17 Makanan Khas Riau yang Legendaris dan Wajib Kamu Coba

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 14 Januari 2020 14:51
17 Makanan Khas Riau yang Legendaris dan Wajib Kamu Coba
Tak hanya terkenal dengan hasil minyak buminya yang melimpah, Riau menyimpan banyak makanan khas yang siap menggoyang lidahmu.

Bersyukurlah kita yang hidup di negara dengan jumalh makanan khas yang begitu melimpah lagi unik. Makanan khas Indonesia di setiap daerah punya ciri khas tersendiri dengan berbagai keunikan yang dimiliki. Termasuk makanan khas Riau yang punya cita rasa asam pedas dominnan. 

1 dari 4 halaman

Makanan Khas Kepulauan Riau

Menikmati kuliner khas suatu dAerah tentu akan memberikan kesan menyenangkan. Apalagi kalau kamu berhasil mencicipinya langsung dari kota asalnya. Nah, salah satu kuliner khas Indonesia yang wajib kamu coba adalah makanan khas riau. berikut rekomendasi beberapa makanan khas riau yang tak boleh kamu lewaatkan.

1.Gulai Ikan Patin

Ilustrasi Gulai Ikan Patin © Diadona

Gulai ikan patin jadi salah satu makanan khas Riau yang begitu terkenal hingga ke lintas daerah. Gulai Ikan Patin adalah makanan khas Riau dengan bahan dasar ikan patin. Ikan patin dimasak dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan kuah kuning yang gurih dan sangat menggiurkan. Apalagi kalau ditambahkan menu lain seperti perkedel atau daun ubi rebus. Dijamin bisa menggoyang lidah bagi siapapun yang mencobanya.

2.Ikan Selais Asap

Ilustrasi Ikan Selais Asap © Diadona

Makanan khas Riau satu ini selalu dicari para penikmat kuliner. Mengapa? karena makanan khas Riau ini punya cita rasa daging ikan yang khas dan renyah. Apalagi kalau sudah tercampur dengan sambal merahnya yang pedas dan menggugah selera. Jangan khawatir kalau kamu tak bisa menikmati makanan khas Riau satu ini, karena pasokan ikan selai di Riau akan selalu ada. Maklum saja Riau banyak diapit beberapa sungai sebagai sarang ikan selai. SIap mencobanya?

3.Asam Pedas Baung

Ilustrasi Asam Pedas Baung © Diadona

Makanan khas Riau selanjutnya dalah Asam Pedas Baung. Bauang adalah sa;ah satu jenis ikan yang dipercaya mempunyai kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Tekstur daging ikan ini terbilang lembut dan kenyal sehingga nikmat untuk disantap. Kuah warna kemerahannya pun sangat menggoda karena dibuat dengan bumbu khusu khas Riau. Nah, kalau kamau mau mencoba makanan khas Riau satu ini kamu bisa mengunjugi rumah makan Pondok Asem Pedas Baung yang terletak di sebrang RS aWl Bross

4.Roti Canai

Ilustrasi Roti Canai © Diadona

Kalau makanan khas Riau ini merupakan makanan yang berasal dari budaya India. Cara memasaknya dengan diberi sedikit minyak. Rasanya empuk dan gurih. Roti canai biasa disajikan dengan kari daging kambing dengan cara disobek rotinya untuk diccol ke kuah kari daging kambing atau domba. Gurihnya menggida banget!

5.Mie Lendir

Ilustrasi Mie Lendri © Diadona

Jangan terlampau jijik dahulu ketika mendengar atau melihat makanan khas Riau satu ini. Walaupun namanya agak aneh, namun percayalah paduan cita rasanya tak ada duanya. Mie Lendir ini terdiri dari mie kuning yang direbus dan dicampur dengan telur dan tauge. Untuk kuahnya, biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar kacang tanah yangdicampur dengan ubi dan bumbu lainnya. Coock banget untuk menu sarapan sebelum memulai aktifitas.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Melayu Riau

Sudah menjadi rahasia umum kalau cita rasa makanan melayu memang lezat disantap. Khususnya makanan melayu yang ada di daerah Riau. Nah, kalau kamu sedang berencana untuk berkunjung ke Riau, ada baiknya menyimak info berikut tentang rekomendasi beberapa makann khas melayu riau.

