstur yang mudah untuk diaplikasikan sehingga tidak membuat bolu rusak saat hendak digulung. Buttercream juga memiliki rasa yang lezat sehingga dapat meningkatkan rasa bolu.

Selain itu kamu juga bisa memberikan isian lainnya, seperti selai nanas, selai coklat, strawberry, dan lain sebagainya.

10 dari 12 halaman

Perhatikan Cara Penggulungan Bolu

Tips Membuat Bolu Gulung Pandan Kukus © Diadona

Jika bolu yang kamu buat tidak diberi isian krim atau selai, setelah bolu di kukus sebaiknya segera lakukan penggulungan. Gulung bolu selagi masih panas ataupun hangat sehingga teksturnya masih fleksibel saat.

Sebaiknya gulung bolu bersama kain bersih yang menjadi alas saat bolu di dalam alat kukus. Kain tersebut dapat membantu bolu kukus membentuk bentuk gulungan yang baik dan sempurna. Bolu kukus pandan juga tidak akan mudah pecah atau retak saat digulung.

11 dari 12 halaman

Diamkan Sebentar

Sebelum bolu disajikan, sebaiknya simpan terlebih dahulu dalam kulkas. Hal ini bertujuan agar bolu gulung saat dipotong tidak merusak teksturnya.

Menyimpan bolu di dalam kulkas sebelum di potong, dapat membuat isian krim atau selai pada bolu lebih padat atau beku. Sehingga isian tidak meluber atau merusak tampilan bolu kukus pandan.

Jangan simpan di dalam freezer, cukup simpan bolu gulung kukus didalam kulkas bagian tengah kulkas agar tetap dingin dan padat. Sekiranya bolu gulung kukus sudah cukup dingin, potong bolu gulung sesuai selera dan sajikan.

Dengan beberapa tips membuat bolu gulung pandan kukus di atas, kamu bisa mencoba membuat kreasinya sendiri di rumah. Rasa bolu yang lezat dan gulungan bolu rapi dan cantik makin membuat camilan satu ini terasa nikmat lho!. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar