Bikin Sate Kambing Sendiri Saat Idhul Adha, Yuk Simak Tipsnya Biar Lebih Empuk dan Tidak Amis

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 30 Juli 2020 18:20
Bikin Sate Kambing Sendiri Saat Idhul Adha, Yuk Simak Tipsnya Biar Lebih Empuk dan Tidak Amis
Yuk kita simak!

Idul Adha memang identik dengan daging kurban seperti sapi dan Kambing. Cara mengolah yang paling umum adalah dengan mengolahnya menjadi sate. Namun, jika cara mengolahnya tidak benar, maka sate akan terasa alot. Selain itu, bau prengus juga akan terasa jika cara mengolah kita masih salah.

Nah, kali ini, diadona.id akan memberikan tips bagaimana memasak sate kambing supaya lebih lezat, empuk, dan tidak bau amis. Seperti apa tipsnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 6 halaman

Jangan dicuci

Mungkin hal ini sering diremehkan, padahal mencuci daging sebelum diolah akan membuat daging menjadi lebih alot dan bau tidak sedap. Kamu cukup mengelapinya dengan kain basah untuk menghilangkan sisa darah dan juga depu yang menempel pada daging.

2 dari 6 halaman

Jangan potong terlalu tebal

Teknik memotong daging merupakan salah satu cara membuat sate kambing. Usahakan untuk memotongnya tidak telalu tebal. Dengan memotongnya lebih tipis akan membuat daging matang lebih cepat dan daging menjadi lebih empuk. 

3 dari 6 halaman

Marinasi dengan nanas

Memarinasi dengan dengan parutan nanas adalah salah satu cara membuat sate kambing agar lebih empuk. Nanas mengandung bahan alami yang berfungsi sebagai pengempuk. Selain itu, kesegaran alami dari buah nanas akan menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

4 dari 6 halaman

Beri banyak bumbu

Memberikan banyak bumbu juga bisa menjadi cara membuat sate kambing agar lebih sedap dan tidak bau. Kamu bisa menggunakan bawang putih, daun jeruk dan ketumbar. Kamu juga bisa memberikan perasaan jeruk nipis agar rasa sate lebih segar dan tidak bau prengus. 

5 dari 6 halaman

Api kecil

Ketika memasaknya, pastikan tidak menggunakan api yang sangat besar. Cara membuat daging kambing dengan api kecil ini bisa menghindarkannya dari gosong karena panas yang tidak merata. Karena kematangan yang tidak merata akan membuat daging kambing lebih alot dan terasa bau amisnya.

6 dari 6 halaman

Resep Sate Kambing

Setelah menerapkan tips di atas, yuk kita simak resepnya!

Bahan:

  • 500 gram daging kambing
  • 4 buah cabai rawit
  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • kecap manis
  • jeruk nipis secukupnya

Cara memasak

1. Cara membuat sate kambing yang pertama adalah potong daging kambing seta lemaknya dengan bentuk persegi. Jangan terlalu tebal, ya!

2. Rebus cabai dengan kemiri, bawang merah, dan bawang putih sampai matang, kemudian tumbuk dengan halus.

3. Cara membuat sate kambing berikutnya adalah dengan membakar sate. Setelah setengah matang, celupkan ke dalam kecap manis. Lalu panggang lagi hingga matang.

4. Sajikan dengan kecap manis, campurkan dengan bumbu cabai, bawang putih dan lain-lain yang sudah dihaluskan tadi.

5. Lengkapi dengan irisan jeruk nipis, irisan bawang merah.

Selamat mencoba!

Beri Komentar