19 Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Recomended

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 10 Januari 2020 16:14
19 Makanan Khas Aceh yang Lezat dan Recomended
Nanggroe Aceh Darussalam tak hanya terkenal dengan Tari Samannya saja.

Indonesia adalah negara yang terkenal dengan corak keragaman budayanya yang begitu melimpah. Salah satunya adalah daerah di ujung barat negara Indonesia, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Negara dengan sebutan "Serambi Mekah" ini punya banyak kebudayaan yang bisa kita nikmati ketika kita berkunjung kesana

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Aceh

Tak hanya dikenal dengan keragaman budayanya yang apik, Aceh juga dikneal dengan surganya kuliner yang nikmat. Makanan khas daerah Aceh dikenal dengan cita rasanya yang sangat kental. Tak heran orang daerah manapun akan ketagihan ketika mencicipinya. Nah, kalau sedang melancong ke Aceh, tak afdol rasanya kalau tak mencicipi kulinernya yang khas. Berikut kami pilihkan beberapa rekomendasi makanan khas daerah Aceh untukmu.

1.Makanan Khas Daerah Aceh Mie Aceh

Ilustrasi Mie Aceh © Diadona

Siapa yang tak kenal dengan panganan mie? Mie Aceh salah satunya. Mie aceh adalah salah satu makanan khas daerah Aceh yang cukup terkenal di kalangan para penimat kuliner. Makanan ini bisa kita coba dengan dua varian, yaitu dengan digoreng atau juga direbus. Kamu juga bisa meminta level kepedasan ke penjual. Biasanya mie aceh disajikan dengan bebberrapa lauk tambahahn seperti seafood dan suwiran daging.

2.Makanan Khas Daerah Aceh Sate Matang

Ilustrasi Sate Matang © Diadona

Sate Matang adalah makanan khas daerah Aceh yang dibuat dengan bahana dasar daging kambing atau daging sapi. Daging yang sudah dipilih kemudian diungkep dengan bumbu khas Aceh. Setelah diugkep daging kemudian dibakar hingga matang. Makanan khas daerah Aceh ini biasanya disajikan dengan kuah soto yang kaya akan bumbu dan pastinya menggugah selera.

3.Makanan Khas Daerah Aceh Kuah Pilek U

Ilustrasi Kuah Pilek U © Diadona

Makanan khas daerh Aceh selanjutya adalah Kuah Pilek U. Kuah Pilek U merupakan makanan yang terbuat dari berbagai sayuran khas Aceh. Selain punya cita rasa yang nikmat, Kuah Pilek U juga punya filosofis tersendiri bagi masyarakat Aceh. Masyarakat Aceh percaya bahwa Kuah Pilek U ini menlambangkan kekerabatan yang erat dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan dalam kuali besar.

4.Makanan Khas Daerah Aceh Gulai Kambing

Ilustrasi Gulai Kambing © Diadona

Sepertinya masyarakat Aceh sangat suka dengan makanan yang berkuah. Makanan khas daerah Aceh yang patut kamu coba adalah Gulai Kambing. Gulai kambing yang ada di Aceh berbeda dengan Gulai Kambing pada umumnya. Biasanya, Gulai Kambing di Aceh dimasak dalam kuali besar dengan campuran bumbu khas. Dengan paduan bumbu yang melimpah, tak heran paduan cita rasa makanan khas daerah Aceh ini sangat nikmat karena tak beraroma kambing lagi.

5.Makanan Khas Daerah Aceh Kuah Sie Ite

Ilustrasi Kuah Sie Itek © Diadona

Makanan khas daerah Aceh yang berkuah selanjutnya adalah Kuah Sie Itek. Kuah Sie Itek merupakan makanan khas daerah Aceh yang berasal dari daerah Bireuen. Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah bebek atau itik. Dalam pengolahannya daging itik dimasak menggunakan bumbu khas samapi bumbu benar-benar meresap. Rasa pedas manis dari makanan ini pasti akan bikin kamu ketagihan.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam

Tak hanya terkenal dengan tari saman yang selalu tampil apik unutk acara kebudayaan, Aceh juga mempunyai kuliner unik yang begitu unik. Kekhasan rasanya tak lepas dari penggunaan bumbu rempah yang digunakan. Nah, berikut kami rekomendasikan beberapa makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam

1.Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Mie Jalak Sabang

Ilustrasi Mie Jalak Sabang © Diadona

Ini dia makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam berjenis mie yang wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Aceh. Mie Jalak Sabang biasanya disajikan hangat dengan sajian mie, potngan daging, telur rebus, tauge, dan disiram kuah kaldu yang gurih. Tekstur mienya yang kental dan gurih sangat pas jika kamu nikmati saat malam hari.

2.Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Sambal Ganja

Ilustrasi Sambal Ganja © Diadona

Meski namanya sambal ganja, namun makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam tak benar-benar menggunakan bahan dasar ganja dalam pembuatannya. Dinamakan sambal ganja karena siapapun yang mencobanya akan ketagihan saking enaknya. Biasanya dibuat dengan bahan dasar udang. Sensasi pedas cabai bercampur udang yang ditambah rasa segar dari belimbing wuluh muda, serta aroma wangi dari daun jeruk dan serai, dijamin bisa bikin kamu merem melek saking enaknya.

3.Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Ayam Tangkap

Ilustrasi Ayam Tangkap © Diadona

Kalau belum puas dengan sensasi pedas dari sambal ganja yang tadi, kamu bisa mencoba makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam bersensasai pedas lainnya yaitu Ayam Tangkap. Ayam Tangkap adalah sajian yang dibuat dari bahan daging ayam muda yang digoreng kering bersama cabai hijau dan daun teumura. Ayam Tangkap biasanya disajikan bersama nasi hangat. Siap mencobanya?

4.Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Dendeng Rusa

Ilustrasi Dendeng Rusa © Diadona

Kalau di Sumatra Barat ada Dendeng Sapi, maka makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam punya Dendeng Rusa. Yap, dendeng ini menggunakan bahan dasar daging rusa sebagai bahan utamanya. Daging rusa yang punya sedikit serat membuat cita rasa makanan ini, jadi gurih dan nikmat. Orang-orang biasanya akan membeli Dendeng Rusa sebagai makanan oleh-oleh khas Aceh.

5.Makanan Khas Nanggroe Aceh Darussalam Engkot Keumamah

Ilustrasi Engkot Keumamah © Diadona

Engkot Keumamah adalah makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam yang terbuat dari ikan tuna atau ikan tongkol. Ikan biasanya akan direbus, dibalur dengan abu dapur, dan dikeringkan sampai keras, baru dipotong-potong untuk diolah.

Ikan kemudian dimasak dengan santan kelapa, cabai, kentang, serta bahan rempah khas Aceh lainnya. Kebayang dong gimana nikmatnya makanan ini?

3 dari 4 halaman

Gambar Makanan Khas Aceh

Banyaknya makanan khas Nanggroe Aceh Darussalam membuat kita susah meengenalinya. Untuk memberikan pemahaman yang akurat, berikut kami pilihkan beberapa gambar makanan Aceh lengkap dengan penjelasannya.

1.Rujak Aceh

Ilustrasi Rujak Aceh © Diadona

Rujak Aceh merupakan makanan khas dengan cita rasa yang berbeda dengan rujak dari daerah lain. Rujak Aceh berisikan buah rumbia yang hanya ada di daerah Aceh. Rujak Aceh sangat lezat jika dinikmati pada siang bolong, apalagi disandingkan dengan es serut.

2.Martabak Aceh

Ilustrasi Martabak Aceh © Diadona

Dengan bumubu dan bahan yang sedkit berbeda, Martabak Aceh pastinya punya cita rasa yang berbeda p[ula dengan martabak yang ada di sekitarmu. Martabak Aceh dibuat dengan bahan dasar roti cane yang dicampur dengan cabai hijau, dan dilengkapi dengan kuah samba;. Martabaka Aceh sangat enak bila disantap bersama keluarga saat makan malam.

3.Nasi Gurih

Ilustrasi Nasi Gurih © Diadona

Nasi Gurih adalah makanan khas Aceh yang bercita rasa gurih karena dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan bumbu lainnya. Nasi Gurh sangat nikmat jika disajikan dengan berbagai menu lauk tambahan seperti telur dadar, ikan balado, urap-urap dan jangan lupakan sambal sebagai tambahan terakhirnya.

4.Bubur Kanji Rumbi

Ilustrasi Bubur Kranji Rumbi © Diadona

Nah, kalau ini makanan khas Aceh yang hanya muncul pada saat bulan puasa. Bubur Kanji Rumbi biasanya dimasak menggunakan beras yang ditumbuk kasar dan direbus. Bubur Kanji Rumbi ini sering dinikmati sebagaimenu takjil setelah berbuka puasa.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas dari Aceh

Kuliner khas Aceh memang cukup terkenal di kancah nasional,. Hal ini membuat banyak kedai yang menjajakan makanan khas Aceh sebagai menu utamanya. Namun ada beberapa makanan khas dari Aceh yang tak bisa sembarang kamu temui. Berikut makanan khas dari Aceh yang bisa kamu coba saat melancong ke Aceh

1.Makanan Khas dari Aceh Kue Adee

Ilustrasi Kue Adee © Diadona

Kue Adee adalah makanan khas dari Aceh yang hanya bisa kamu temukan di daerah Pidie Jaya. Rasanya yang legit dan manis membuat makanan ini sangat pas bila disajikan saat santai bersama keluarga.

2.Makanan Khas dari Aceh Kue Timphan

Ilustrasi Kue Timpan © Diadona

Makanan khas dari Aceh selanjutnya adalah Kue Timphan. Uniknya makanan ini wajib disajikan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha untuk sajian tamu yang datang ke rumah. Kue Timphan dibuat dengan bahan dasar seperti tepung ketan, yang dicampur dengan srikaya dan pisang beranang.

3.Makanan Khas dari Aceh Kopi

Ilustrasi Kopi Aceh © Diadona

Aceh sejak dulu kala, terkenal dengan produksi kopi yang meilimpah dan berkualitas tinggi. Nah produk kopi dari Aceh yang terkenal adalah kopi Aceh Gayo. Kopi Aceh Gayo meilikki cit rasa yang khas dan roma kopi yang kuat. Selain itu Kopi Aceh Gayo juga mengandung atitaksin yang dapat menambah stamina tubuh.

4.Makanan Khas dari Aceh Jadah Lemang

Ilustrasi Jadah Lemang © Diadona

Makanan khas dari Aceh mempunyai cita rasa yang gurih dan terbuat dari bahan-bahan seperti beras ketan yang dicampur dengan kelapa dan garam. Umumnya masyarakat Aceh menyajikana Jadah Lemang sebagai sajian untuk menemani makanan rendang saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

5.Makanan Khas dari Aceh Bohromrom

Ilustrasi Bohromrom © Diadona

Mkanan khas dari Aceh yang sering dijadikan sebagai buah tangan khas Aceh adalah Bohromrom. Dalam pembuatan Bohromrom berbahan tepung ketan dan parutan kelapa sekilas mirip dengan kue klepon yang ada di Jawa, yang membedakan hanya dari segi warnanya saja. Makanan ini sangat cocok apabila disajikan saat sore hari saat bersantai bersama keluarga.

Penasaran pengen nyobain makanan khas dari Aceh yang mana nih?

Beri Komentar