Ramazan Pide, Roti Gepeng Turki yang Cuma Ditemui Pas Bulan Puasa, Belinya Kudu Antre!

Reporter : Nasa
Selasa, 5 Mei 2020 09:35
Ramazan Pide, Roti Gepeng Turki yang Cuma Ditemui Pas Bulan Puasa, Belinya Kudu Antre!
Katanya orang Turki harus banget makan Ramazan Pide ini ketika berpuasa di bulan suci.

Bulan suci Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu sama umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadan disebut menjadi kesempatan bagi mereka untuk mendulang pahala dan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.

Selain itu, karena puasa seharian penuh membutuhkan tenaga yang cukup, umat muslim di berbagai belahan dunia biasanya memiliki tradisi asupan khusus agar tubuh bisa tetap kuat beraktivitas. Seperti tradisi asupan makanan yang dimiliki oleh umat muslim di Turki ini nih.

Melansir dari laman Turkeys for Life, mereka ternyata memiliki makanan khas bulan Ramadan. Namanya adalah Ramazan Pide, roti berbentuk lingkaran pipih yang disebut bercita rasa gurih dan nikmat. Katanya nih, Ramazan Pide ini teksturnya keras di luar dan lembut di dalam.

Ada yang bilang, kalau Ramazan Pide ini sebenernya nggak jauh berbeda dengan roti yang sehari-hari biasa dikonsumsi orang Turki. Seperti yang diketahui, penduduk Turki menggunakan roti sebagai makanan pokok sehari-hari.

2 dari 4 halaman

Tapi nih ya, yang membedakan Ramazan Pide dengan roti yang biasa dikonsumsi sehari-hari di sana adalah bentuknya yang bundar dan pipih. Selain itu, Ramazan Pide sendiri juga memiliki bentuk gelombang unik di bagian tengahnya.

Bentuk gelombang tersebut dibuat oleh pembuat roti langsung dengan jari-jarinya, kemudian ditaburi dengan biji wijen dan biji nigella. Ramazan Pide biasanya dipanggang di sebuah oven batu khas Turki yang disebut dengan Firin.

Aroma nikmat dan khas Ramazan Pide ini katanya merebak di mana-mana ketika bulan Ramadan. Toko-toko penjual roti dan juga pedagang lapak pinggir jalan dipastikan akan membuat Ramazan Pide ini sepanjang bulan Ramadan loh.

3 dari 4 halaman

Sering Menimbulkan Antrean Panjang

Ramazan Pidesi © Diadona

Biasanya, menjelang waktu iftar atau buka puasa, masyarakat Turki akan bergegas membeli Ramazan Pide yang masih ‘fresh from the oven’. Karena mereka lebih suka memakan Ramazan Pide dalam kondisi hangat. Makanya, mereka lebih memilih membelinya menjelang waktu iftar.

Nggak heran kalau toko-toko roti yang menyediakan Ramazan Pide akan diserbu oleh pembeli. Bahkan nggak jarang sampai menimbulkan antrean panjang loh. Saking sukanya sama roti yang satu ini, penduduk Turki sampai rela antre panjang.

4 dari 4 halaman

Tradisi Ramadan Spesial

Kenapa ya umat muslim di Turki ini suka banget makan Ramazan Pide ketika memasuki bulan Ramadan? Sebenarnya nggak ada alasan khusus sih kenapa mereka suka banget makan roti yang satu ini di bulan Ramadan.

Namun ada yang menyebut bahwa memakan Ramazan Pide menjadi penanda bahwa mereka tengah berada di bulan spesial. Jadi ketika memasuki bulan spesial, makananya juga harus spesial. Begitulah kira-kira alasannya.

Wahh wahh jadi penasaran nih nikmatnya Ramazan Pide ini seperti apa. Ada yang udah pernah coba? Jangan segan bagi pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Beri Komentar