Resep Nastar 500 Gram Terigu Tanpa Mixer, Lembut dan Ngeprul Saat Digigit

Reporter : Arifina
Selasa, 12 Maret 2024 19:07
Resep Nastar 500 Gram Terigu Tanpa Mixer, Lembut dan Ngeprul Saat Digigit
Lebih praktis cara buatnya, tapi rasanya tak kalah lembut lho!

Resep nastar 500 gram terigu tanpa mixer bisa jadi pilihan untuk membuat kue khas Lebaran yang praktis. Nastar seakan menjadi jajanan wajib yang  dihidangkan di momen besar perayaan umat Muslim di Indonesia.

Biasanya, kue nastar dibuat cukup memakan waktu dan menggunakan mixer dalam pencampuran adonan. Namun, jika kamu masih pemula dan ingin lebih simpel dalam membuat kue kering super lembut satu ini ada cara mudah yang lebih praktis dan tanpa oven lho!

 

1 dari 7 halaman

Kue nastar satu toples © Diadona

Tak perlu khawatir, karena cita rasa dari masakan olahan kue nastar tanpa mixer akan tetap lembut dan lezat. Kue klasik yang identik dengan isian selai nanas yang manis, legit dan dibalut adonan renyah bertabur keju ini akan begitu menggugah selera ketika disantap.

Kamu bisa menyajikan jajanan Lebaran satu ini tanpa ribet deh. Apalagi, bahan-bahan yang dibutuhkan juga sama dengan pembuatan kue nastar pada umumnya.

Kue nastar tanpa oven ini bisa juga disebut sebagai kue nastar klasik. Kini, membuat kue kering Lebaran sendiri di rumah justru lebih simpel dan praktis. Simak resepnya berikut!

2 dari 7 halaman

Resep Nastar 500 Gram Terigu Tanpa Mixer

Meski dibuat tanpa mixer, sajian kue kering Lebaran satu ini dijamin super lembut dan lezat. Pastikan untuk selalu menyiapkan bahan-bahan berkualitas agar hasilnya lebih nikmat ya!

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung terigu (pilih yang rendah protein)
  • 200 gram margarin
  • 150 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • Selai nanas untuk isian nastar secukupnya

Bahan Olesan:

  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 tetes pewarna kuning

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Nastar 500 Gram Terigu Tanpa Mixer

Ilustrasi Kue Nastar 1 Kg © Diadona

Siapkan wadah, lalu masukkan mentega, margarin, gula halus dan kuning telur. Campur bahan-bahan tersebut dengan mengaduk-aduk menggunakan whisk.

Kemudian, siapkan wadah, campur tepung teriru rendah protein, susu bubuk, dan maizena sambil diayak. Proses ini untuk mendapati tekstur yang lebih lembut.

Lalu, masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung sambil diaduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Dalam proses ini kamu bisa mengaduk menggunakan spatula.

 

4 dari 7 halaman

ika sudah benar-benar tercampur rata, langkah berikutnya uleni adonan hingga kalis. Lalu, tutup rapat sebentar menggunakan plastic wrap dan simpan di lemaro es beberapa saat.

Bentuk adonan nastar: setelah disimpan sejenak, saatnya membuat bentuk adonan nastar. Ambil adonan di telapak tangan, pipihkan dan isi dengan selai nanas yang sudah disiapkan.

Bulatkan adonan perlahan lalu tata di atas loyang. Lakukan proses pembentukan kue nastar tersebut sampai adonan habis.

5 dari 7 halaman

Resep Nastar 500 Gram Terigu Tanpa Mixer © Diadona

Beri jarak saat meletakkan kue nastar di loyang. Jika ingin model lain, kamu juga bisa membuat bentuk nastar kotak atau seperti buah nanas, hal ini sesuaikan saja dengan selera ya.

Selanjutnya, olesi adonan kue nastar dengan campuran kuning telur dan minyak goreng. Kamu juga bisa menambahkan taburan keju agar rasanya lebih gurih jika menginginkan.

Panaskan oven dengan suhu 160 derajat celcius selama 5 menit. Lalu, masukkan adonan nastar ke dalam oven dan masak dengan api bawah selama 10 menit dengan suhu 125-130 derajat Celcius.

6 dari 7 halaman

Untuk api atas gunakan suhu 125-130 derajat Celcius dan masak selama 15 menit. Panggang nastar hingga matang, angkat dan keluarkan dari oven.

Diamkan sebentar nastar hingga uap panasnya menghilang. Tata dalam toples, dan kue nastar siap untuk sajian Lebaran.

Bagaimana? Mudah dan lebih praktis bukan cara buatnya? Itulah resep nastar 500 gram terigu tanpa mixer yang bisa kamu jadikan referensi membuat kue kering di rumah. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar