Sahur Pakai Mie Instan? Ini Caranya Agar Tetap Sehat Dikonsumsi

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 24 April 2020 19:20
Sahur Pakai Mie Instan? Ini Caranya Agar Tetap Sehat Dikonsumsi
Yuk simak tipsnya!

Sahur adalah bagian dari puasa yang sangat penting. Karena dari makan sahur, kita akan menahan lapar dan haus dan tetap beraktifitas hingga waktu berbuka puasa nanti. Untuk itu, makan sahur biasanya haruslah bergizi seimbang agar kita tetap punya tenaga saat berpuasa.

Banyak yang menyarankan untuk tidak makan makanan instan saat sahur. Namun, nggak ada salahnya sesekali mengonsumsi makanan instan sepertie mie instan atau makanan kalengan lainnya. Tapi, kamu harus tetap membuatnya sehat dengan nutrisi yang seimbang. Gimana caranya?

1 dari 1 halaman

Indomie Goreng © Diadona

Saat sahur, sangat disarankan untuk makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan cukupnya nutrisi tersebut bisa membantu meningkatakan daya tahan tubuh saat beraktivitas.

Dilansir dari Channel News Asia, kebanyakan orang hanya menambahkan sebutir telur ke mie instan. Nah, untuk itu, kamu bisa mencoba dengan menambahkan ayam fillet beku, dan sayur brokoli untuk dimasak. Ayam dan sayur brokoli meningkatkan protein tanpa lemak, vitamin A, seng, zat besi, dan juga folat.

Nggak hanya itu, kamu bisa juga menambahkan bahan lain seperti udang, bayam, maupun jamur kancing. Pilihan lainnya kamu bisa juga menambahkan irisan daging, jamur, tuna kalengan, edamame, wortel, ataupun minyak zaitun. Bahan-bahan ini sangat kaya akan selenium, folat, seng, kalium, folat, vitamin, dan asam lemak omega-3.

Selain itu, pilihlah mie instan dengan bumbu natrium lebih rendah. Atau kamu juga bisa memilih mie instan yang terbuat dari biji-bijian utuh. Bisa juga dengan tidak menggunakan bumbu original, namun menggantinya dengan bumbu racikan sendiri.

Meskipun begitu, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi mie instan untuk sahur setiap hari ya. Tetap sehat selama Ramadan, ya.

Beri Komentar