Resep Kue Pia Kering, Gurih, Legit dan Ngeprul Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 5 Maret 2024 19:07
Resep Kue Pia Kering, Gurih, Legit dan Ngeprul Banget!
Rasa legit dan prul dari pia kering menggugah selera banget lho!

Resep kue pia kering salah satu olahan camilan tradisional khas Yogyakarta yang menggugah selara. Pia kering terbuat dari kulit pastry renyah dengan beragam isian lezat.

Beberapa variasi isian pia kering adalah, kacang hijau manis, coklat, strawberry, keju, kacang merah dan masih banyak lainnya. Variasi rasa ini membuat kue pia kering semakin menambah cita rasanya semakin lezat.

1 dari 7 halaman

Resep Kue Pia Kering © Diadona

Tak ayal, kebanyakan orang yang melancong ke Yogyakarta akan selalu membawa pulang oleh-oleh pia kering. Apalagi, pia kering memiliki cita rasa yang lexat dengan teksturnya yang unik.

Terbuat dari bahan-bahan sederhana namun penuh dengan kelezatan, kue ini sering menjadi pilihan untuk dihidangkan dalam berbagai acara. di antaranya untuk acara Lebaran, perayaan Tahun Baru Imlek, atau sebagai cemilan sehari0hari di waktu senggang.

Ingin menikmati sajian kue pia kering tak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta nih! Kalian juga bisa lho membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Pia Kering

Bahan-bahan untuk membuat pia kering sangat mudah dijumpai di pasaran lho!  Dengan membuat sendiri, kamu bisa dengan bebas menentukan variasi rasa isian pia kering sesuai selera nih!

Bahan Kulit A:

  • 130 gram tepung terigu protein sedang
  • 70 gram tepung protein tinggi
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml air
  • 50 ml minyak goreng (untuk adonan)
  • 150 ml minyak goreng (untuk rendaman adonan)

Bahan Kulit B:

  • 70 gram tepung protein sedang
  • 25 ml minyak goreng
  • 1/2 sdm margarin

Bahan Pelengkap dan Olesan:

  • Pasta coklat
  • Kacang hijau halus
  • 1 butir kuning telur
  • Wijen hitam

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Pia Kering

Resep Kue Pia Kering © Diadona

Siapkan semua bahan-bahan, lalu mulai dengan pencampuran untuk bahan kulit A. Mulailah dengan memanaskan air, lalu larutkan gula pasir, matikan api.

Siapkan wadah, campurkan tepung terigu protein sedang dan tinggi, garam, air gula, dan 50 ml minyak goreng. Aduk-aduk rata semua bahan kulit A dan uleni hingga kalis. Kemudian, bulatkan adonan A menjadi 20 bagian, sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, buat adonan untuk kulit B. Campurkan semua bahan, tepung terigu protein sedang. margarin dan 15 ml Minyak goreng.

 

4 dari 7 halaman

Aduk rata semua bahan kulit A, uleni juga hingga kaslis. Bulatkan juga adonan menjadi 20 bagian.

Selanjutnya, buat adonan kulit lanjutannya dengan menggabungkan adonan kulit A dan B. Ambil 1 bagian adonan kulit A, bulatkan dan pipihkan.

Kemudian timpa adonan kulit A dengan 1 bagian adonan kulit B, pipihkan kembali. Lalu, lipat adonan seperti amplop dan bulatkan kembali.

5 dari 7 halaman

Resep Kue Pia Kering © Diadona

Ulangi langkah pembuatan kulit pia hingga semua adonan kulit A dan B habis. Setelah itu, rendam semua adonan dalam 150 ml minyak goreng selama 15 menit, tiriskan.

Tahapan pembuatan pia, ambil satu per satu adonan, lalu pipihkan. Beri isian pia dengan pasta coklat, kacang hijau, ataupun isian lainnya seperti keju, strawberry sesuaikan saja dengan selera.

Kemudian bentuk adonan yang sudah diberi isian menjadi bulat dan sedikit pipih. Tata adonan pia di atas loyang, lakukan hingga adonan habis.

6 dari 7 halaman

Panggan pia di suhu 180°C, lakukan proses ini selama 30 menit hingga matang. Keluarkan dari pemanggangan.

Pia kering sudah siap dinikmati dengan pendamping teh hangat, kopi, atau susu nih!

Meski memakan waktu, tapi pembuatannya tidak begitu sulit bukan? Itulah resep kue pia kering yang bisa dijadikan kudapan lezat buat keluarga. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar