Ini lho Cara Memilih Tepung Berkualitas untuk Bikin Kue di Rumah, Jangan Sampai Salah ya!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 27 Agustus 2020 18:26
Ini lho Cara Memilih Tepung Berkualitas untuk Bikin Kue di Rumah, Jangan Sampai Salah ya!
Jangan sampai salah, ya!

Meskipun sudah memasuki era New Normal, namun membuat kegiatan sendiri di rumah memang tetap menjadi pilihan. Salah satunya adalah memasak.

Memasak sendiri di rumah juga menjadi pilihan ketika masih belum banyak restoran yang belum buka di era new normal ini. Memasak atau membuat kue mungkin menjadi pilihan untuk mengisi kebosanan saat di rumah aja dan juga untuk mengurangi intensitas makan di luar.

Nah, bagi kamu yang belum tahu, membuat kue yang enak juga membutuhkan tepung yang berkualitas pula. Untuk itu, diadona.id akan memberikan tips bagaimana memilih tepung yang berkualitas untuk membuat kue sendiri di rumah. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Pilih Tepung dengan Bahan Sederhana

Ketika kamu membeli tepung, jauhi tepung yang mengandung bahan-bahan tambahan yang nggak perlu. Yang paling baik untuk membuat kue adalah tepung tanpa campuran apapun.

Alangkah baiknya kalau menghindari tepung yang terlalu banyak diproses atau disuling. Dan, lebih baik lagi kalau menggunakan tepung yang baru digiling dari pasar lokal.

2 dari 3 halaman

Pemilihan Tepung yang Tepat

Beda Jenis Tepung Terigu Beda Juga Kegunaanya Lho, Jangan Sampai Salah Ya! © Diadona

Ada 3 jenis tepung yang biasa digunakan untuk membuat kue. Tepung terigu rendah protein digunakan untuk makanan yang memiliki tekstru renyah seperti cookies, biskuit, dan kue kering lainnya. Tepung yang memiliki kadar protein rendah adalah Kunci Biru.

Kemudian tepung dengan protein sedang. Tepung ini memiliki gluten lebih banyak di dalamnya. Sehingga tepung ini juga banyak dibilang sebagai tepung serbaguna. Tepung ini biasa digunakan untuk gorengan seperti pisang goreng, tempe goreng tepung dan lain-lain. Selain itu, tepung ini cocok cocok untuk membuat cake, waffle, pancake, martabak, dan juga kue basah lainnya. Tepung yang memiliki protein sedang ini adalah tepung berjenis Segitiga Biru.

Nah, tepung berikutnya adalah Cakra Kembar atau tepung dengan protein tinggi. Tepung ini cocok untuk membuat makanan dengan tekstur yang kenyal dan elastis seperti mie, donat, kue sus, roti, dan roti burger.

3 dari 3 halaman

Beli Secukupnya

Ilustrasi Tepung © Diadona

Ingat, jangan menyetok tepung terlalu banyak. Sesuaikan saja dengan kebutuhan resep yang ingin kamu buat. Jika kamu menyetok tepung dan disimpan terlalu lama, yang terjadi adalah tepung berbau tengik dan berjamur.

Sebaiknya, setelah membeli tepung dan dibuka dari kemasan, gunakan sampai hapis atau dalam hitungan minggu. Tepung yang terlalu lama akan mempengaruhi aroma dan rasa kue yang akan dibuat.

Nah, itulah beberapa tips untuk memilih tepung yang baik saat membuat kue sendiri di rumah aja. Selamat mencoba!

Ilustrasi Kue © Diadona

Beri Komentar