7 Resep Sambal Ijo Padang yang Enak dan Sederhana dengan Beragam Varian

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 12 Oktober 2022 12:43
7 Resep Sambal Ijo Padang yang Enak dan Sederhana dengan Beragam Varian
Resep sambal ijo Padang ini dijamin bikin dietmu gagal

Harus kita akuin kalau salah satu pesona yang paling memikat dari masakan Padang adalah sambal ijonya yang pedas, gurih, segar dan sedikit asam itu. Disantap dengan hidangan resto Padang yang bersantan terasa sangat pas. Penasaran nggak sih degan resep sambal lombok ijo Padang itu?

Umumnya resep sambal ijo Padang ini hampir sama dengan sambal biasanya hanya saja menggunakan lombok dan tomat ijo sebagai pengganti lombok dan tomat merah. Selain itu sambal ijo juga divariasikan dengan bahan lain misalnya pete, teri atau ayam. Bikin di rumah yuk buat santapan sehari-hari.

 

1 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Khas Padang

Resep Sambal Ijo Khas PadangResep Sambal Ijo Khas Padang © cookpad.com/Dina Syamer Syofia

Bahan :

  • 8 buah cabe hijau keriting
  • 3 buah cabe rawit hijau
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah tomat hijau besar
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • minyak untuk menumis

Cara membuat : 

  • Siapkan bahan, cuci bersih. Didihkan air, masukkan cabe hijau, rawit, bawang merah dan tomat dan rebus sebentar saja. Kamu juga bisa mengukusnya kok.
  • Ulek kasar bahan bersama garam
  • Panaskan minyak goreng, tumis cabe giling, masukkan daun jeruk. Masak sampai matang dan siap disajikan.

2 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Padang Daun Jeruk

Resep Sambal Ijo Padang dengan Daun JerukResep Sambal Ijo Padang dengan Daun Jeruk © cookpad.com/ienxaja

Daun jeruk dan juga tomat hijau yang segar adalah yang bikin resep sambal ijo Padang terasa segar.

Bahan :

  • 100 gram cabe hijau
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 buah tomat hijau ukuran sedang
  • sesuai selera cabe rawit 
  • sesuai selera garam,
  • sesuai selera gula
  • sesuai selera penyedap
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat

  • Rebus cabe hijau dan cabe rawit dengan bawang merah hingga mendidih dan empuk
  • Tiriskan, kemudian tumbuk kasar cabe dan bawang merah dengan ditambah bawang putih dan tomat hijau
  • Tumis ditambah dengan daun jeruk. Bumbui dengan gula, garam dan penyedap sesuai selera. Tumis dengan api kecil hingga benar-benar matang. Jika ingin tahan lama, tumisnya semakin lama supaya tidak cepat basi

3 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Padang Asli Enak

Resep Sambal Ijo Padang Asli EnakResep Sambal Ijo Padang Asli Enak © cookpad.com/alby alyss

Resep sambal ijo Padang ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang dan katanya sih beneran asli enak lho!

Bahan-bahan

  • 30 menit
  • 4 orang
  • 15 buah cabe keriting hijau
  • 15 buah rawit hijau
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat hijau ukuran sedang
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh

Cara Membuat

  • Bersihkan semua bahan
  • Didihkan air, rebus sebentar cabe, bawang dan tomat, angkat lalu ulek kasar
  • Tumis bahan yang sudah diulek tambahkan daun jeruk, daun, salam dan sereh, bumbui dengan garam dan penyedap, koreksi rasa, angkat dan siap dihidangkan

4 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Padang Tahan Lama

Resep Sambal Ijo Padang Tahan LamaResep Sambal Ijo Padang Tahan Lama © Instagram/@aisyah_aisari

Bikin dari resep sambal ijo Padang yang tahan lama buat stok sambal yuk atau bisa juga jadi ide jualan.

Bahan:

  • 100 gr cabai hijau keriting
  • 100 gr cabai rawit hijau
  • 3 buah tomat hijau
  • 10 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • Garam
  • Gula
  • Sedikit kaldu bubuk (optional)

Cara membuat:

  • Rebus cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat hingga matang. Angkat tiriskan.
  • Ulek kasar semua bahan yang sudah direbus lalu tumis dengan minyak.
  • Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Masak sebentar saja.
  • Angkat dan simpan dalam wadah tertutup.

5 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Padang dengan Teri Jengki

Resep Sambal Ijo Padang dengan Teri JengkiResep Sambal Ijo Padang dengan Teri Jengki © cookpad.com/Rahmi Nirmala

Teri jengki sedap banget dijadikan sebagai campuran berbagai masakan, mulai dari sambal, sambal goreng dan tumisan. Karena teri ini udah asin maka perhatikan penambahan garam pada resep sambal ijo Padang ya!

 

Bahan :

  • 10 ekor teri jengki bersihkan kotorannya/belah dua), cuci goreng sampai kering
  • 2 buah tomat ijo ukuran sedang
  • 100 gram cabe keriting hijau
  • 1 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • Minyak goreng secukupnya
  • secukupnya garam
  • secukupnya penyedap rasa
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 buah jeruk nipis

Cara Membuat

  • Panaskan air hingga mendidih, tambahkan soda kue, masukkan cabe hijau dan tomat hijau, rebus selama 2 menit.
  • Matikan api, masukkan bawang merah dan bawang putih, aduk sebentar kemudian tiriskan
  • Ulek bawang, tomat dan cabe, tambahkan garam dan penyedap, jeruk nipis.
  • Panaskan minyak goreng sampai panas, siram cabe ulek di atas cobekan.
  • Aduk-aduk dan cek rasa, campurkan teri jengki yang sudah digoreng.

6 dari 7 halaman

Resep Sambal Ijo Padang Rebus

Resep Sambal Ijo Padang RebusResep Sambal Ijo Padang Rebus © instagram.com/anan_dita/

Resep sambal ijo Padang yang bahan-bahannya direbus terlebih dulu lalu diulek dan nggak digoreng lagi katanya akan terasa lebih segar. Buktiin deh!

Bahan :

  • 10 buah cabe hijau keriting
  • 3 buah cabe hijau besar
  • 8 buah cabe rawit hijau
  • 4 buah tomat hijau
  • 4 buah bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis
  • Ikan teri goreng

Bahan :

  • Rebus semua bahan hingga lembut kecuali garam dan ikan teri. Lalu ulek semua bahan dengan garam dan masukkan ikan teri. Dan air jeruk nipis.
  • Cek rasa

7 dari 7 halaman

Resep Ayam Sambal Ijo Padang

Resep Ayam Lombok IjoResep Ayam Lombok Ijo © Youtube.com/Elisabeth Wang

Serius deh kamu harus cobain rese sambal ijo Padang dengan ayam ini karena asli enak banget! Ayam yang ada dalam resep ini nggak perlu digoreng melinkn diungkep bersama dengan sambal ijo.

Bahan-bahannya ada dalam video ya!

Beri Komentar