Resep Bread Butter Pudding, Dessert Super Lembut dan Lumer yang Memanjakan Lidah

Reporter : Arifina
Senin, 6 Mei 2024 18:37
Resep Bread Butter Pudding, Dessert Super Lembut dan Lumer yang Memanjakan Lidah
Kelembutan dan lumernya kue di setiap gigitannya nagihin banget!

Resep bread butter pudding atau pudding roti tawar menjadi pilihan yang tepat untuk olahan dessert super lezat. Makanan berbahan dasar roti ini berasal dari Inggris dan banyak difavoritkan.

Bread butter pudding menjadi salah satu olahan dessert yang super lembut dan lumer di mulut. Siapa saja yang menikmatinya akan bisa tergoda dengan rasanya yang lezat ini.

Perpaduan roti tawar yang lembut dengan custard manis dan gurih, menghasilkan sensasi rasa yang kaya dan tekstur yang memanjakan lidah. Banyak negara-negara di luar yang menjadikan bread butter pudding ini sebagai salah satu camilan favorit lho!

 

1 dari 6 halaman

Resep Bread Butter Pudding © Diadona

Sebut saja, negara Argentina, Brazil, Amerika, Inggris, Mexico, dan masih banyak lagi. Dessert satu ini sudah banyak ditemui di toko-toko kue di Indonesia.

Bread butter pudding umunya dihidangkan dengan taburan kayu manis penambah aroma dan rasa. Namun, kini banyak juga variasi topping yang menarik.

Mulai dari kismis, kayu manis bubuk, gula halus, glaze, vla vanilla, vla coklat, aneka buah yang menyegarkan dan masih banyak lainnya. Cara menikmati sajian dessert lezat satu ini bisa dengan segelas teh atau kopi hangat lho!

Berbeda dengan pembuatan pudding pada umumnya yang harus didinginkan di kulkas, kue yang satu ternyata memerlukan pemanggangan dalam mengolahnya. Langsung saja simak resepnya berikut yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Bread Butter Pudding

Cita rasa lembut yang dihasilkan dari bread butter pudding ini berasal dari bahan utama roti tawar. Kemudian, direndam dengan adonan custard dan dipanggang.

Rasa manis, asam dan aroma kayu manisnya menggugah selera banget lho! Pembuatan olahan pudding ini cukup mudah, namun butuh waktu sedikit lebih lama untuk hasil yang optimal.

Bahan-Bahan:

  • 5 lembar roti tawar
  • 50 gram butter (lelehkan)
  • 3 butir telur
  • 350 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt vanilla
  • 50 gram kismis
  • Keju cheddar
  • Kenari
  • Gula palem sisir halus
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Bread Butter Pudding

Resep Bread Butter Pudding © Diadona

Siapkan loyang atau pinggan anti panas, olesi tipis dengan margarin. Sisihkan terlebih dahulu.

Langkah berikutnya, mulai campurkan susu cair, telur, gula pasir, vanilla dan butter yang sudah dilelehkan. Aduk-aduk menggunakan whisk sampai adonan tercampur merata.

Potong-potong roti tawar sesuai selera. Lalu, tata di atas pinggan dan beri taburan kismis di atasnya.

 

4 dari 6 halaman

Selanjutnya, siram roti dengan campuran susu atau adonan custard. Biarkan hingga meresep sebentar. Tambahkan parutan keju dan taburan kenari slice di atasnya agar semakin cantik.

Panaskan oven di suhu 170 derajat celcius. Lalu, panggang roti selama 35 menit sampai matang. Keluarkan dari oven, beri taburan gula palem dan bubuk kayu manis. Oven Kembali selama 20 menit saja, lalu angkat.

Nah, bread butter pudding siap disajikan selagi hangat. Selain beberapa topping di atas, kamu juga bisa mengkreasikan aneka topping lainnya.

 

5 dari 6 halaman

Resep Bread Butter Pudding © Diadona

Misalnya, kamu bisa menambahkan aneka buah untuk rasa kue yang lebih segar. Glaze aneka rasa seperti, coklat, vanilla, strawberry, dan lainnya juga cocok untuk sajian pudding kue satu ini lho!

Beri taburan chococips, kacang-kacangan, hingga ice cream juga bakal menambah cita rasanya semakin lezat abis! Sesuaikan saja dengan selera kamu ya!

Sangat mudah bukan membuatnya? Itulah resep bread butter pudiing yang bisa kamu recook di rumah. Hidangan ini cocok untuk pengganti sarapan, camilan, atapun dessert. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar