Resep Bolu Pisang Panggang Ny. Liem, Lembut dan Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 November 2023 07:00
Resep Bolu Pisang Panggang Ny. Liem, Lembut dan Anti Gagal
Resep bolu pisang panggang ny. Liem ini bahkan cocok untuk kamu yang baru belajar bikin kue.

Resep bolu pisang panggang dari Ny Liem ini cocok banget untuk mengolah pisang yang sudah terlalu matang. Pisang tersebut punya cita rasa manis alami yang enak banget, punya tekstur yang lembut namun penampilan yang tak menarik.

Nah, ide bagus nih bila dibuat camilan sederhana dan juga enak. Dijamin deh pisang yang tak tersentuh sekian lama, akan ludes sekejab saja.

Cake pisang memiliki rasa dan wangi khas pisang banget. Teksturnya lembut dengan warna yang cantik. Pemula pun pasti bisa membuat bolu pisang pangang dengan mudah karena langkah pembuatan yang sederhana dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

Bikin dari resep Ny Liem yuk! Sosoknya terkenal banget di bidang baking. Dikutip dari laman Ayo Bandung, beliau sudah dipercaya oleh teman-temannaya membuka kursus kue sejak tahun 1971. Jadi tentu saja, resep bolu pisang panggang dari Ny Liem nggak boleh kita lewatkan begitu saja.

1 dari 2 halaman

Resep Bolu Pisang Panggang Ny. Liem © Diadona

Bahan A :

  • 200 gram pisang raja yang sudah matang
  • 3 butir telur atau 80 gram
  • 244 gram gula pasir
  • 1 gram garam
  • 1.5 gram vanilla cream
  • 1 gram garam

Bahan B :

  • 175 gram mentega Wijsman

Bahan C :

  • 245 gram terigu/ tepung terigu protein sedang
  • 3 gram baking powder
  • 3 gram baking soda, aduk ketiga bahan, lalu ayak

Bahan D :

  • 4 gram essence pisang ambon
  • 22.5 gram susu evaporasi

2 dari 2 halaman

Resep Bolu Pisang Panggang Ny. Liem © Diadona

Pertama-tama, panaskan oven. Ini merupakan langkah awal dalam setiap pembuatan cake yang dipanggang agar oven mencapai suhu yang diinginkan ketika adonan sudah jadi. Membiarkan adonan cake di suhu ruangan saat menunggu oven, bukan nggak mungkin jadi salah satu penyebab cake kamu gagal.

Awali dengan mengocok bahan A dengan kecepatan tinggi selama 10 menit sampai mengembang. Adonan yang mengembang juga ditandai dengan perubahan warna menjadi pucat.

Lalu masukan bahan B, kocok kembali selama 5-6 menit. Turunkan kecepatan mixer, tambahkan bahan C secara bertahap. Mixer sampai tercampur rata.

Masukkan bahan D, kocok kembali dengan kecepatan sedang asal rata saja ya, nggak perlu berlebihan. Sebab kadang bila kamu mengaduk secara berlebihan di fase ini, kandungan udara di dalam adonan akan hilang dan kue jadi tidak akan mengembang.

Matikan mixer, trus aduk kembali dengan spatula, pastikan semua bahan bahan telah tercampur rata ya! Arahkan spatula hingga ke bagian dasar baskom untuk memastikan semau bahan tercampur.

Siapkan loyang tulban, olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung. Biar nggak ribet, kamu bisa skip motode ini dan menggantinya dengan menyemprotkan baking spray. Satu resep bolu pisang panggang ini cukup kok untuk mengisi satu loyang tulban ukuran standar hingga penuh.

Ata bila kamu nggak memiliki loyang tulban, panggang di loyang seadanya. Namun pastikan ukurannya tepat dan olesi agar tidak lengket.

Tuang adonan ke loyang, ratakan dengan spatula. Jangan lupa banting pelan loyang untuk menghilangkan kandungan udara berlebih di dalamnya.

Panggang di suhu 180 derajat 35 menit. Pastikan buat nggak membuka tutup pintu oven terlalu sering ya agar cake pisang tidak ambles. Sebab saat kamu terlalu sering membuka tutup pintu oven, udara dingin dari luar akan masuk dan menurunkan suhu d dalam oven

Bila cake sudah matang, keluarkan dari oven, ketuk lagi agar cake tidak ambles. Jangan buru-buru keluarkan bolu pisang dari loyang, tapi tunggu sampai dingin. Lalu hias sesuai selera.

Biar nggak gagal, ikutin aja langkah-langkahnya kayak dalam video berikut:

Resep bolu pisang panggang di atas gampang banget dibikin, bukan?

Beri Komentar