Resep Kue Kering Palm Sugar yang Enak dan Mudah Dibuat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 24 Maret 2024 08:50
Resep Kue Kering Palm Sugar yang Enak dan Mudah Dibuat
Resep kue kering palm sugar memang ramah pemula, namun enak banget dan terasa premium asalkan dibuat dengan bahan dan cara yang tepat.

Tren kue kering lebaran berganti sepanjang tahun. Untuk kamu yang sedang jualan atau membuatnya sendiri sebagai camilan, mengikuti tren kue adalah suatu keharusan. Nah, salah satu yang sempat viral beberapa waktu yang lalu dan bertahan di lebaran ini adalah resep kue kering palm sugar.

Seperti apa kue kering ini? Well, bentuknya sederhana yakni bulat seperti kue nastar. Yang membuatnya rasanya dan tampilannya baru dibandingkan kue lebaran lainnya adalah lapisan gula palem di bagian atas. Lapisan ini ngasih tampilan coklat yang dan rasa manis legit khas gula palem.

Buat kamu yang masih pemula, membuat kue kering palm sugar adalah pilihan yang tepat. Proses bikinnya super gampang tinggal bulat-bulatkan adonan sesuai ukuran yang kamu inginkan, trus gulirkan adonan di gula palem hingga seluruh permukaannya tertutup rata.

1 dari 3 halaman

Membulatkan adonan kue kering gula palem juga bisa terbilang mudah karena tak perlu mengisi bagian dalam adonan seperti membuat kue nastar. Selain itu, bagian permukannya juga tak perlu diolesi dengan kuning telur. Pastikan ukurannya sesuai ya, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Bila masih ragu dengan ukuran yang kamu buat, panggang satu buah kue kering palm sugar terlebih dahulu dan amati konsistensi adonan serta ukurannya.

 

2 dari 3 halaman

Resep Kue Kering Palm Sugar © Diadona© 2024 cookpad.com/Melda Yanti

Kalau kamu searching kue kering palm sugar di internet, kamu akan menemukan banyak banget pilihan resep. Daripada bingung, cobain aja deh resep dari akun cookpad Melda Yanti ini yang udah di-recook oleh banyak pengguna Cookpad.

Bahan :

  • 200 gram butter margarin
  • 30 gram gula halus
  • 1 buah kuning telur
  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 30 gram maizena
  • 30 gram susu bubuk full cream
  • 75 gram keju cheddar

Coating:

  • 50 gram gula palm

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kue Kering Palm Sugar :

Pertama, panaskan oven selama 15 menit dengan suhu 150°C. Memanaskan oven bisa jadi awal proses membuat kue untuk mempersingkat waktu. Jadi saat kue sudah siap dipanggang, kue sudah panas.
Mix butter margarin, gula halus, dan kuning telur kurang lebih 1 menit dengan menggunakan mixer..

Selanjutya ,asukkan keju parut, terigu, dan maizena, aduk rata dengan menggunakan spatula. Usahakan untuk tidak mengaduk adonan kue secara berlebihan ya karena bisa bikin kue kering jadi keras. Trus bulatkan adonan dalam ukuran sesuai selera.

Nah, ada tips nih untuk memastikan apakah adonan kue kering ini cukup pas sehingga kue tidak melebar setelah dioven. Caranya yakni dengan bulatkan adonan untuk membuat satu buah kue, lalu gulirkan bola-bola ke gula palem agar seluruh permukannya tertutupi.

Susun di loyang yang dialasi baking paper terlebih dahulu. Bila tak ada baking paper, kamu bisa menggantinya dengan olesan mentega. Setelah terpanggang selama beberapa menit, cek untuk melihat apakah adonan kue menjadi lembek karena terkena panas.

Bila lembek, maka tandanya adonan kurang komposisi tepung. Namun kalau adonan sudah pas, lanjutkan membulat-bulatkan adonan hingga habis.
Setelah adonan dibulatkan, masukkan ke dalam wadah berisi gula palm, gulirkan bola-bola adonan sampai seluruh permukaannya tertutup dengan gula palm.

Trus lanjut panggang kue kering gula palem di oven selama 30 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Karena warnanya gula palem yang coklat, pastikan kue kering ini dioven hingga tingkat kematangan yang pas ya!

Setelah matang, dinginkan, lalu simpan di toples tertutup. Bila disimpan dengan benar, kue kering bisa tahan hingga berbulan-bulan lho!

Beri Komentar