12 Menu Lebaran Praktis dan Sederhana Tanpa Ribet

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 8 April 2023 21:06
12 Menu Lebaran Praktis dan Sederhana Tanpa Ribet
Tak hanya opor ayam, ada soto, bakso dan juga masakan lainnya yang bisa jadi inspirasi menu lebaran praktis ala kamu

Lebaran selalu jadi waktu di mana tersaji makanan khas yang bikin momen makin istimewa. Namun biar waktumu bersaa keluarga tak banyak tersita, masak saja menu lebaran praktis.

Tak hanya opor ayam komplit dengan sambal goreng kentang atau ati ampela, Diadona ngasih rekomendasi menu lebaran yang tanpa ribet namun tetap bermakna. Mulai dari soto ayam, sate hingga bakso yang bisa kamu bkin stoknya beberapa hari sebelumnya.

Daftar menu lebaran tanpa riweh lainnya ada di bawah. Baca terus ya!

 

1 dari 6 halaman

Sate Ayam

Menu Lebaran Praktis - Sate Ayam © Diadona

Sate terkenal sebagai jajanan pinggir jalan, tetapi juga termasuk di sebagian besar meja Idul Fitri disertai dengan ketupat, lemang, dan biasanya dengan bumbu kacang. Daging sapi, ayam, dan kambing adalah daging yang paling umum digunakan.

Kalau kamu repot dan ingin yang praktis bisa memesan saja daging sate di tempat langganan kamu, dan tinggal bakar sendiri di rumah.

Soto Banjar

Menu Lebaran Praktis - Soto Banjar © Diadona

Meski begitu banyak jenis soto yang bisa ditemukan di Indonesia, namun soto Banjar tetap berkesan sebagai menu lebaran.

Porsinya akan mengejutkan semua orang yang memakannya untuk pertama kali. Kuahnya juga lebih bening dibandingkan jenis soto lainnya. Di dalam semangkuk soto Banjar, kamu bisa menemukan banyak hal, termasuk ketupat dan irisan tomat.

2 dari 6 halaman

Bakso

Bakso sebagai Menu Lebaran yang PRaktis © Diadona

Makanan yang bisa kamu temukan hampir di mana-mana di Indonesia, mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel bintang lima dan restoran kelas atas. Bakso biasanya disajikan dengan mie kuning atau bihun, sambal, bawang goreng, dan daun bawang.

Selain dimakan di hari biasa, bakso bis ajadi menu lebaran yang praktis tapi hits. Proses pembuatannya pun mudah untuk diikuti, atau bagi kamu yang tidak mau terlalu repot bisa memesan bakso di tempat langganan kamu, jadi lebih praktis untuk disajikan saat lebaran.

Rendang

Rendang DAging untuk Lebaran © Diadona

Rendang Daging Sapi adalah salah satu hidangan utama yang disajikan saat Idul Fitri, biasanya dimakan bersama dengan ketupat atau lemang. Hidangan dimasak hingga semua cairannya menguap, metode ini adalah metode tradisional yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk memasak untuk menghasilkan daging empuk sempurna dengan rasa yang enak.

Memang agak repot jika membuat rendang dengan metode di atas, kamu bisa memilih untuk menggunakan metode di bumbu instan saja untuk mendapatkan hasil praktis yang tidak terlalu merepotkan. Atau karena rendang yang tahan sangat lama, kamu bisa membuatnya jauh-jauh hari sebelum lebaran datang. 

3 dari 6 halaman

Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela © Diadona

Biasanya orang akan melengkapi opor ayam, kari, dan ketupat dengan sambal goreng kentang. Sambal goreng ati terbuat dari kentang dan ati ampela ayam yang dimasak dengan cabai dan petai.

Rasanya agak pedas tapi sangat enak dengan beberapa bumbu di atasnya. Agar jadi menu lebaran praktis, kamu bisa menggunakan bumbu merah jadi yang udah kamu siapkan sebelumnya.

Opor Ayam

Opor Ayam Lebaran © Diadona

Opor Ayam menjadi makanan paling populer yang dimakan ole orang Indonesia saat Idul Fitri. Ini adalah hidangan utama yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia sepanjang Ramadan. 

Karena kepopulerannya, beberapa brand makanan membuat bumbu instan untuk opor ayam yang dimana sangat praktis untuk membuatnya. Kamu cuman tinggal memasukkan bumbu instan ke dalam air mendidih bersama dengan ayam dan jadilah opor ayam dan siap untuk disajikan.

4 dari 6 halaman

Ayam Goreng Mentega

Ayam Goreng Mentega © Diadona

Ayam goreng mentega bisa menjadi menu lebaran praktis. Walaupun merupakan menu makanan oriental, namun kelezatannya tetap pas dinikmati kapan saja.

Selain menu opor ayam yang berbahan dasar ayam, ayam mentega bisa jadi menu alternatif sebab menu satu ini cukup mudah untuk dibuat.

Ketupat 

Ketupat © Diadona

Hari raya Idul Fitri di Indonesia selalu identik dengan ketupat.  Ketupat biasanya dimakan dengan rendang daging sapi, sayur lodeh, opor ayam, dan hidangan sejenis daging atau sayuran lainnya.

Hidangan sederhana namun lezat ini juga merupakan simbol Ramadhan. Jalinan daun palem melambangkan kesalahan dan dosa yang dilakukan oleh orang-orang dan nasi putih melambangkan kesucian dan pengampunan.

Biar jadi menu lebaran praktis, anyaman ketupat bisa kamu beli saja di pasar.

5 dari 6 halaman

Ayam Bakar Kecap

Ilustrasi Ayam Bakar Kecap © Diadona

Selain opor ayam dan ayam mentega, menu ayam bakar kecap bisa menjadi menu lebaran di rumah kamu. Cara membuatnya pun mudah, tidak terlalu sulit, dan cukup praktis.

Ayam marinasi bisa kamu simpan sebelumnya untukkemudian dibakar di hari lebaran. 

Semur 

Ilustrasi Semur Ayam yang Enak © Diadona

Pada hari lebaran, biasanya kita akan menemukan semur yang disajikan dengan ketupat. Umumnya rasanya agak manis tapi gurih di dalam sehingga semua orang menyukainya.

Semur adalah salah satu sop yang dibuat dengan cara merebus daging yang diolah dengan kuah berwarna coklat tua yang terbuat dari rempah. Rebusan biasanya berisi daging sapi, ayam, dan kentang. Isi semur juga bisa bermacam-macam, seperti menambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lainnya sesuai selera.

6 dari 6 halaman

Gulai 

Ilustrasi gulai ayam © Diadona

Gulai sayur menjadi makanan populer setelah opor, rendang, dan ketupat saat hari raya lebaran. Gulai terbuat dari santan yang biasa dipadukan dengan bahan protein hingga sayuran.

Gulai cocok baget disajikan dengan lontong atau ketupat. Bila tak mau ribet, gunakan saja bumbu gulai instan ya!

Sayur Labu Siam

Resep Labu Siam untuk Ketupat tanpa Santan © Diadona

Mari kita akhiri menu lebaran praktis dengan sayur labu siam. Sayuran ini bisa memberikan sentuhan kuliner Indonesia yang enak dengan cita rasanya yang unik, yaitu perpaduan antara daging, bumbu tradisional, dan juga bumbu yang khas.

Sayur labu siam memberikan cita rasa masakan kuah yang bisa dinikmati saat Idul Fitri. Cocok dipadukan dengan ketupat, sambal goreng ati, rendang, dan kerupuk. Labu siam adalah sayuran yang bisa kita konsumsi di hari spesial ini agar hidangan kita dianggap sehat karena terdapat sayuran di dalamnya.

Udah ada ide mau bikin menu apa nih untuk lebaran nanti?

Editor :Intan Lathifah

Beri Komentar