8 Tips Bikin Kaldu Ayam Anti Keruh, Buat Masakan Makin Lezat dan Menggugah Selera!

Reporter : Arifina
Selasa, 10 Oktober 2023 20:37
8 Tips Bikin Kaldu Ayam Anti Keruh, Buat Masakan Makin Lezat dan Menggugah Selera!
Kaldu ayam yang bening dan jernih akan menghasilkan masakan yang lezat dan nikmat. Begini cara buatnya!

Tips bikin kaldu ayam anti keruh bisa kamu coba saat hendak memasak hidangan yang berkuah untuk menmbah rasa gurih. Kaldu ayam dibuat dari bahan dasar yang dihasilkan dari proses merebus daging ayam dan ditambahi dengan berbagai bahan seperti sayuran dan rempah-rempah.

Kaldu ayam biasa digunakan untuk memasak makanan berkuah seperti sup ayam, mie ayam, soto ayam, bakso, hingga kari. Penggunaan kaldu ayam dalam masakan dapat meningkatkan rasa dan kelezatan pada hidangan.

Secara umum, cara membuat kaldu ayam sangatlah mudah dan sederhana. Namun jika memasaknya tidak tepat, akan menghasilkan air kaldu ayam yang keruh dan bau amis. Berikut ini tips bikin kaldu ayam anti keruh yang dirangkum diadona.id dari berbagai sumber, yuk simak!

1 dari 10 halaman

Gunakan Bagian Ayam Terbaik

Tips Bikin Kaldu Ayam Anti Keruh © Diadona

Saat membuat kaldu ayam, gunakanlah bagian ayam yang terbaik. Sebaiknya pilih bagian dada atau paha ayam karena bagian tersebut menghasilkan kaldu yang lebih jernih daripada bagian yang lain.

Kaldu ayam sebenarnya bisa dibuat dari bagian ayam manapun, termasuk bagian yang kurang berlemak seperti leher dan sayap. Namun sebaiknya gunakanlah bagian ayam yang terbaik agar mendapatkan hasil kaldu ayam yang terbaik pula.

Dengan menggunakan bagian ayam yang terbaik, rasa kaldu yang dihasilkan akan menjadi lebih kaya dan gurih.

2 dari 10 halaman

Cuci Bersih Bahan-Bahan

Sebelum merebus ayam untuk membuat kaldu, cuci bersih terlebih dahulu semua bahan yang akan digunakan. Mencuci bahan-bahan sebelum digunakan untuk membuat kaldu ayam merupakan langkah penting yang tidak boleh terlewatkan.

Pastikan tidak ada sisa darah dan lemak yang menempel pada ayam. Selain itu, mencuci terlebih dahulu bahan yang digunakan juga dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel sehingga dapat mengurangi risiko penularan bakteri serta kualitas dan kebersihan makanan tetap terjaga.

3 dari 10 halaman

Lakukan Blansir Terlebih Dahulu

Blansir merupakan proses merebus bahan ke dalam air mendidih selama beberapa menit kemudian didinginkan. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan residu pada bahan yang digunakan.

Sebelum membuat kaldu ayam, rebuslah bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat kaldu selama beberapa menit pada air yang mendidih hingga kotoran di dalamnya terangkat. Setelah itu, tiriskan dan dinginkan dengan air dingin atau es batu.

Blansir dapat membantu menghasilkan kaldu ayam yang lebih jernih serta dapat memperbaiki aroma dan rasa yang mungkin kurang sedap pada kaldu ayam.

4 dari 10 halaman

Buang Busa Hasil Rebusan

Tips Bikin Kaldu Ayam Anti Keruh © Diadona

Setelah bahan diblansir atau direbus untuk pertama kalinya, pasti akan menghasilkan busa pada air rebusan. Hal ini karena mungkin masih terdapat sisa kotoran.

Lakukan perebusan berulang kali agar tidak ada lagi busa yang muncul. Apabila busanya masih tetap ada setelah direbus berulang kali, segera angkat dan buang busa tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kaldu ayam yang jernih dan anti keruh. Selain itu, membuang busa hasil rebusan juga bisa membantu menjaga kualitas dan kebersihan makanan yang dibeli.

5 dari 10 halaman

Jangan Aduk Terlalu Sering

Jangan mengaduk rebusannya terlalu sering dan terlalu kasar saat proses memasak kaldu ayam. Cukup aduk secara perlahan sesekali saja dan biarkan kaldu mendidih dengan sendirinya.

Mengaduk terlalu sering dapat menyebabkan kaldu terlalu cepat mendidih sehingga terjadi overcooking. Selain itu, jika rebusan ayam diaduk terlalu sering, maka hasilnya akan menjadi semakin keruh.

6 dari 10 halaman

Tambahkan Garam Secukupnya

Garam merupakan bumbu dapur yang tidak pernah absen dari masakan khas Indonesia. Supaya kaldu ayam bisa menjadi jernih dan bening, tambahkan garam secukupnya saja.

Jangan terlalu banyak dan berlebihan ketika menambahkan garam karena dapat membuat kuah kaldu menjadi keruh. Garam memiliki sifat yang bisa mengikat protein dalam kaldu yang mengakibatkan kaldu menjadi keruh karena membentuk endapan.

Selain itu, menambahkan garam terlalu banyak juga bisa menyebabkan rasa asli dari kaldu ayam berubah. Jika dirasa kurang asin saat dimakan, tambahkan garam secara terpisah setelah selesai dimasak saja agar dapat menyesuaikan selera masing-masing.

7 dari 10 halaman

Masak dengan Api Kecil

Ilustrasi Kaldu Ayam © Diadona

Ketika membuat kaldu ayam, sebaiknya gunakanlah api kecil. Hal ini agar aroma dan sari-sari kaldu bisa keluar secara perlahan. Dengan menggunakan api kecil, suhu kaldu bisa tetap stabil dan konsisten sehingga dapat mencegah kaldu mendidih terlalu cepat.

Kaldu ayam yang mendidih terlalu cepat bisa mengganggu proses memasak dan mempengaruhi kualitas rasa kaldu. Selain itu, api kecil juga dapat membantu bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kaldu meresap dengan baik sehingga menghasilkan rasa yang kaya. 

8 dari 10 halaman

Saring Kaldu setelah Dimasak

Menyaring kaldu setelah dimasak merupakan langkah penting dalam proses pembuatan. Cara ini untuk membantu menghilangkan partikel-partikel kasar yang dapat membuat air kaldu menjadi keruh.

Menyaring kaldu dapat memperbaiki konsistensi kaldu sehingga dapat membuatnya menjadi jernih dan bening. Gunakanlah saringan halus atau kain tipis untuk menyaring kaldu setelah dimasak.

Saringlah kaldu sambil ditekan-tekan sedikit agar tidak ada sisa kaldu yang tersisa. Setelah disaring, kaldu ayam menjadi lebih bening, jernih dan tidak keruh.

9 dari 10 halaman

Nah itulah tadi sederet tips bikin kaldu ayam anti keruh. Mudah bukan?

Semoga bisa membantu kamu untuk membuat kaldu ayam yang bening, jernih, dan lezat ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar