Resep Sop Buntut Bening yang Gampang Dibuat, Cocok Disantap saat Cuaca Dingin

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 2 Februari 2024 12:00
Resep Sop Buntut Bening yang Gampang Dibuat, Cocok Disantap saat Cuaca Dingin
Ini dia resep sop buntut bening, bikin sendiri di rumah yuk!

Resep Sop Buntut Bening adalah hidangan sup yang terbuat dari ekor sapi. Hidangan yang berasal dari Indonesia ini, sudah menjadi populer di berbagai negara Asia Tenggara.

Biasanya, sop buntut disajikan dengan kuah yang kaya rasa, dihasilkan dari proses memasak ekor sapi bersama bumbu dan rempah-rempah. Proses memasak berupa merebus ekor sapi biasanya memakan waktu cukup lama agar dagingnya lunak dan lembut. Sedangkan kuah yang kaya rasa diperoleh dari perpaduan bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, dan lada, yang ditambahkan selama proses pemasakan.

1 dari 4 halaman

Resep Sop Buntut Kuah Bening © Diadona

Secara umum, sop buntut akan disajikan dengan berbagai pelengkap, seperti nasi putih, emping melinjo, daun bawang, seledri, bawang goreng, serta jeruk nipis atau lemon. Ada pula yang menyediakan kecap manis hingga sambal sebagai cocolan untuk daging.

Cita rasa yang lezat membuat sop buntut menjadi menu favorit baik di restoran maupun di rumah. Nggak harus mendatangi restoran atau tempat makanan yang menjual hidanga ini, sebenarnya kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

2 dari 4 halaman

Resep Sop Buntut Kuah Bening

Resep Sop Buntut Kuah Bening © Diadona

Sop Buntut Kuah Bening merupakan variasi dari Sop Buntut. Jika biasanya sop buntut memiliki kuah yang lebih gelap dan kental, maka Sop Buntut Kuah Bening memiliki tampilan kuah yang lebih jernih dengan kesan yang light.

Proses memasaknya tetap dengan merebus ekor sapi hingga dagingnya empuk. Perbedaan sop buntut biasa dengan sop buntut kuah bening terletak pada bumbu dan teknik memasaknya. Berikut adalah bahan-bahan dan cara memasak Sop Buntut Kuah Bening:

Bahan-bahan:

  • 1 kg ekor sapi, potong-potong
  • Air secukupnya untuk merebus
  • 2 batang daun bawang, potong-potong
  • 2 batang seledri, potong-potong
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah wortel, potong dadu kecil
  • 2 buah kentang, potong dadu kecil
  • Sambal atau kecap manis untuk pelengkap (opsional)
  • Bawang goreng untuk taburan (opsional)

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Sop Buntut Kuah Bening

Resep Sop Buntut Kuah Bening © Diadona

Rebus ekor sapi dalam air yang cukup banyak hingga mendidih. Setelah itu, tiriskan dan cuci bersih.

Panaskan minyak sayur dalam panci besar, tumis bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan potongan ekor sapi ke dalam panci, aduk rata dan tumis sebentar.

Tuangkan air secukupnya ke dalam panci dan pastikan ekor sapi terendam. Tambahkan daun bawang, seledri, daun jeruk, serai, dan jahe.

Biarkan mendidih dan kemudian kecilkan api. Biarkan mendidih perlahan hingga daging ekor menjadi empuk. Ini bisa memakan waktu beberapa jam. Selama proses memasak, bisa muncul kotoran yang perlu dihilangkan.

Tambahkan wortel dan kentang ke dalam panci, masak hingga sayuran menjadi lunak. Kemudian, tambahkan garam dan merica secukupnya sesuai selera.

Setelah daging empuk dan sayuran matang, angkat sop buntut dari api. Sajikan sop buntut kuah bening dalam mangkuk, beri pelengkap sambal atau kecap manis jika diinginkan, dan taburi dengan bawang goreng.

4 dari 4 halaman

Nah, ternyata memasak sop buntut nggak seribet itu kan? Yuk, cobain bikin sendiri di rumah~

Untuk mempermudah proses membuatnya, kamu bisa mengintip Resep Sop Buntut Kuah Bening dari channel YouTube Eddy Siswanto berikut ini.

Beri Komentar