1.Nasi Lemak

Ilustrasi Nasi Lemak © Diadona

Makanan kha Riau satu ini juga sering ditemui di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, hingga Brunei Darussalam. Nasi Lemak biasanya disajikan sebagai menu sarapan saat pagi hari. Unutj kamu yangbelum nasi lemak adalah kuliner dari nasi yang diolah dengan menggunakan santan kelapa serta daun pandan. Karena kedua bahan tambahan itulah kemudian cita rasa makanan khas Riau satu ini menjadi gurih. Masyarakat riau juga sering manambahkan lauk lain seperti ikan tero gooreng, telur, saaambal hingga mentimun.

3.Mi seo

Ilustrasi MIseo © Diadona

Mi seo merupakan makanan khas Riau yang cukup mudah ditemukan di beberapa warung makan. Kuliner ini merupakan makanan berkuah dengan isian seperi mie kuning, mie putih, suwiran daging ayam, kulit ayam yang renyah dan bahan-bahan lainnya. Campuran kuah dengan berbagai siian yang ada, akan sanggup bikin kamu ketigahan.

4.Sup Tunjung

Ilustrasi Sup Tunjung © Diadona

Jika kamu sedang berkunjung ke Riau dan butuh dengan makanan yang hangat, makanan khas Riau ini bisa jadi jawabannya. Tak hanya bikin badan kamu hangat, Sup Tunjung ini juga bisa menggoyang lidahmu saking enaknya.

Sup tunjang ini merupakan sup yang dibuat dengan menggunakan tulang kaki sapi yang sudah dibalut dengan daging. Tulang sapi tersebut kemudian direndam pada kuah bening warna kuning dengan beberapa bahan pelengkap seperti irisan wortel, tomat dan daun bawang.

5.Sate Rusa

Ilustrasi Sate Rusa © Diadona

Kalau sate di daerah lain biasanya menggunakan bahan daging seperti ayam, sapi, kerbau, dan sebagainya maka di Riau kamu akan menemukan sate dengan bahan dasar daging rusa. Tekstur dagingnya yang legit dan cita rasa manis dari bumbunya dijamin akan sukses bikin kamu merasakan pegalamnan makan dengan sensasi berbeda.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Daerah Riau

Sebagai daerah di Indonesia dengan wilayah yang cukup luas, wajar jika makanan khas Raiau pun cukup melimpah. Masyarakat di sana yang suka dengan cita rasa asam, pedas, dan manis menjadi cirii khas tersendiri terhadap makanan khas Riau. Bagi kamu yang belum tahu tentang makanan khas Riau, berkut kami infokan beberapa makanan khas daerah Riau yang enaknya nggak ada habisnya.

1.Mie Tarempa

Ilustrasi Mie Tarempa © Diadona

Olahan makanan mie juga merupakan makanan khas Riau favorti kebanyakan orang. Mie Tarempa adalah olahan kuliner yang berbahan dasar mie kuning yang diolah dengan tambahan kecambah dan potongan ikan goreng dengan bumbu cabai. Biasanya Mie Tarempa menjadi makanan khas dari daerah Anambus atau Tanjung Pinang. Cobain keenakan rasanya ya!

2.Lakse kuah

Ilustrasi  Lakse © Diadona

Lakse kuah adalah makanan khas Riau yang berasal dari bahan dasar ikan laut segar. Makanan tradisional ini sangat terkenal di kepulauan Riau, khususnya di pulai Natuna yang bahkan menjadi ikon kulinernya. Lakse kuah pada umumnya menggunakan ikan tongkol dan ikan teri yang ditumbuk halus dengan tambahan mie yang terbuat dari bahan dasar sagu. Untuk kuahnya menggunakan santan kelapa dengan tambahan rempah seperti cabai, ketumbar, adas manis, bawang merah, bawang putih, jintan putih, jahe, dan kunyit.

Lakse kuah mempunyai keunikan dari segi tampilan, terutama pada bentuk mie yang mirip dengan sanggul yang diletakkan pada daun kemangkuk. Selain itu juga terdapat keunikan lain yakni pada kuahnya yang merupakan campuran antara santan, rempah-rempah, dan ikan tongkol yang sudah dihaluskan. Apabila kamu ingin menyicip lakse kuah, biasanya makanan ini dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 – Rp10.000 per porsinya.

3.Asidah

Ilustrasi Kue Asidah © Diadona

Beralih ke makanan khas Riau berikutnya, ada asidah. Menurut sejarah, makanan yang bisa ditemukan di kawasan Riau ini terinspirasi dari kudapan khas Arab yang kemudian disesuaikan dengan selera lidah orang Melayu. Lagi-lagi, asidah merupakan makanan khas Riau yang berasal dari orang Melayu. Saat ini, asidah sudah mulai sulit ditemui dan langka karena minimnya pengenalan dari generasi tua kepada generasi muda.

