Beda Bentuk Beda Rasa, Ini 5 Jenis Wortel yang Perlu Kamu Ketahui!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 11 September 2020 17:20
Beda Bentuk Beda Rasa, Ini 5 Jenis Wortel yang Perlu Kamu Ketahui!
Bentuknya yang berbeda-beda membuat kegunaan dan rasanya juga berbeda antar satu jenis dengan jenis lainnya, lho.

Wortel adalah salah satu jenis umbian yang sering digunakan sebagai sayuran dan makanan lainnya. Punya warna yang merah, wortel memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang sedikit manis, sehingga makanan ini cocok untuk siapa saja.

Selain itu, teksturnya yang keras dan renyah juga cocok diolah menjadi makanan apa saja. Seperti sop, salad, dan ragam sayuran lainnya.

Ternyata, Wortel juga punya bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Bahkan, beda bentuk, beda juga lho cara masaknya. Apa aja sih jenisnya? yuk kita simak.

1 dari 6 halaman

Wortel Nantes

Wortel Nantes © Diadona

Wortel Nantes adalah wortel yang berukuran sedang. Panjangnya 15-20 cm. Wortel ini cenderung lebih tebal dengan diameter 2-5 cm. Kulitnya lebih halus dan kencang. Daging berwarna orange, berbutir halus, renyah dan berair dengan sedikit int.

Wortel Nantes ini cocok dikonsumsi mentah ataupun matang. Bahkan, wortel Nantes bisa dimakan tanpa perlu dikupas, lho.

2 dari 6 halaman

Wortel Imperator

Wortel Imperator © Diadona

Wortel Imperator ini punya bentuk yang bulat panjang, dengan ujung yang meruncing atau menyerupai kerucut. Wortel Imperator memiliki panjan sekitar 20-30 cm. Untuk rasanya memang segar, hanya saja, wortel jenis ini memang memiliki rasa yang cenderung kurang manis.

Wortel ini punya kulit yang tipis sehingga mudah dikupas. Karena kandungan gulanya yang cenderung sedikit, tekstur dari Wortel Imperator ini lebih keras.

Meskipun begitu, wortel ini sering ditemui di supermarket. Hal ini karena memang wortel imperator cocok digunakan untuk makanan apa saja. Bisa dibilang adalah wortel serbaguna karena cocok untuk berbagai macam resep.

3 dari 6 halaman

Wortel Danvers

Wortel Danvers © Diadona

Wortel Danvers ini punya bentuk yang cenderung kurus, meruncing di ujung. Warnanya oranye dengan tekstur halus. Memiliki rasa manis, wortel ini juga juga punya aroma yang lebih wangi.

Wortel ini memiliki daun dan akar lebih panjang daripada jenis lain.

4 dari 6 halaman

Wortel Chantenay

Wortel Chantenay © Diadona

Wortel Chantenay ini memang memiliki bentuk yang lebih kecil daripada wortel lainnya. Ukurannya hanya 10-12 cm. Kulitnya halus dengan warna orange cerah. Dagingnya lebih keras dan lebih berair. Wortel Chantenay memiliki rasa manis.

Wortel ini lebih cocok untuk dipanggang, direbus, atau dikukus. Bahkan wortel jenis chantenay ini juga bisa dikalengkan, diasamkan hingga dijus.

5 dari 6 halaman

Wortel Mini

Wortel Mini © Diadona

Wortel Mini lebih kecil daripada Chantenay. Panjangnya hanya 7-10 cm. Biasanya, wortel mini ini disajikan utuh dengan bagian daun yang masih terpasang.

Wortel ini punya rasa yang manis dan segar.

Beri Komentar