7 Tips Bumbu Ayam Goreng Meresap, Garing di Luar Juicy di Dalam

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 2 Juni 2023 16:17
7 Tips Bumbu Ayam Goreng Meresap, Garing di Luar Juicy di Dalam
Agar bumbu ayam goreng kamu meresap, tips diantaranya yakni mengungkep dengan api kecil, panci tertutup, marinasi ayam hingga ungkep dengan menggunakan air kelapa.

Ayam goreng adalah salah satu hidangan populer karena lezat dan mudah dibuat. Sayangnya, banyak bumbu ayam goreng yang tak meresap sempurna ke dalam daging ayam. Ayam hanya gurih di luar, namun hambar di bagian dalam.

Proses membumbui ayam goreng biasanya melalui teknik mengungkep dan marinasi. Saat diungkep, ayam dimasak dengan menggunakan bumbu yang akan meresap ke dalam daging. Sedangkan proses marinasi adalah teknik merendam daging ayam ke dalam bumbu selama beberapa waktu.

Lalu bagaimana cara mengungkep ayam dan marinasi ayam goreng untuk menghasilkan hidangan ayam goreng juicy dan penuh cita rasa? 

1 dari 8 halaman

Berapa lama mengungkep ayam agar bumbunya meresap?

Dilansir dari salah satu video resep ayam goreng pada channel YouTube milik Devina Hermawan, lama waktu mengungkep ayam agar bumbu ayam goreng meresap tergantung pada jenis ayam dan ukuran ayam yang digunakan.

Menurutnya, ayam pejantan akan menyerap bumbu ungkepan dan dagingnya akan matang dalam durasi 30-40 menit. Sedangkan jika potongan ayam lebih besar, waktu mengungkep bisa mencapai 45 menit hingga 1 jam.

Nah, untuk ayam kampung, biasanya dimasak selama 1 jam hingga 2 jam menggunakan api kecil menuju sedang. Sementara itu ayam negeri membutuhkan waktu yang lebih singkat sampai bumbunya meresap dan dagingnya empuk, yaitu kurang lebih selama 30 menit saja.

Chef Devina Hermawan juga ngasih tips nih yaitu menggunakan api kecil hingga sedang selama mengungkep ayam. Dengan demikian, proses masaknya terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Bumbu ayam ungkep jadi lebih bisa meresap dengan sempurna dan dagingnya akan lembut serta matang merata.

2 dari 8 halaman

Apakah mengungkep ayam harus dengan panci tertutup?

Tutup panci saat mengungkep ayam untuk mendapatkan daging ayam yang super empuk dan matang merata.

Mengapa demikian? Secara saintifik, proses merebus sesuatu akan menghasilkan uap, di mana ketika panci yang digunakan untuk mengungkep ayam ada dalam kondisi yang tertutup, maka uap panas yang dihasilkan tersebut akan terperangkap di dalamnya. Uap ini akan akan membantu mempercepat proses memasak hingga dagingnya empuk dan matang.

Selain itu, aroma dan cita rasanya pun akan terasa semakin kuat karena nggak bercampur dengan udara luar.

Selain kedua hal tersebut, tips agar bumbu ayam goreng meresap di antaranya :

  1. Pastikan bumbu sudah halus
  2. Tumis bumbu
  3. Marinasi ayam selama 1 jam sebelum diungkep
  4. Ungkep dengan air kelapa
  5. Ungkep dengan minyak

Simak uraiannya di artikel berikut ini!

3 dari 8 halaman

Tips Ayam Goreng Bumbu Meresap © Diadona

Pastikan Bumbu Benar-Benar Halus

Langkah penting supaya bumbu ayam goreng meresap adalah gunakan bumbu ungkep yang sudah benar-benar halus.

Kenapa demikian? FYI, ketika ayam terkena suhu panas selama proses mengungkep, pori-pori ayam akan terbuka sehingga bisa menyerap bumbu yang ingin masuk. Bumbu yang halus secara merata akan semakin mudah masuk melalui pori-pori ayam dan meresap dengan sempurna sampai ke dalam.

4 dari 8 halaman

Tips Agar Bumbu Ayam Goreng Meresap hingga ke Dalam © Diadona

Tumis Bumbu Halus

Tips supaya bumbu ayam goreng meresap selanjutnya adalah dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan. Hal ini akan menguatkan aroma bumbu halus beserta cita rasanya. Selain itu, menumis bumbu halus sebelum diungkep bersama ayam akan membuatnya lebih mudah terserap dan tahan lama.

