Resep Nasi Goreng Enak ala Rumahan yang Gampang Dibuat dan Pasti Pas!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 10 Mei 2022 18:54
Resep Nasi Goreng Enak ala Rumahan yang Gampang Dibuat dan Pasti Pas!
Bikin salah satu resep nasi goreng enak berikut dan dijamin kamu pasti ketagihan

Karena gampang dibuat dan dari bahan-bahan yang sederhana, setiap rumah pasti punya resep nasi goreng enak andalan masing-masing. Tapi wajar sih kadang emang kita pengen mencoba resep baru atau ingin upgrade skill memasak nasi goreng jadi lebih mantap disajikan untuk keluarga.

Ada resep nasi goreng enak Jawa, nasi goreng ala resti Chinnese dengan bumbu dan saus oriental atau nasi goreng yang super sederhana dengan bumbu yang pasti kamu punya. Cobain deh!

1 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Enak Sederhana

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © Jie Wang on Unsplash

Resep nasi goreng enak berikut ini dijamin gurih dan enak banget!

Bahan:

  • 600 gram nasi
  • 1 butir telur ayam
  • daging ayam
  • sosis ayam
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • kecap ikan secukupnya
  • merica secukupnya
  • daun bawang

Cara memasak:

  • Tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan telur lalu orak-arik.
  • Kemudian tambahkan ayam yang telah dicincang halus dan sosis. Masukkan daun bawang. Tumis lagi.
  • Masukkan nasi lalu aduk hingga rata. Tambahkan garam, merica, kecap ikan, dan penyedap rasa. Aduk rata sampai aroma sedap atau harum tercium.
  • Pindahkan nasi goreng putih pada piring. Taburi bawang merah goreng sebagai tambahan.

2 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Terasi

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © sovifooddiary

Campuran terasi dalam bumbu nasi goreng dana resep nasi goreng berikut ini bikin rasa makanan jadi gurih dengan warna coklat yang menarik.

Bahan:

  • 750 gram nasi putih
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 batang daun bawang, potong-potong
  • 3 sdm minyak goreng
  • Garam secukupnya sesuai selera

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 7 buah cabai merah
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 2 sdt terasi
  • 2 buah kemiri sangrai

Bahan pelengkap:

  • 1 buah mentimun, potong bulat
  • 1 batang seledri, iris tipis
  • 2 butir telur, buat menjadi telur dadar
  • 1 buah tomat merah, potong bulat

Cara memasak:

  • Tumis bumbu halus dan daun bawang sambil terus diaduk hingga matang. Untuk tingkat kepedasan bisa disesuaikan selera.
  • Tambahkan nasi dan kecap manis, lalu aduk rata.
  • Tambahkan garam secukupnya, aduk, dan masak hingga bumbu meresap.

3 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Enak ala Hongkong

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © ekitchen

Untuk kamu yang nggak suka nasi goreng dengan cita rasa manis karena keberadaan kecap dan prefer tampilan nasi goreng putih, kayaknya respe nasi goreng enak ala Hongkong dari ekitchen ini harus kamu coba deh.

Bahan :

  • 4 porsi nasi putih
  • 1/3 batang jagung, pipil
  • 3 batang wortel kecil, potong kotak 1/2 cm
  • secukupnya air untuk merebus
  • 1 batang daun bawang, potong
  • 2 sendok makan margarine
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang putih, haluskan

Bumbu-bumbu :

  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica
  • secukupnya kaldu jamur
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :

  • Rebus wortel dan jagung di air mendidih
  • Masukan margarine ke wajan, lalu tumis bawang putih yg sudah dihaluskan. Tumis hingga harum dengan api kecil agar tidak gosong
  • Masukan telur lalu orak arik. Masukan wortel dan jagung yang tadi direbus lalu aduk rata.
  • Tambahkan nasi dan bahan lain serta daun bawang. Koreksi rasa dan sajikan.

