5 Tips Bikin Sambal Petis, Gurih, Lezat, Anti Amis, dan Awet Berbulan-Bulan

Reporter : Arifina
Rabu, 8 Mei 2024 10:17
5 Tips Bikin Sambal Petis, Gurih, Lezat, Anti Amis, dan Awet Berbulan-Bulan
Buat sambal petis yang gak bau amis ada triknya lho!

Tips bikin sambal petis kali ini bisa kamu jadikan acuan sebelum mulai mengolahnya. Sambal petis adalah salah satu sambal khas Indonesia yang terbuat dari petis udang, cabai, dan bumbu lainnya.

Sambal petis memiliki rasa gurih, pedas, dan sedikit manis. Biasanya, olahan sambal ini digunakan untuk pendamping makanan ataupun penambah rasa masakan seperti aneka gorengan hingga masakan lezat.

Sebut saja aneka gorengan yang dicocol dengan petis, ada juga tahu petis, rujak cingur, tahu campur, lontong balap, hingga telur bumbu petis yang lezat dan masih banyak lainnya.

1 dari 9 halaman

Tips Bikin Sambal Petis © Diadona

Petis sendiri adalah hasil olahan ikan tau udang yang dimasak kental menyerupai pasta berwarna coklat kehitaman. Warnanya yang gelap ini didapatkan dari proses pengolahannya yang menggunakan salah satu bahan gula merah.

Membuat sambal petis sebenarnya tidaklah sulit. Kamu juga hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sederhana untuk meningkatkan rasanya.

 

2 dari 9 halaman

Sayangnya, kebanyakan orang malas untuk mengolahnya karena aroma bau amis pada petis yang begitu menyengat. Padahal, dengan pengolahan yang tepat kamu bisa menjadikan sambal petis tidak bau amis dan lezat lho!

Jika pengolahannya kurang tepat, kamu tidak hanya mendapati bau amis tapi olahan sambal menjadi kurang awet untuk disimpan.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan biar sambal petis buatanmu bisa lezat, anti amis, dan awet berbulan-bulan. Simak yang berikut!

 

3 dari 9 halaman

Perhatikan Bahan yang Digunakan

Sebelum mulai memasaknya, selalu perhatikan untuk menyiapkan bahan-bahan berkualitas. Bahan yang segar akan menjadikan cita rasa dari sambal petis akan lebih nikmat.

Salah satu yang penting adalah memilih petis udang yang masih dalam kondisi baik. Ini penting agar nantinya olahan sambal yang kamu buat tidak memunculkan bau kurang sedap ya!

Bahan-Bahan:

  • 250 gram petis udang
  • 7 buah cabe awit
  • 2 buah jeruk nipis
  • 100 gram bawang putih
  • 250 ml air
  • Gula merah
  • Garam

 

4 dari 9 halaman

Goreng Bawang Putih Lebih Dahulu

Tips Bikin Sambal Petis © Diadona

Setelah menyiapkan semua bahannya dengan tepat, maka langkah berikutnya adalah mengiris-iris bawang putih. Kemudian, goreng terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke bahan-bahan lainnya.

Penggunaan bawang goreng ini akan menjadikan aroma sambal dan cita rasanya semakin lezat. Setelah itu, siapkan cobek dan masukkan bawang goreng, cabe rawit, dan garam. Haluskan dengan diulek, tapi sisakan bawang gorengnya sedikit saja.

Penggunaan cabe rawit ini bisa kamu sesuaikan dengan tingkat kepedasan kesanggupan kamu ya. Lalu, tumis bumbu halus hingga harum.

 

5 dari 9 halaman

Masak dengan Api Kecil

Sesaat setelah menumis bumbu halus, maka tambahkan air. Lalu, masak sampai benar-benar mendidih.

Setelah itu, baru masukkan petis udang yang sudah disiapkan. Aduk-aduk dan masak dengan api kecil.

Cara ini agar petis yang kamu masak bisa meluber sempurna dan tidak gosong. Sehingga, bisa menghasilkan cita rasa yang lezat. Teruskan memasak hingga adonan mengental seperti pasta.

 

6 dari 9 halaman

Beri Perasan Jeruk Nipis

Dalam proses memasak sambal petis, salah satu cara ini perlu menjadi perhatian. Tambahkan perasan air jeruk nipis dalam pengolahan sambal.

Hal ini akan menambah cita rasa sambal menjadi sedikit asam dan menyegarkan. Selain itu, penggunaan jeruk nipis juga akan meminimalisir bau amis petis yang menyengat.

Nah, dalam penambahan air perasan jeruk nipis juga turut tambahkan sisa bawang goreng utuh ya. Kemudian, aduk-aduk Kembali adonan petis hingga tercampur rata.

 

7 dari 9 halaman

Aduk Sambal Petis sampai Kadang Air Menyusut

Tips Bikin Sambal Petis © Diadona

Proses pengadukan untuk pengolahan sambal petis ini harus dilakukan dengan tepat. Inilah salah satu tantangan membuat olahan sambal berwarna coklat kehitaman ini agar menghasilkan rasa yang lezat.

Sembari mengaduk, taburi dengan bumbu-bumbu seperti garam dan gula merah. Nah, penambahan gula merah ke dalam masakan akan menjadikan sambal berwarna coklat kehitaman pekat.

Lalu, lanjutkan pengadukan hingga kadar airnya menyusut. Ini harus dilakukan untuk membuat sambal petis awet hingga berbulan-bulan dan tidak bau saat disimpan di kulkas.

 

8 dari 9 halaman

Gunakan Tepung Maizena

Bahan yang satu ini sebenarnya opsional saja. Kamu bisa menggunakan tepung maizena pada proses pengolahan sambal petis untuk membuat teksturnya lebih kental.

Kekentalan pada sambal petis ini menjadi penunjang seberapa lezatnya makanan satu ini untuk disantap dengan aneka gorengan.

Jangan lupas, setelah menambahkan tepung maizena untuk terus mengaduk sambal petis hingga mengental. Baru setelahnya, sajikan untuk cocolan gorengan atau bisa disimpan untuk dijadikan olahan masakan lezat lainnya.

Itulah tips bikin sambal petis yang bisa kamu recook di rumah. Dengan cara ini, maka kamu akan menghasilkan olahan sambal yang lezat dan anti bau amis. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar