Resep Biji Ketapang 250 Gram, Renyah, Gurih, Manisnya Nendang Abis Cocok Buat Suguhan Jajanan Lebaran Nih!

Reporter : Arifina
Rabu, 13 Maret 2024 10:00
Resep Biji Ketapang 250 Gram, Renyah, Gurih, Manisnya Nendang Abis Cocok Buat Suguhan Jajanan Lebaran Nih!
Sudah pernah coba belum? Bisa dijadikan suguhan jajanan Lebaran lho!

Resep biji ketapang 250 gram salah satu olahan camilan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Camilan jadul Indonesia ini memiliki cita rasa yang renyah, manis, dan gurih.

Tak ayal banyak masyarakat menyukai biji ketapang untuk camilan sehari-hari. Selain itu, bentuknya yang cukup lucu membuatnya juga cocok untuk sajian saat Lebaran tiba.

Biji ketapang terbuat dari bahan dasar adonan tepung dengan berbagai bahan tambahan lainnya. Kerenyahannya ketika digigit membuat sensasi menyenangkan saat menyantapnya.

1 dari 7 halaman

Resep Biji Ketapang 250 Gram © Diadona

Nah, jika kamu tertarik untuk membuat suguhan jajanan Lebaran, resep biji ketapang 500 gram berikut ini bisa untuk dijadikan referensi lho! Dengan menggunakan bahna utama 500 gram terigu, kamu sudah bisa menghasilkan banyak biji ketapang untuk toples andalanmu.

Cara membuat biji ketapang tidaklah ribet, bahkan kamu tidak memerlukan banyak bahan lho! Tekstur renyah yang berpadu dengan rasa gurih dan manis pada kudapan ringan ini dihasilkan karena proses penggorengannya yang tepat. Yuk, simak resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Biji Ketapang 500 Gram

Untuk menghasilkan cita rasa gurih, manis dan renyah sempurna pastikan selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas baik ya. Selain tepung terigu, kamu juga perlu menambah bahan masakan seperti bumbu-bumbu penyedap dan yang lainnya.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 150 gram margarin
  • 200 gram kelapa (diparut)
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng
  • 1 sdt vanili bubuk

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Biji Ketapang 250 Gram

Resep Biji Ketapang 250 Gram © Diadona

Persiapkan wadah, lalu mulai campurkan gula pasir, telur garam dan vanili bubuk. Aduk hingga semuanya tercampur rata, sisihkan.

Di wadah lain, campurkan tepung terigu dan kelapa yang sudah diparut Aduk-aduk terlebih dahulu, kemudian tuangkan ke campuran adonan gula pasir dan telur.

Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur dengan rata. Tambahkan juga margarin, aduk kembali dan uleni adonan sampai kalis dan terasa tidak lengket.

 

4 dari 7 halaman

Bentuk adonan biji ketapang: ambil sedikit adonan, bentuk panjang dengan tangan. Lalu, potong-potong kecil menggunakan piasu atau digunting.

Sesuaikan saja ukuran biji ketapang yang dibuat sesyai selera ya. Selanjutnya, letakkan adonan yang sudah dibentuk dalam wadah lain.

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Kemudian, masukkan adonan biji ketapang yang sudah dibentuj ke dalamnya.

Goreng biji ketapang hingga matang, pastikan warnanya kuning kecoklatan. Bolak-balik saat menggorengnya agar adonan tidak gorong, angkat dan tiriskan.

 

5 dari 7 halaman

Resep biji ketapang tanpa kelapa parut © Diadona

Lakukan proses menggoreng sampai adonan biji ketapang habis. Kemudian, diamkan sejenak dan dinginkan sampai uap panasnya menghilang, baru masukkan ke dalam toples kedap udara.

Kue biji ketapang siap dinikmati dan disuguhkan untuk momen Lebaran nanti deh! Kamu bisa menambha variasi rasa lain untuk membuat olahan camilan satu ini lho!

Misalnya, menambahkan bubuk coklat ke dalam adonan untuk variasi biji ketapang rasa coklat. Bisa juga menambahkan kismis atau kacang dalam adonan untuk menambah variasi rasa lain yang lebih lezat tentunya.

 

6 dari 7 halaman

Tips Memasak Biji Ketapang Renyah Sempurna

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar rasa renyah biji ketapang benar-benar terasa sempurna. Di antaranya sebagai berikut:

  • Gunakan tepung terigu protein sedang untuk hasil yang renyah.
  • Pastikan margarin dalam keadaan dingin sebelum dicampurkan ke dalam adonan.
  • Pastikan adonan kalis, yakni adonan yang tidak lengket di tangan dan mudah dibentuk.
  • Goreng biji ketapang dengan api sedang agar matang merata.
  • Simpan di wadah kedap udara.

Bagaimana? Mudah sekali ya membuatnya? Itulah resep biji ketapang 250 gram yang bisa kamu recook di rumah untuk variasi suguhan di hari Lebaran nanti. Selamat mencoba!

Beri Komentar