4 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Enak ala Resto Chinnese Food

 

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © shutterstock.com

Yang spesial dari resep nasi goreng enak ini adalah penggunaan bumbu seperti kecap asin, saus tiram hingga minyak wijen untuk membangkitkan rasanya yang gurih dan khas.

Bahan :

  • 2 piring nasi putih
  • 2 siung bawang putih, dicincang
  • ½ buah bawang bombay, dicincang
  • 150g udang kecil, dikupas dan diiris kasar
  • 1 sendok makan ebi, direndam dan dihaluskan
  • 1 batang daun bawang
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kaldu jamur
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam secukupnya
  • 2 butir telur, dikocok
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil
  • Minyak sayur
  • Minyak wijen

Cara membuat :

  • Panaskan minyak dan 1 sendok teh minyak wijen untuk menumis. Masukkan bawang putih, dan bawang bombay. Tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Masukkan potongan udang dan ebi, kemudian aduk-aduk hingga warnanya berubah.
  • Masukkan nasi dan tambahkan kecap asin, kaldu jamur, saus tiram, dan garam. Aduk-aduk hingga merata. Usahakan aduk dengan cepat diatas api panas.
  • Tuangkan telur yang sudah dikocok diatas nasi, aduk-aduk hingga telur seperti menyatu dengan nasi.
  • Tambahkan daun bawang, aduk-aduk.

5 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Enak ala Anak Kos

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © pexels.com/Djoan

Meskipun saat ini sudah tersedia bumbu instan nasi goreng, tapi mungkin kamu ingin menjajal nasi goreng dari bumbu yang kamu miliki. Yah walaupun mungkin terbatas juga dari sisi peralatan buat kamu anak kosan.

Cuman pake bawang putih doang nih, cobain resep nasi goreng enak ini yuk!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 piring penuh nasi putih
  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel ukuran sedang/kecil
  • 2 lembar daun kol
  • 2 siung bawang putih
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng
  • 1 sachet Boncabe (opsional)

Cara membuat :

  • Cuci bersih bawang putih, wortel dan kubis, kemudian wortel dipotong dadu dan kubis diiris sesuai selera. Iris tipis bawang putih.
  • Panaskan minyak, kemudian pecahkan telur dan orak arik. Angkat dan sisihkan.
  • Kemudian tumis bawang putih, setelah aroma wangi tercium tambahkan wortel dan aduk aduk. Kemudian tambahkan kubis yang sudah diiris dan aduk aduk hingga merata.
  • Tambahkan nasi dan aduk aduk hingga merata. Kemudian tambahkan garam, kecap, boncabe, dan penyedap rasa secukupnya. Aduk aduk lagi hingga semua bumbu sudah merata.
  • Nasi goreng sederhana ala anak kos siap dihidangkan!

 

6 dari 6 halaman

Resep Nasi Goreng Enak Pakai Rice Cooker

 

Resep Nasi Goreng EnakResep Nasi Goreng Enak © takedahrs from Pixabay

Nggak ada wajan atau sedang kehabisan gas untuk memasak di kompor? Resep nasi goreng enak dengan rice cooker ini akan menyelamatkanmu!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 2 cup beras
  • 1 sachet bumbu nasi goreng instan
  • Garam secukupnya
  • Sosis/bakso/daging menyesuaikan selera

Cara membuat

  • Cuci beras hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam rice cooker, tuangkan air secukupnya dan tekan tombol cook. Tunggu hingga keluar asap dalam keadaan mendekati matang.
  • Tambahkan bumbu nasi goreng instan, garam secukupnya, dan aduk hingga merata.
  • Kemudian masukkan bahan tambahan seperti sosis atau bakso atau daging yang sudah diiris sesuai selera. Aduk kembali.
  • Tunggu hingga matang dan diamkan selama beberapa menit.
  • Nasi goreng sederhana ala rice cooker siap dihidangkan!

Resep nasi goreng enak terbilang mudah dan sederhana kan? Cobain deh, dijamin nggak akan nyesel. Kepoin resep nasi goreng lainnya di laman berikut ini yuk. 

Penulis : Firda Zalfa

Beri Komentar