Untuk kamu yang belum tahu, asidah mempunyai tekstur yang lembut dengan cita rasa kue manis gurih akibat perpaduan pandan, cengkeh, dan kayu manis sebagai bahan perasa alaminya. Bentuk dari kue asidah juga cantik-cantik seperti namanya, ada yang berbentuk bulat, daun jambu, dan paling banyak berbentuk bunga mawar. Penyajian asidah biasanya bersama taburan bawang goreng agar rasa dan aromanya lebih istimewa.

4. Gulai Belacan

Ilustrasi gulai belacan © Diadona

Di berbagai negara, termasuk Indonesia, udang adalah hewan laut yang seringkali dijadikan bahan utama untuk berbagai masakan. Seperti di Riau, ada makanan berbahan dasar udang yang disajikan dengan kuah yang bercampur santan. Makanan tersebut adalah gulai belacan yang memadukan bahan utama berupa udang dengan bumbu rempah yang udah ditemukan di daerah Riau.

Adapun bumbu rempah yang digunakan untuk membuat gulai belacan antara lain asam jawa, kemiri, dan lada. Yang menarik dari makanan khas Riau ini adalah penggunaan udangnya yang bisa disesuaikan selera. Kamu bisa memilih mau memakan gulai belacan yang menggunakan udang sungai ataupun udang laut. Jika kamu mau menyantap udang yang berukuran besar, maka pilih udang laut. Selain itu kamu juga bisa memilih mau menghidangkannya bersama petai sebagai pelengkap atau tidak.

4 dari 4 halaman

Makanan Khas Riau dan Resepnya

Bagi kamu yang ingin menciicpi makanan khas Riau namun terkendala jarak dan biaya, kamu bisa kok untuk mencoba membuat masakannya melalui resep yang tersedia. Nah, berikut kami sajikan beberapa pilihan makanan khas Riau dan resepnya untukmu.

1.Makanan Khas Riau Bolu Kemojo

Ilustrasi Bolu Kemojo © Diadona

Bahan-bahan :
125 g Margarine
150 g Tepung segitiga
125 g Gula
3 btr Telur ayam
1 ½ gelas Santan ditambah air pandan
¼ sdt Garam
Vanilla


Cara membuat:
1. Telur dan gula diaduk;
2. Masukan santan, tepung, dan margarin cair, aduk sampai rata;
3. Panaskan cetakan;
4. Tuangkan adonan kedalam cetakan dan dioven selama 45 menit pada suhu 175 derajat Celcius, dengan panas yang merata di atas dan bawah. Selamat mencoba

2.Makanan Khas Riau Bacah Daging

Ilustrasi Bacah Daging © Diadona

Bahan :
250 ml santan
2 sdm air asam jawa
4 lbr daun jeruk, iris halus
Bacah daging 500 gr (daging khas dalam)

Bumbu yang dihaluskan :
4 siung bawang putih
8 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1/4 sdt jinten

Cara membuat :
1.Potong-potong daging setebal 1/2 cm
2.Campur daging bersama bumbu halus, air asam, santan dan daun jeruk, masak hingga bumbu meresap kedalam daging
3.Panggang daging di atas bara api sampai matang.

3.Gulai Asem Pedas Ikan Patin

Ilustrasi gulai ikan © Diadona

 

Bahan:
1 lembar daun kunyit
3 lembar daun jeruk
1 Kg ikan Patin
1 batang serai
1 ons belimbing wuluh
1 sd teh garam
Penyedap rasa secukupnya
2 sd makan minyak goreng
1 buah tomat iris
1 ruas lengkuas memarkan
air 2 gelas

Bumbu-Bumbu :
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ons cabe merah
1 ruas jari jahe

Cara Membuat:
1.Semua resep, bumbu digiling halus lalu ditumis. Kemudian masukkan daun-daun dalam kuali masak. 2.Selanjutnya curahkan air, setelah mendidih masukkan ikan yang sudah dibersihkan, masukkan 3.belimbing wuluh. Setelah-agak matang kecilkan api beri penyedap rasa dan masukkan tomat.

 

Bagaimana? Jadi kapan mau mampir ke Raiau untuk mencicipi berbagai makanan khas Riau yang menggugah selera ini? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Beri Komentar