Resep Sambel Asem, Cita Rasa Gurih, Segar, Pedasnya Nendang Abis!

Reporter : Arifina
Kamis, 25 April 2024 10:00
Resep Sambel Asem, Cita Rasa Gurih, Segar, Pedasnya Nendang Abis!
Pedasnya sambal asem ini mudah banget buatnya lho!

Ingin makan olahan pedas? Resep sambal asem satu ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat pendamping lauk makan sehari-hari.

Ya, sambal asem salah satu jenis olhan sambal yang cukup populer di Indonesia. Rasa pedas, segarnya asam, dan gurihnya nagihin abis.

Sambal asem bisa dibilang sebagai salah satu sajian menu kuliner khas Cirebon. Olahan sambal ini semakin menarik karena berisikan sayur kangkung, tauge dan timun.

 

1 dari 7 halaman

Resep Sambel Asem © Diadona

Rasa khas dari sambal asam ini didapatkadi dari perpaduan bahan sambal ditambahkan dengan asam Jawa yang menyegarkan.

Tak ayal, dengan cita rasa yang khas membuat sambal asem banyak diburu pelancong saat mengunjungi daerah Cirebon. Kamu bisa menyajikan sambal ini dengan berbagai lauk pendamping seperti ayam goreng, ikan goreng, tempe tahu goreng, sayur asem dan yang lainnya.

Kudapan pedas ini juga cocok dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk yang renyah. Sangat sederhana, tapi cita rasanya begitu menggugah selera banget deh!

 

2 dari 7 halaman

Nah, seiring perkembangannya, olahan sambal asem disajikan dengan variasi sayuran lain. Umumnya, memang sayur kangkung menjadi primadonanya, namun kini sambal asem bisa dipadukan dengan sayur ubi, dan lainnya sesuai selera.

Tak perlu jauh-jauh ke Cirebon untuk menikmati rasa pedas sambal asem ini. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Simak resepnya berikut!

3 dari 7 halaman

Resep Sambal Asem

Resep Sambel Asem © Diadona

Dinamai sambal asem karena salah satu bahan utama dari pembuatannya adalah menggunakan asam Jawa. Selain itu terdapat juga campuran terasi yang semakin membuat cita rasa semakin lezat.

Kamu bisa menggunakan aneka sayuran yang diinginkan. Namun, yang paling khas dalam olahan sambal ini menggunakan sayur kangkung dan tauge.

Bahan-Bahan:

  • 1 ikat kangkung
  • 100 gram tauge

Bahan Uleg:

  • 10 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 terasi bubuk
  • 2 sdm asam Jawa
  • 1 buah tomat
  • 1/2 sdt gula merah
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • Garam secukupnya

 

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Sambal Asem

Siapkan sayurnya terlebih dahulu. Didihkan air, beri sejumput garam lalu rebus kangkung hingga matang, tiriskan terlebih dahulu. Rebus juga tauge hingga matang, angkat, dan tiriskan.

Buat sambal: siapkan cobek, lalu masukkan cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi. Uleg hingga tercampur sempurna.

Kemudian, tambahkan gula merah, garam, kaldu bubuk, uleg kembali. Tuang air asam Jawa, aduk rata, koreksi rasa.

 

5 dari 7 halaman

Resep Sambel Asem © Diadona

Penyajian: kamu bisa menyiapkan piring atau cobek lainnya. Tata kangkung dan tauge di atasnya.

Kemudian sirami atasnya dengan sambal asem yang sudah dibuat. Siap dinikmati dengan aneka lauk makanan, kerupuk, dan nasi hangat nih!

Kamu bisa mengkreasikan olahan sambal asem ini dengan berbagai menu tambahan. Misalnya, sayur ubi sebagai pengganti sayur kangkung.

6 dari 7 halaman

Bisa juga menambahkan soun dan aneka gorengan lezat dan gurih agar semakin menggugah selera.

Sangat praktis dan mudah banget dibuatnya bukan? Itulah resep sambal asem yang bisa kamu recook di rumah sebagai pendamping masakan untuk keluarga, Selamat mencoba ya!

Beri Komentar