5 Fobia Baru yang Didiagnosis pada Tahun 2019

Reporter : Yoyok
Minggu, 12 Januari 2020 09:00
5 Fobia Baru yang Didiagnosis pada Tahun 2019
Fobia tersebut bermacam-macam jenisnya.

Setiap orang mengalami kecemasan dari waktu ke waktu. Kecemasan adalah perasaan universal yang kita semua alami pada suatu saat dalam hidup kita.

Tetapi, jika kamu memiliki fobia, kamu akan cenderung mengalami rasa takut atau panik dengan situasi atau objek tertentu. Fobia spesifik merupakan jenis gangguan kecemasan yang didefinisikan sebagai ketakutan ekstrem atau tidak rasional.

Ketakutan tidak rasional ini dapat mengganggu hubungan pribadi, sekolah, pekerjan, bahkan kehidupan sehari-hari.

Kamu mungkin sudah pernah mendengar beberapa fobia yang lebih umum. Seperti takut ketinggian (akrofobia), takut ruang terbuka tanpa ada tempat untuk melarikan diri (agorafobia), serta takut akan ruang tertutup (claustrophobia).

Seiring berjalannya waktu dan perubahan gaya hidup kita, otomatis akan muncul beberapa fobia baru. Dilansir dari Times of India, berikut ini adalah 5 fobia yang baru didiagnosis pada tahun 2019.

1 dari 5 halaman

Nomofobia

Ditengah-tengah semakin pentingnya teknologi dalam kehidupan kita, muncullah nomofobia. Fobia ini tentang ketakutan ketika kamu lupa membawa handphone di rumah. Jika kamu berkeringat karena memikirkan panggilan masuk atau pesan di handphonemu yang tertinggal, bisa jadi kamu terkena nomofobia.

2 dari 5 halaman

Food Neofobia

Fobia ini yaitu tentang ketakutan untuk mencoba makanan baru. Fobia ini semakin banyak dialami oleh anak-anak.

3 dari 5 halaman

Karbofobia

Dengan semakin gencarnya tren diet serta tekanan sosial untuk melakukannya, muncullah pemikiran bahwa semua makanan karbohidrat adalah buruk dan jahat. Karbofobia merupakan ketakutan akan memakan makanan karbohidrat.

4 dari 5 halaman

Editiovultaphobia

Fobia ini merupakan ketakutan akan media sosial. Lebih tepatnya yaitu ketakutan akan perasaan dihakimi dan diawasi oleh teman ataupun orang asing.

5 dari 5 halaman

Eco-anxiety

Semakin banyak kita mengetahui tentang dampak dari perubahan iklim, Menjadi semakin umum juga jika kita memiliki ketakutan tentang konsekuensi perubahan iklim. Fobia ini merupakan ketakutan tentang perubahan iklim atau global warming. Biasanya fobia ini dialami oleh para remaja.

Kamu memiliki salah satu dari lima fobia tersebut? Tulis komentarmu di bawah ya.

Beri Komentar