Resep Sagu Keju 1/2 Kg, Jajan Lebaran jadul yang Renyah di Luar dan Super Lembut di Dalam

Reporter : Arifina
Selasa, 26 Maret 2024 14:47
Resep Sagu Keju 1/2 Kg, Jajan Lebaran jadul yang Renyah di Luar dan Super Lembut di Dalam
Super nikmat dan lumer nih!

Masih bingung cari jajan Lebaran? Resep sagu keju 1/2 Kg berikut bisa jadi pilihan nih! Kue sagu keju adalah salah satu kue kering klasik yang selalu dirindukan di berbagai kesempatan.

Biasanya, kue ini juga menjadi salah satu suguhan saat momen Hari Raya Idul Fitri. Sagu keju menjadai salah satu camilan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa gurihnya dan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Hal inilah yang membuat banyak orang menjadikannya sebagai salah satu kudapan kue favorit. Kue sagu keju umumya juga akan terhidang bersamaan dengan aneka kue kering lainnya di meja tamu saat Lebaran.

 

1 dari 6 halaman

Resep Sagu Keju Spesial Premium yang Lumer di Mulut © Diadona

Misalnya, dengan kue nastar, kue kastengel, kue putri salju, chocochips, dan masih banyak lainnya. Olahan camilan yang satu ini sangat cocok disantap saat santai bersama keluarga atau teman-teman. Kamu bisa memakannya sebagai pendamping teh hangat di sore hari lho!

Nah, membuat kue sagu keju ternyata tidaklah sulit. Kamu hanya perlu bahan utama tepung sagu dan dicampurkan dengan bahan-bahan penunjang pembuat kue lainnya. Simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Sagu Keju 1/2 Kg

Persiapkan bahan yang berkualitas agar cita rasa kue sagu keju lebih nikmat. Pastikan, kamu menggunakan tepung sagu murni agar tidak gagal dalam pembuatannya ya.

Dengan resep sagu keju 1/2 Kg ini kamu setidaknya bisa mendapatkan sekitar dua toples. Yuk siapkan bahan-bahannya!

Bahan-Bahan:

  • 1/2 Kg tepung sagu
  • 3 butir kuning telur
  • 160 gram gula halus
  • 150 gram margarin
  • 100 gram salted butter
  • 165 gram keju cheddar
  • 75 ml santan kental
  • 1 lembar daun pandan ukuran besar (iris-iris)
  • Keju cheddar parut secukupnya

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sagu Keju 1/2 Kg

Resep Kue Sagu Keju 1 Kg © Diadona

Siapkan tepung sagu dan daun pandan, lalu sangrai bersamaan dengan api sedang cenderung kecil. Proses menyangrai tepung ini lakukan sekitar 10 menit atau hingga daun pandan mengering. Matikan kompor, sisihkan terlebih dahulu.

Langkah berikutnya, siapkan wadah lalu masukkan salted butter dan margarin. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

Tambahkan gula halus sambil diayak ke dalam campuran salted butter, lalu mixer lagi hingga semua bahan tercampur sempurna.

 

4 dari 6 halaman

Masukkan kuning telur satu per satu sambil adonan terus di mixer sampai semuanya tercampur. Lalu tuang santan dan keju cheddar parut, kocok sampai semuanya merata sempurna.

Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Lalu, uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket.

Siapkan plastik piping bag, beri spuit bentuk bintang atau bunga. Gunting ujung plastik, keluarkan adonan dari spuit dan bentuk sesuai selera.

 

5 dari 6 halaman

Resep Sagu Keju 1/2 Kg © Diadona

Bentukan adonan di atas loyang yang sudah diolesi sedikit margarin. Lakukan hingga semua adonan habis, dan siap dipanggang.

Panaskan oven terlebih dahulu, panggang kue di suhu 150 derajat Celcius hingga matang. Angkat, biarkan kue sagu keju dingin lalu simpan dalam toples kedap udara.

Nah, kue sagu keju siap dinikmati bersama teh hangat ataupun suguhan saat Lebaran tiba.

Sangat mudah sekali bukan cara membuatnya? Itulah resep sagu keju 1/2 Kg yang bisa kamu praktikkan di rumah. Bisa buat camilan keluarga hingga suguhan jajan Lebaran yang super nikmat deh! Selamat mencoba.

Beri Komentar