Resep Cara Membuat Pancake Durian dengan Kulit Tipis, Lembut, dan Sederhana Khas Medan

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 24 Januari 2020 22:13
Resep Cara Membuat Pancake Durian dengan Kulit Tipis, Lembut, dan Sederhana Khas Medan
Bagi kamu penggemar setia olahan durian, pancake ini sangat cocok untuk kamu coba buat di rumah. Simak resep cara membuat pancake durian di bawah ini!

Siapa sih yang nggak suka dengan olahan pancake durian? Yap, bagi kamu yang menyukai buah durian, pancake durian harus dan wajib kamu coba sebagai salah satu list menu lezatmu. Pancake durian secara umum dimakan sebagai pencuci mulut setelah makan masakan besar. Tetapi, jika kamu ingin mencicipinya sebagai camilan juga nikmat kok.

Pancake durian sendiri merupakan camilan yang dibuat dengan kulit pancake tipis dengan warna tertentu dan diisi dengan vla serta buah durian lembut dengan aromanya yang khas. Kamu tentunya juga bisa membuat olahan ini di rumah. Yuk langsung saja simak resep cara membuat pancake durian yang kini kian nge-hits di kalangan remaja dan pecinta kuliner berikut. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kulit Pancake Durian Lembut

Ilustrasi Pancake Durian © Diadona

Pancake durian merupakan menu camilan nikmat dengan kulit pancake yang tipis dan lembut. Yuk simak resep cara membuat pancake durian kulit tipis berikut ini.

Bahan:
Bahan kulit pancake:

- 250 gram tepung terigu
- 2 sdm gula pasir
- 2 butir telur ayam
- 500 ml air
- Susu kental manis secukupnya
- Garam sejumput
- Perwarna makanan(hijau/kuning)

Bahan isian:

- Durian
- Whipped cream merk Haan

  1. Cara membuat pancake durian kulit lembut:

    Siapkan bahan dan wadah untuk membuat kulit pancake. Mixer bahan air, telur, gula pasir, susu kental manis dan sejumput garam hingga putih mengembang. Tambahkan pewarna sesuai sesuai selera. Setelah itu, masukkan tepung terigu. Dan saring adonan.
  2. Panaskan teflon, olesi teflon dengan mentega agar kulit tidak lengket saat diangkat. Tuang adonan ke atas teflon. Goyangkan teflon hingga adonan merata diatas teflon. Api jangan terlalu panas ya.
  3. Buat isian dengan lepaskan buah durian dari bijinya kemudian blender setengah halus. Mixer whipped cream menggunakan air es dan beri susu kental manis. Mix hingga kaku.
  4. Campur daging buah durian dengan whipped cream tadi. Setelah satu persatu kulit pancake selesai, isi dengan isiannya tadi dan simpan di kulkas dan siap untuk disantap.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Pancake Durian Medan

Ilustrasi Pancake Durian © Diadona

Camilan pencuci mulut ini merupakan olahan khas daerah Medan yang disukai banyak penikmat kuliner olahan durian. Simak saja langsung cara membuat pancake durian Medan berikut ini.

Bahan kulit pancake:

- 2 butir telur
- 250 ml susu segar
- 125 gram tepung terigu
- 20 gram mentega
- 3 ml pasta pandan

Isi pancake durian:

- Buah durian
- Whipping cream secukupnya
- 1 sdm gula halus

Cara membuat pancake durian Medan:

  1. Campur bahan telur, susu, terigu dan aduk hingga rata. Tambahkan mentega dan pasta pandan dan aduk kembali. Selanjutnya, saring adonan agar tidak menggumpal.
  2. Panaskan panci dengan sedikit mentega. Tuang 1 sendok makan adonan kulit pancake, lalu ratakan ke seluruh dan masak sampai matang.
  3. Kocok whipping cream, dan gula halus sampai kaku. Tata daging durian tanpa biji dan whipped cream di atas pancake. Lipat pancake hingga rapi. Dinginkan dan pancake siap disajikan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kulit Pancake Durian Tipis

Ilustrasi Pancake Durian © Diadona

Kulit lembut dan tipis dari pancake durian dengan isian vla serta khas durian akan semakin nempol di lidah. Yap kamu tentunya pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk simak saja resep cara membuat pancake durian di bawah ini.

Bahan:

- 125 gram tepung terigu
- 20 gram tepung maizena
- 1 butir telur
- 50 gram susu bubuk putih cairkan dengan 300 ml air
- 3 sdm margarin cair
- 1,5 sdm gula halus
- Pewarna makanan sesuai selera
- Garam sejumput

Cara membuat pancake durian kulit tipis:

Ayak semua bahan kering. Masukkan telur dan susu pelan-pelan sambil diaduk rata. Pastikan adonan tidak menggumpal. Saring adonan. Tambahkan 3 sdm mentega cair dan aduk sampai adonan licin. Tuangkan adonan pada teflon yang sudah dipanaskan. Masak sampai matang, angkat dan kulit pancake siap digunakan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Pancake Durian Sederhana

Ilustrasi Pancake Durian © Diadona

Cara membuat pancake durian ini cukup sederhana kok. Kamu hanya membutuhkan adonan kulit yang dimasak di atas teflon dan diisi dengan isian durian halus lalu dilipat dan didinginkan di kulkas. Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 2 butir telur
- 250 susu segar
- 125 gram tepung trigu
- 20 gram mentega
- 3 ml pasta pandan

Bahan isi pancake:

- Buah durian
- Whipped cream
- Gula halus

Cara membuat pancake durian sederhana:

  1. Campurkan bahan susu, tepung terigu, telur dan aduk hingga merata. Tambahkan mentega dan pasta pandan, kemudian aduk hingga merata. Saring adonan agar tidak menggumpal.
  2. Tuang satu sendok makan ke wajan anti lengket yang sudah di panaskan. Ratakan adonan hingga terlihat tipis. Diamkan hingga matang kemudian angkat.
  3. Kocok whipped cream dan gula halus sampai kaku. Siapkan kulit pancake, kemudian letakkan 1/2 sendok makan whipped cream dan durian di atasnya. Lipat hingga rapi dan sajikan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kue Pancake Durian

Ilustrasi Pancake Durian © Diadona

Jika membahas tentang kelezatan olahan durian tidak akan ada habisnya. Yap, seperti halnya olahan lezat pancace durian ini. Simak langsung resep cara membuat pancake durian di bawah ini.

Bahan:
Bahan filling:

- Buah durian dengan banyaknya sesuai selera
- 100 gram bubuk whipped cream
- 200 ml air es

Bahan kulit:

- 150 gram tepung terigu
- 2 buah telur
- 250 ml susu cair fullcream
- Garam sejumput
- 2 tetes vanila essence
- Pewarna makanan

Cara membuat kue pancake durian:

  1. Pisahkan buah durian dari bijinya, kemudian haluskan dengan garpu. Kocok whipped cream bubuk dengan air es hingga kaku dan mengembang.
  2. Campurkan whipped cream yang sudah jadi dengan daging buah durian, sisihkan dan simpan dalam kulkas. Campur semua bahan kulit, aduk sampai benar-benar semua larut kemudian saring.
  3. Beri pewarna sesuai selera. Masak di atas teflon dengan api sangat kecil. Isi kulit yang sudah dingin, dengan filling, dan simpan dalam freezer hingga kepadatan atau kebekuan sesuai selera. Pancake siap disajikan.

Itulah beberapa resep cara membuat pancake durian yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Bagaimana pengalaman memakan olahan durian kamu selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar