The House of Raminten, Lapak Jamu yang Berubah Jadi Cafe Jawa Fenomenal di Jogja

Reporter : Nasa
Selasa, 15 September 2020 09:59
The House of Raminten, Lapak Jamu yang Berubah Jadi Cafe Jawa Fenomenal di Jogja
Katanya belum ke Jogja kalau belum makan di sini.

Bagi masyarakat Jogja, cafe yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Yaps, namanya adalah The House of Raminten, cafe angkringan unik yang miliki beragam daya tarik. Mulai dari interior Jawa, hingga menu-menu masakan Jawa lengkap.

The House of Raminten ini kabarnya adalah cafe yang dimiliki oleh Hamzah Sulaeman yang bermula dari sebuah usaha lapak jamu. Hamzah Sulaeman sendiri adalah sosok dibalik karakter Raminten dalam sebuah Ketoprak Humor.

Raminten adalah karakter perempuan Jawa yang pandai nembang dan juga menari. Hingga kini, sosok Hamzah Sulaeman selalu lekat dengan image karakter Raminten. Makanya cafe yang dibangunnya diberi nama The House of Raminten.

"Namanya dikasih House of Raminten, supaya orang-orang tahu, inilah rumahnya Raminten," ungkap Manager The House of Raminten, Bayu, seperti dikutip dari laman merahputih.com.

1 dari 2 halaman

Pelestarian Budaya Jawa

The House of Raminten © Diadona

Kabarnya, sosok Hamzah Sulaeman ini mulanya mendirikan The House of Raminten karena sudah pensiun. Awalnya ia mendirikan lapak jamu untuk melestarikan budaya saja. Namun kemudian dia berusaha menyulap The House of Raminten jadi semenarik mungkin.

Selain interior khas Jawa, di cafe unik tersebut juga bisa dengan mudah ditemui potret sosok Raminten lengkap dengan kebaya dan riasan wajah dan rambutnya yang khas. Meski mengusung tema tema tradisional Jawa, The House of Raminten ini cocok dikungjungi oleh beragam kalangan usia loh.

2 dari 2 halaman

Menu Nikmat dengan Harga Terjangkau

The House of Raminten © Diadona

Meski terkesan menarik dengan interior unik, The House of Raminten ini menghadirkan menu makanan Jawa lengkap dengan harga murah loh. Cafe yang dibuka sejak Desember 2008 ini menyediakan makanan dengan harga mulai dari Rp. 5.000.

Kamu bisa dapatkan menu kupat tahu, rawon, bubur ayam, ayam koteka, ayam rica-rica, nasi gudeg, sego iwet, hingga beragam jenis sate. Pokoknya kamu bakalan puas kalau makan di The House of Raminten. Jangan ngaku ke Jogja ya kalau belum ke cafe tradisional yang satu ini.

The House of Raminten ini lokasinya berada di Jalan Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pokoknya gak jauh kok kalau dari Malioboro. Kamu bisa naik ojek online kalau mau ke sana.

Beri Komentar