Cukup tumis bumbu halus selama kurang lebih 5-10 menit saja sampai bumbu mengental, berminyak, dan mengeluarkan aroma yang wangi. Bumbu halus yang ditumis ini juga memperpanjang ketahanannya, jadi bisa kamu simpan untuk digunakan di lain waktu, deh!

5 dari 8 halaman

Tips Ayam Goreng Bumbu Meresap © Diadona

Marinasi 1 Jam Sebelum Diungkep

Supaya bumbu ayam goreng benar-benar meresap sempurna hingga bagian dalam, akun cookpad @khalfiap menyarankan buat marinasi ayam paling tidak 1 jam sebelum diungkep.

Cara tersebut penting dilakukan, apalagi jika menggunakan potongan ayam negeri (broiler). Sebab karakteristik daging ayam negeri yang mudah hancur dan kering apabila dimasak terlalu lama. Agar bumbu cukup meresap namun daging tak kering dan tetap juicy setelah digoreng, marinasi daging dengan bumbu. Selanjutnya, ungkep ayam dengan bumbu sampai meresap dengan sempurna.

6 dari 8 halaman

Tips Bumbu Ayam Goreng Meresap © Diadona

Ungkep dengan Air Kelapa

Seorang pemilik akun Twitter dengan username @PoetryGla**** membagikan cara supaya daging ayam menjadi mudah empuk dan terasa lebih gurih, yaitu dengan mengganti air ungkepan ayam dengan menggunakan air kelapa. Setelah diungkep, biarkan dalam wajan hingga dingin supaya kolagen-kolagennya terserap ke ayam. Kolagen ini nih bikin ayam nggak kering setelah digoreng.

Buat yang belum tahu nih, air kelapa punya banyak kegunaan dalam memasak nih. Mulai dari memberi cita rasa saat membuat tahu tempe bacem, memberi rasa manis dan gurih alami, menghilangkan bau amis, dan juga membuat daging jadi lebih empuk.

7 dari 8 halaman

Ungkep dengan Minyak

Kalau biasanya mengungkep ayam menggunakan air, maka tips yang satu ini hanya cukup menggunakan minyak saja! Mengingat ayam yang dalam kondisi direbus akan mengeluarkan air yang cukup banyak, ini akan membantu proses pengungkepan ayam sehingga dagingnya bisa empuk dan matang. Selain itu, air yang dikeluarkan pastinya akan bercampur dengan bumbu ungkepan yang bisa membuat kaldunya semakin gurih.

Caranya gampang, kok! Baluri semua bagian ayam dengan bumbu halus, kemudian masukkan 3-5 sdm minyak sayur atau minyak goreng.

Selanjutnya masak menggunakan api kecil hingga sedang sampai ayamnya berubah warna. Nah, perlu dicatat juga, Diazens, bahwa wajan yang digunakan baiknya adalah wajan anti lengket supaya dagingnya nggak gosong ketika dimasak.

8 dari 8 halaman

Resep Ayam Ungkep Bumbu Meresap

Mengetahui tips bumbu ayam ungkep tentu tak lengkap tanpa menggunakan resep yang tepat, bukan? 

Bahan :

  • 1 ekor ayam, potong beberapa bagian
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang sere, geprek
  • 2 ruas kunyit, haluskan
  • 1 sdm ketumbar
  • secukupnya garam
  • secukupnya kaldu bubuk
  • 3 butir kemiri, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 1 ruas jahe, haluskan
  • 2 ruas laos, haluskan
  • secukupnya air

Cara membuat :

  1. Tata salam, sere, ketumbar, garam, kaldu bubuk dan semua bumbu halus di dasar panci
  2. Masukkan ayam tambahkan sedikit demi sedikit air sampai menutupi semua permukaan ayam
  3. Masak dengan api kecil sampai mendidih, angkat jika air mulai menyusut dan bumbu meresap sempurna

Dengan bumbu resep ayam ungkep dan cara mengungkep yang pas maka jadilah ayam goreng dengan bumbu sampai ke tulang dan daging empuk banget. Bikin juga degan resep berikut yuk!

Bahan :

  • 2 kg ayam
  • 7 butir bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 2 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 1 jempol kunyit
  • 1 jempol jahe
  • 1 jempol lengkuas
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt micin
  • 60 ml santan
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 3 batang serai
  • daun salam
  • daun jeruk
  • secukupnya air

Cara mengeksekusi resep ayam ungkep dengan bumbu meresap tersebut ada di video berikut:

Mudah banget kan tips agar ayam goreng meresap? Yakni pastikan bumbu sudah halus, tutup panci saat mengungkep, marinasi ayam hingga gunakan air kelapa. Selamat mencoba, ya!

Editor : Dias Nailah A.

Beri Komentar